Waspadai Bahaya Makan Telur Mentah

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 10 Dec 2021

Bagikan

Waspadai Bahaya Makan Telur Mentah

Apakah Anda sering mengonsumsi telur mentah? Ternyata ada bahaya makan telur mentah yang mengintai Anda. Telur mentah biasanya dikonsumsi dapat bentuk minuman seperti susu telur madu ataupun pada kue seperti mayonaise dan susu. Lantas, apa saja bahaya makan telur mentah tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

Bahaya Makan Telur Mentah

  1. Kontaminasi Bakteri

Telur mentah atau yang setengah matang bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri salmonella yang dapat menginfeksi Anda. Apabila Anda terinfeksi bakteri salmonella maka akan menimbulkan gejala berupa diare, kram perut, mual, demam hingga sakit kepala.

Akan tetapi, risiko infeksi bakteri salmonella ini sangat rendah. Sumber infeksi bakteri ini berasal dari cangkang telur yang terkontaminasi. Oleh karena itu, mulai dikembangkan teknologi pasteurisasi yang membuat telur dapat dikonsumsi walaupun mentah. 

  1. Penyerapan Protein

Telur merupakan salah satu sumber makanan yang tinggi protein. Di dalam telur terdapat 9 asam amino esensial yang membuatnya menjadi sumber makanan dengan kandungan protein komolet. Akan tetapi, mengonsumsi telur dalam keadaan mentah dapat mengganggu penyerapan protein tersebut.

Pada sebuah studi mengatakan bahwa penyerapan protein pada telur matang dan mentah menghasilkan hasil yang berbeda. Penyerapan protein dari telur matang sebesar 90% , sedangkan telur mentah hanya 50%. 

  1. Penyerapan Biotin

Tidak hanya mengandung protein, telur juga mengandung biotin yang merupakan jenis vitamin B7 yang larut dalam air. Fungsi kandungan ini yaitu untuk memproduksi glukosa dan juga asam lemak yang penting untuk ibu hamil.

Kuning telur memiliki kandungan biotin dan putih telur memiliki kandungan protein. Akan tetapi, putih telur yang  mentah dapat mengikat biotin di usus yang menyebabkan penyerahannya tidak maksimal.

Baca Juga: Amankah Kandungan Kolesterol dalam Telur?

Tips Mengolah Telur

Untuk terhindari dari berbagai bahaya yang disebabkan telur mentah, Anda bisa mengonsumsinya dengan cara mematangkannya. Akan tetapi, Anda juga perlu melakukan beberapa langkah yang tepat dalam mengolah telur agar terhindar dari kontaminasi bakteri. Berikut ini beberapa cara mengolah dan menyimpan telur yang perlu Anda lakukan untuk terhindar dari kontaminasi bakteri. 

  1. Rutin Mencuci Tangan Sebelum dan Sesudah Memegang Telur

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk menghindari kontaminasi  bakteri dari telur yaitu rutin mencuci tangan baik sebelum dan sesudah memegang telur. Anda perlu mencuci tangan dengan sabun di air mengalir. Hal ini penting dilakukan agar tidak terjadi perpindahan bakteri dari telur ke tangan Anda. 

  1. Teliti Dalam Memilih Telur

Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan yaitu memilih telur dengan teliti. Ketika membeli telur, Anda perlu memperhatikan setiap butirnya. Pastikan telur yang Anda Pilih memiliki permukaan yang halus, kulitnya bersih, tidak berbau dan yang terpenting tidak retak. Janganlah Anda memiliih telur dengan kulit yang retak karena berisiko terkontaminasi bakteri. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan tanggal produksi telur karena telur aman dikonsumsi hingga 3 minggu setelah diproduksi. 

  1. Membersihkan Telur dan Menyimpannya Dengan Benar

Hal penting selanjutnya yaitu membersihkan telur terlebih dahulu sebelum menyimpannya. Anda perlu mencuci dan merendam telur di dalam wadah yang berisiko air hanya selama beberapa menit dan dikeringkan. Setelah itu, Anda bisa menyimpannya di dalam wadah yang tertutup dan letakkan di dalam kulkas.

  1. Memasak Telur Hingga Matang

Hal yang perlu Anda lakukan terakhir untuk menghindari bahaya makan telur mentah yaitu memasak telur hingga matang. Agar telur yang Anda masak telah matang dengan sempurna, Anda bisa merebusnya selama 6 hingga 10 menit. Apabila Anda mengolahnya dengan cara digoreng, maka pastikan bagian putih dan juga kuning telur telah matang dan padat. 

Itulah bahaya makan telur mentah dan juga cara menghindari bahaya tersebut. Selain tidak mengonsumsi telur mentah, sebaiknya Anda juga menghindari mengonsumsi telur yang setengah matang karena belum sepenuhnya terbebas dari bakteri salmonella. 

Apabila Anda mengalami berbagai keluhan setelah mengonsumsi telur mentah ataupun setengah matang seperti, mual, muntah, sakit perut. Maka, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penangan dengan benar dan cepat.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Manfaat Telur dan Resep Diet Telur Rebus agar Tidak Membosankan

 

Sumber:

1. Palsdottir. Hrefna. Is Eating Raw Eggs Safe and Healthy? (2016).

2. Caporuscio, Jessica. Pharm D. What To Know About Eating Raw Eggs (2019).

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi