Bantuan
Free Tele x

Apa Itu Diet Atkins Manfaat Kesehatan, Makanan, Dan Tips?

Ditinjau oleh dr. Juliana Ng • 19 Jul 2022

Bagikan

Apa Itu Diet Atkins Manfaat Kesehatan, Makanan, Dan Tips?

Diet Atkins memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan dan lebih mudah untuk diikuti daripada diet lainnya. Tetapi, melakukan diet ini bukan berarti anda bebas makan makanan tinggi kalori setiap malam. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan manfaat, makanan yang harus dihindari dan tips diet Atkins lainnya.

 

Diet Atkins

Diet Atkins ini pertama kali diciptakan oleh ahli jantung Robert Atkins pada tahun 1960-an. Diet ini dipercaya bahwa asupan karbohidrat, protein tanpa lemak dapat bertanggung jawab atas masalah kesehatan dan penambahan berat badan. 

Tujuan dari diet Atkins adalah untuk mengubah metabolisme tubuh anda saat membakar lemak tubuh yang tersimpan, bukan untuk karbohidrat melainkan untuk energi. Tidak semua orang dapat mengikuti diet ini karena memiliki pro dan kontra mengenai risiko kesehatan yang terlibat. Namun, anda dapat melakukan ini jika mengikuti diet Atkins dengan cermat.

Baca juga: Apa Itu Diet DEBM? Apa Manfaat dan Tips-nya?

 

Manfaat Diet Atkins Bagi Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dengan melakukan diet Atkins dengan tepat sesuai dengan arahan, yaitu:

1. Mengurangi Nafsu Makan Anda

Bagi sebagian orang, efek samping terburuk dari melakukan diet adalah kelaparan. Fase ini merupakan salah satu alasan utama mengapa banyak orang merasa sengsara dan akhirnya memilih untuk menyerah.

Namun, makan dengan melakukan diet Atkins rendah karbohidrat dapat menyebabkan pengurangan nafsu makan secara otomatis. Studi mengatakan bahwa seseorang yang mengurangi karbohidrat dan lebih banyak makan protein dan lemak, pada akhirnya kalori mereka akan jauh lebih sedikit.

2. Menurunkan Lebih Banyak Berat Badan

Mengurangi makanan berkarbohidrat adalah salah satu cara paling sederhana dan paling efektif untuk menurunkan berat badan. Menjalani diet Atkins rendah karbohidrat dapat membuat kehilangan lebih banyak berat badan lebih cepat, daripada mereka yang menjalani diet rendah lemak.

Hal tersebut dikarenakan diet rendah karbohidrat dapat bertindak untuk menghilangkan kelebihan air di dalam tubuh sehingga menurunkan kadar insulin dan menyebabkan penurunan berat badan yang cepat dalam satu atau dua minggu pertama.

3. Sebagian Besar Lemak Akan Menghilang

Diet makanan rendah karbohidrat akan sangat efektif dalam mengurangi lemak perut yang berbahaya. Faktanya, sebagian besar orang yang melakukan diet Atkins akan kehilangan lemak yang tampaknya berasal dari rongga perut. Seiring berjalannya waktu, diet Atkins ini akan mengarah pada penurunan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2 secara drastis.

4. Trigliserida Cenderung Menurun Drastis

Salah satu pendorong utama peningkatan trigliserida adalah orang yang tidak banyak melakukan aktivitas. Ketika seseorang membatasi karbohidrat, mereka cenderung mengalami penurunan trigliserida darah yang sangat dramatis. Di sisi lain, diet rendah lemak sering menyebabkan trigliserida mengalami peningkatan.

5. Meningkatkan Kadar Kolesterol HDL 

Semakin tinggi kadar kolesterol high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik, maka akan semakin rendah risiko penyakit jantung. Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kadar kolesterol HDL adalah dengan diet rendah karbohidrat dan mengonsumsi protein dan lemak.

 

Makanan Yang Bisa Anda Makan dan Makanan Yang Harus Anda Hindari 

Dalam diet Atkins, tentu ada beberapa makanan yang perlu Anda hindari agar diet berjalan dengan sukses. Diet ini juga berfokus pada protein dan lemak, seperti:

  • Daging

  • Unggas

  • Seafood

  • Telur

  • Mentega

  • Minyak

  • Keju

Namun, Anda harus menghindari makanan karbohidrat bertepung dan gula, seperti:

  • Roti

  • Spaghetti

  • Kentang

  • Keripik

  • Kue

  • Permen

Baca juga: Menu Makanan Sederhana Penurun Berat Badan selama 7 Hari

 

Tips Diet Atkins

Berikut ringkasan singkat tentang tips mengikuti diet Atkins. Ide terbaik untuk memulai perencanaan diet penurunan badan adalah dengan berkonsultasi kepada ahli diet atau dokter. Pada dasarnya, diet Atkins terbagi menjadi 4 fase berbeda, meliputi:

  • Fase 1 (Induksi): memasukan makanan berkarbohidrat di bawah 20 gram per hari selama 2 minggu. Pada fase ini Anda diharuskan memakan makanan tinggi lemak, tinggi protein, dengan sayuran rendah karbohidrat seperti sayuran berdaun hijau untuk memulai penurunan berat badan.

  • Fase 2 (Penyeimbangan): Pada fase kedua, secara perlahan tambahkan lebih banyak kacang, sayuran rendah karbohidrat, dan sedikit buah kembali ke dalam diet Anda.

  • Fase 3 (Penyesuaian): Pada fase ketiga, biasanya Anda sudah sangat dekat dengan target berat badan Anda, sehingga Anda dapat menambahkan lebih banyak karbohidrat ke dalam diet Anda sampai penurunan berat badan melambat.

  • Fase 4 (Pemeliharaan): Pada fase keempat, Anda dapat makan makanan berkarbohidrat sehat sebanyak yang dapat ditoleransi oleh tubuh Anda tanpa menambah berat badan.

Sebaiknya Anda mencari informasi sebanyak-banyaknya sebelum memutuskan untuk menjalankan satu program diet. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi sebelum Anda memutuskan satu jenis diet.

Baca juga: Tips Diet dan Olahraga untuk Menurunkan Berat Badan

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Tag :
Referensi

Healthline. 10 Health Benefits of Low-Carb and Ketogenic Diets. https://www.healthline.com/nutrition/10-benefits-of-low-carb-ketogenic-diets#TOC_TITLE_HDR_6.

Healthline.The Atkins Diet: Everything You Need to Know.  https://www.healthline.com/nutrition/atkins-diet-101#the-4-phases.

RO Health Guide. 2021. The Atkins diet: benefits, risks and what to eat. https://ro.co/health-guide/the-atkins-diet/.

Cleveland Clinic. What Is the Atkins Diet, and Is It Healthy?. 2021. https://health.clevelandclinic.org/what-is-the-atkins-diet-and-is-it-healthy/.

Webmd. 2022. Atkins Diet Plan Review. https://www.webmd.com/diet/a-z/atkins-diet-what-it-is.

Bagikan artikel ini