Bantuan
Free Tele x

Apa itu Diet HCG? Manfaat, Menu, dan Tips Melakukannya

Ditinjau oleh dr. Juliana Ng • 20 Jul 2022

Bagikan

Apa itu Diet HCG? Manfaat, Menu, dan Tips Melakukannya

Diet HCG adalah diet yang dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang sangat rendah kalori yang dikombinasikan dengan suplemen HCG. HCG sendiri merupakan singkatan dari Human Chorionic Gonadotropin yang berarti hormon kehamilan yang diproduksi oleh plasenta. 

Seperti halnya diet ekstrem, secara signifikan diet HCG membatasi kelompok makanan atau kalori, sehingga dapat dipastikan manfaatnya untuk menurunkan berat badan. Terdapat dua jenis HCG, yaitu yang disuntikkan (injeksi) dan diminum (oral). Sebuah bukti menunjukkan bahwa suntikan suplemen HCG tidak menyebabkan penurunan berat badan tambahan di luar manfaatnya yang dapat membatasi kalori. 

Diet ini pertama kali direkomendasikan oleh Dr. Albert T. Simeons sebagai bantuan penurunan berat badan pada tahun 1950-an. Beliau mengklaim bahwa HCG dapat menyebabkan tubuh lebih sering membakar lemak yang tersimpan, terutama lemak dari perut, pinggul, dan paha. Beliau juga mengatakan bahwa pelaku HCG diet akan kehilangan lebih banyak lemak daripada otot dan tidak akan merasa lapar atau mudah tersinggung. Beberapa studi menemukan bahwa mereka yang mengikuti rencana penurunan berat badan dengan diet HCG selama 40 hari dapat kehilangan 10 hingga 15 kilogram tanpa merasa lemah atau terlalu lapar. Diet HCG membatasi hingga 500 kalori per hari.

Baca juga: Apa Itu Diet Rendah Karbohidrat dan Manfaatnya

 

Manfaat Bagi Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat melakukan HCG diet, meliputi:

1. Pembakaran Lemak Untuk Energi

Saat disuntik suplemen HCG, suplemen ini akan memaksa tubuh untuk membakar jaringan adiposa atau lemak untuk energi. Ketika suplemen ini dikombinasikan dengan pembatasan kalori, suplemen dapat meningkatkan penurunan berat badan satu kilogram setiap hari.

2. Peningkatan Fungsi Metabolisme

Melakukan program penurunan berat badan dengan kalori yang sangat rendah dapat memperlambat fungsi metabolisme. Namun, dengan diiringi suplemen HCG dapat memicu metabolisme lemak untuk energi, yang mempercepat laju metabolisme dan meningkatkan peluang keberhasilan penurunan berat badan.

3. Menurunkan Kolesterol

Diet HCG memiliki manfaat menurunkan kolesterol dan membantu Anda melakukan kebiasaan makan yang lebih sehat sehingga memberikan manfaat kesehatan jangka panjang, seperti mengurangi penyakit jantung.

4. Mempertahankan Otot

Diet HCG dapat membantu mempertahankan massa otot karena hanya lemak yang disimpan saja yang dibakar. 

5. Menjaga Keseimbangan Hormon

DIet HCG juga dapat membantu menjaga keseimbangan hormon dengan memicu pelepasan hormon lain, seperti testosteron, yang dapat meningkatkan libido pada pria. Selanjutnya, diet HCG membantu mengatur kadar estrogen bagi wanita untuk homeostasis dan penurunan berat badan yang sehat.

6. Mengurangi Rasa Lapar

Diet rendah kalori akan memicu rasa lapar, tetapi dengan suplemen HCG dapat mencegah sensasi lapar yang berat karena reaksi metaboliknya pada jaringan adiposa.

 

Makanan Untuk Diet HCG 

Apa yang Boleh Dimakan?

  • Protein tanpa lemak

  • Sayuran tertentu seperti satu porsi bayam, lobak, sayuran bit, kubis, selada, seledri, kembang kol, brokoli, asparagus, tomat, bawang merah, bawang merah, atau lobak.

  • Buah tertentu dalam jumlah terbatas seperti buah beri, buah jeruk, dan apel. Buah-buahan tersebut dapat dikonsumsi sekali saat makan siang dan sekali saat makan malam.

  • Rempah-rempah

  • Kopi, teh, dan air

Apa yang Tidak Boleh Dimakan?

  • Produk susu

  • Makanan tinggi karbohidrat

  • Lemak dan minyak

  • Minuman manis dan alkohol

  • Permen dan makanan penutup

Baca juga: Menu Makanan Sederhana Penurun Berat Badan selama 7 Hari

 

Tips Melakukan Diet HCG 

Lakukan HCG diet dengan 3 fase, yaitu: 

  • Fase pemuatan. Di fase awal mulailah mengkonsumsi HCG dan banyak makan makanan tinggi lemak dan berkalori tinggi selama 2 hari.

  • Fase penurunan berat badan. Fase selanjutnya ini menganjurkan Anda untuk tetap melanjutkan konsumsi HCG dan makan hanya 500 kalori per hari selama 3 hingga 6 minggu.

  • Fase pemeliharaan. Berhentilah minum HCG saat di fase ini. Tingkatkan asupan makanan anda secara bertahap, tetapi hindari gula dan pati selama 3 minggu ke depan.

Jika Anda fokus dalam menurunkan berat badan, setidaknya Anda harus menghabiskan minimal 3 minggu pada fase kedua, yaitu fase penurunan berat badan. Bahkan, Anda dapat mengulangi semua siklus fase HCG diet beberapa kali.

Rencana makan HCG diet pada umumnya menyarankan anda bahwa setiap makanan harus mengandung:

  • Satu porsi protein tanpa lemak

  • Sayuran

  • Sepotong roti

  • Satu porsi buah

  • Minum banyak air

Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat belum mengizinkan suplemen HCG sebagai cara untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan tidak jelasnya kandungan suplemen tersebut. Diet HCG dicurigai menjadi penyebab penggumpalan darah pada kasus wanita usia 64 tahun pada tahun 2014.

Diet HCG menganjurkan Anda untuk mengonsumsi 500 kalori per harinya, tetapi dengan rendahnya kalori yang dikonsumsi, diet apa pun tetap dapat menurunkan berat badan. Apabila Anda ingin melakukan penurunan berat badan, maka dianjurkan untuk melakukan metode diet lainnya. Berkonsultasilah dengan dokter atau ahli gizi Anda untuk menentukan diet yang tepat untuk Anda.

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Tag :
Referensi

Pavilion Compounding. 2020. Benefits of HCG for Weight Loss Initiatives. https://www.pavilioncompounding.com/benefits-of-hcg-for-weight-loss-initiatives/.

Verywell fit. 2021. What Is the HCG Diet?.  https://www.verywellfit.com/the-hcg-diet-4688734.

Medical news today. 2020. Does the HCG diet work?.  https://www.medicalnewstoday.com/articles/323390.

Healthline. What Is the HCG Diet, and Does It Work?. https://www.healthline.com/nutrition/hcg-diet-101#rules-of-the-diet

Bagikan artikel ini