Amankah Vaksinasi Anak? Berikut Jawabannya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 05 Jan 2022

Bagikan

Amankah Vaksinasi Anak? Berikut Jawabannya

Pertanyaan mengenai amankah vaksin anak, mungkin sudah sering terdengar. Namun, apakah pertanyaan ini sudah terjawab? Mungkin sebagian orang masih mempertanyakan hingga saat ini. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan ini. 

Amankah Vaksinasi Anak?

Vaksinasi anak atau sering dikenal dengan imunisasi anak merupakan hal yang wajib diberikan pada anak. Beberapa vaksin yang wajib diberikan pada anak dari usia 0 bulan diantaranya yaitu vaksin polio, vaksin campak, vaksin hepatitis B dan vaksin BCG. Berbagai vaksin ini bertujuan untuk mencegah anak terserang penyakit. Pasalnya, penyakit polio, campak dan hepatitis bisa saja berakibat fatal pada bayi seperti kelumpuhan bahkan kematian. 

Sekarang pertanyaannya adalah, amankah vaksinasi anak? Menurut Prof. Dr. dr. Soedjatmiko, SpA (K), vaksinasi atau imunisasi aman dilakukan  dan bermanfaat dalam mencegah berbagai jenis penyakit berat hingga kematian anak. Oleh karena itu, semua negara berlomba-lomba dalam memberikan vaksin gratis pada rakyatnya seperti yang dilakukan oleh Indonesia saat ini. 

Baca Juga: Diantara Banyaknya Vaksin Untuk Covid-19, Vaksin Apa Yang Paling Bagus?

Efek Samping Vaksin Anak

Mungkin pertanyaan amankah vaksinasi anak muncul karena kekhawatiran orang tua akan efek samping yang muncul. Padahal efek samping yang muncul setelah vaksin anak merupakan hal yang wajar dan bisa menjadi tanda bahwa vaksin sedang bekerja. Berikut ini beberapa efek samping yang wajar dan normal terjadi setelah vaksin. 

  1. Nyeri pada bekas suntikan

Pada umumnya, vaksin akan diberikan melalui suntikan ke dalam tubuh pada bagian lengan ataupun paha. Cara ini mungkin akan meninggalkan rasa nyeri pada lokasi suntikan. Akan tetapi, kondisi ini akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa saat. Selain itu, rasa nyeri ini biasanya akan membuat anak menjadi rewel. Anda bisa mengatasinya dengan mencoba mengalihkan perhatiannya dengan cara memberikan permainan atau  menidurkannya. 

  1. Kemerahan dan bengkak

Tidak hanya rasa nyeri, pada bekas suntikan juga bisa saja menyebabkan munculnya efek samping berupa kemerahan dan bengkak. Efek samping ini umumnya akan hilang dalam beberapa hari saja. Anda bisa memberikan kompres dingin pada area yang bengkak. Kompres dingin ini akan membantu memudarkan kemerahan dan mengurangi pembengkakan.  

Baca Juga: Asal Vaksin Dari Mana Saja? Ini Jawabannya

  1. Gejala lainnya

Cara kerja vaksin yaitu seperti infeksi penyakit, jadi wajar saja setelah vaksin akan muncul berbagai gejala setelah terinfeksi virus. Beberapa gejala yang muncul setelah vaksin yaitu demam ringan, sakit kepala lemas dan nafsu makan berkurang. Namun tenang saja, munculnya gejala ini dapat mereda dengan sendirinya. Jika Anda khawatir bisa memberikan beberapa obat untuk meringankan gejala yang muncul.

Baca Juga: Perlukah Kartu Vaksin Covid-19 dicetak?

Manfaat Vaksin Anak

Dibandingkan dengan efek samping yang muncul, tentu manfaat yang didapatkan jauh lebih besar. Efek samping yang muncul dapat hilang hanya dalam beberapa hari saja, sedangkan manfaat yang didapatkan bisa untuk selamanya. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari vaksinasi anak. 

  1. Mencegah penyakit

Manfaat vaksin yang pertama yaitu mencegah berbagai jenis penyakit. Anak-anak memiliki imun tubuh yang belum sekuat orang dewasa sehingga sangat rentan terhadap beberapa penyakit yang berbahaya seperti polio dan campak. Dengan pemberian vaksin ini, maka imun tubuh anak-anak akan mulai dibangun dan diperkuat.

  1. Melindungi orang lain

Selain bermanfaat untuk diri sendiri, vaksin juga bisa bermanfaat untuk orang lain. Dengan banyaknya jumlah orang yang divaksin, maka membuat penyakit tidak lagi memiliki ruang untuk menyebar. Jadi, orang-orang yang tidak mendapatkan vaksin bisa terlindungi. 

  1. Investasi jangka panjang

Manfaat terakhir dar vaksin pada anak yaitu sebagai investasi jangka panjang. Dengan pemberian vaksin, maka anak akan menjadi lebih sulit terserang penyakit.. Dengan begitu anak bisa hidup dengan lebih sehat dan tumbuh kembangnya menjadi lebih baik. Hal ini berpengaruh pada masa depan sang anak. 

Bagaimana, apakah pertanyaan Anda tentang amankah vaksin anak telah terjawab? Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bawah vaksin anak aman diberikan. Walaupun ada efek samping yang mungkin muncul dan menimbulkan kekhawatiran, namun manfaat yang bisa didapatkan jauh lebih besar. Jadi, Anda sebagai orang tua harus siap mendampingi anak dan merawatnya saat muncul efek samping tersebut demi kesehatan anak jangka panjang.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter Spesialis Anak sekarang!

Pesan Konsultasi
Referensi
  1. Satuan Tugas Penanganan COVID-19. 2021. Jangan Abaikan Imunisasi Rutin Anak Meski Ada Pandemi COVID-19. 
  2. Sick Kids. Common vaccine side effects.
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter Spesialis Anak sekarang!

Pesan Konsultasi