Bantuan
Bantuan

Apakah Benar Air Es Menurunkan Berat Badan? Simak Jawabannya di Sini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 30 Mar 2022

Bagikan

air es

Apakah benar air es menurunkan berat badan dengan efektif? Pernahkah Anda mendengar atau membaca pernyataan tersebut? Berat badan ideal adalah hal yang didambakan oleh hampir semua orang dan mungkin Anda termasuk salah satunya. Tidak hanya berkaitan dengan penampilan saja, berat badan ideal adalah salah satu indikator kesehatan.

Berbagai macam cara ditempuh oleh banyak orang untuk memperoleh berat badan yang ideal. Mulai dari diet ketat hingga olahraga teratur, semuanya dilakukan agar angka di timbangan tetap stabil dan tidak naik secara terus menerus. Walaupun langkah-langkah untuk menurunkan berat badan dengan benar sudah tersedia di berbagai sumber, ternyata masih ada berbagai teori yang beredar di masyarakat luas. 

Salah satunya yakni perihal air es menurunkan berat badan. Ada yang meyakini bahwa rutin mengonsumsi air es dapat menurunkan berat badan secara efektif. Namun, sudahkah Anda mengetahui kebenaran teori ini? Agar wawasan Anda semakin bertambah, simaklah ulasan singkat berikut ini hingga tuntas. Di akhir artikel, Anda akan mengetahui seberapa jauh pengaruh air es terhadap penurunan berat badan.

Manfaat Mengonsumsi Air Es bagi Tubuh

Minum air es adalah pilihan yang tepat untuk melepas dahaga, khususnya di siang hari. Terlebih dengan panas matahari yang cukup menyengat di Indonesia, kehadiran air es bagaikan penyelamat dan mudah ditemukan di banyak tempat. Tidak hanya menyegarkan tubuh saja, air es yang melewati kerongkongan dan mendarat di lambung juga menimbulkan sensasi fresh pada pikiran. 

Jika pikiran sudah fresh, maka semangat untuk beraktivitas pun kembali seperti sedia kala. Mengonsumsi air es juga akan mendorong Anda untuk minum air putih dalam jumlah yang banyak. Dengan demikian, Anda akan tetap terhidrasi dan tidak kekurangan cairan tubuh.

Air es pun dapat dijadikan sebagai teman setia ketika berolahraga. Jika dikonsumsi sebelum dan sesudah olahraga, air es akan membantu Anda dalam menjaga suhu tubuh agar tetap normal dan tidak overheat. Adapun kondisi ini terjadi berkat metabolisme  yang meningkat dan menyebabkan tubuh membakar lebih banyak energi.

Apakah Benar Air Es Menurunkan Berat Badan? 

Teori air es menurunkan berat badan cukup santer terdengar di masyarakat. Masih banyak yang mengira bahwa air es sangat efektif dalam membantu pembakaran kalori dan menurunkan berat badan. Memang betul bahwasanya mengonsumsi air es selepas olahraga dapat mendorong tubuh untuk membakar lebih banyak energi sehingga suhu tubuh tetap normal. 

Walaupun demikian, bukan berarti teori air es menurunkan berat badan dapat dibenarkan dan diterapkan oleh Anda. Mengonsumsi air es memang memiliki banyak manfaat bagi Anda, namun bukanlah pilihan yang tepat dalam menurunkan berat badan. Anda perlu memahami bahwa minum air es hanya akan membakar 8 kalori saja pada tubuh. Cukup sedikit bukan?

Berat badan hanya bisa berkurang jika Anda mampu membakar setidaknya 500 kalori setiap harinya. Dengan demikian, 8 kalori yang terbakar berkat air es tentunya tidak akan berdampak signifikan pada penurunan berat badan. Walaupun Anda sudah mengonsumsi air es dalam jumlah banyak, kalori yang terbakar tidak akan mencapai 500.

Di samping itu, teori air es menurunkan berat badan tidaklah tepat karena pengurangan kalori dalam jumlah yang banyak hanya akan terjadi jika Anda melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Olahraga (workout/exercise)

  • Melakukan aktivitas ringan yang membutuhkan banyak energi (berjalan kaki selama 15 menit, membersihkan rumah, berkebun, dan lain-lain)

  • Menjaga pola makan (kontrol asupan gizi dan porsi yang dimakan)

  • Menghindari makanan/minuman manis

  • Rutin mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter 

Mengonsumsi air putih memang bermanfaat bagi tubuh, namun tidak demikian halnya dengan teori air es menurunkan berat badan. Daripada minum air es dalam jumlah banyak, lakukanlah langkah-langkah lainnya untuk membakar kalori secara efektif. Ingatlah selalu bahwa berat badan ideal hanya bisa dicapai jika Anda konsisten dalam menjaga pola makan, rutin mengonsumsi air putih, dan tentunya melakukan aktivitas/olahraga yang membakar energi. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Minum Air Putih Sehari Berapa Liter? Berikut Ini Jawabannya

Referensi

Bridges, Meagan. (2021). 10 Ways to Cut 500 Calories a Day. https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000892.htm. 

Watson, Kathryn. (2021). What Are the Risks and Benefits of Drinking Cold Water? https://www.healthline.com/health/is-drinking-cold-water-bad-for-you. 

Bagikan artikel ini