Bantuan

Jangan Sampai Salah! Inilah Dia Beberapa Daftar Minuman yang Dihindari Saat Buka Puasa

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 21 Apr 2022

Bagikan

Minuman yang Dihindari Saat Buka Puasa

Memasuki bulan Ramadhan, adalah penting bagi kita semua untuk mengetahui apa saja makanan dan minuman yang dihindari saat buka puasa. Ada banyak makanan dan minuman yang lezat dan menyegarkan, namun tidak semuanya cocok untuk dikonsumsi ketika waktu berbuka. 

Untuk makanan, banyak dari kita mungkin sudah sepakat mengenai jenis-jenis yang perlu dihindari, seperti makanan pedas, gorengan, makanan tinggi gula, hingga makanan dalam kemasan. Adapun untuk minuman, masih banyak yang belum mengetahui apa saja jenis-jenis minuman yang harus dihindari saat waktu berbuka puasa. 

Oleh karena itu, pada pembahasan kali ini, akan dijelaskan lebih lanjut mengenai apa saja daftar minuman yang dihindari saat buka puasa. Tanpa perlu berlama-lama lagi, simak terus daftar jenis minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat berbuka berikut ini. 

Minuman yang Dihindari Saat Buka Puasa

Buka puasa merupakan salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu selama bulan Ramadhan. Setelah seharian menahan lapar dan dahaga, di waktu berbuka inilah kita mencukupi kebutuhan asupan makanan untuk mendapatkan energi kembali. Rasa haus yang dirasakan selama 12 jam lamanya, terasa sangat nikmat jika dipuaskan dengan minuman manis nan menyegarkan. 

Sayangnya, tidak semua minuman tergolong baik untuk dikonsumsi saat berbuka. Justru ada minuman yang sebaiknya dihindari pada waktu ini, untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Adapun minuman yang dihindari saat buka puasa tersebut di antaranya adalah sebagai berikut. 

  1. Minuman kemasan

Sama halnya dengan makanan kemasan, minuman dalam kemasan juga menjadi salah satu jenis minuman yang dihindari saat buka puasa. Hal ini karena minuman kemasan dikhawatirkan mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat larut ke dalam tubuh. Bahan kimia ini umumnya ditemukan pada kemasan minuman, terutama yang memiliki bahan utama plastik. Oleh karena itulah, konsumsi minuman kemasan secara rutin saat berbuka hanya akan menyebabkan terjadinya penumpukan bahan kimia berbahaya di dalam tubuh.

  1. Minuman kafein

Apakah Anda termasuk pecinta kopi yang sering berbuka puasa dengan kopi? Jika iya, maka sekaranglah waktu yang tepat untuk mengubah kebiasaan tersebut. Mengonsumsi minuman dengan kandungan kafein tinggi seperti kopi pada saat berbuka puasa dalam kondisi  hanya akan mengiritasi lapisan lambung Anda. Hal ini karena minuman kafein hanya akan meningkatkan produksi asam lambung dan membuat Anda berisiko terkena penyakit GERD atau memperparahnya jika sebelumnya Anda memiliki riwayat penyakit GERD. 

  1. Minuman tinggi gula

Berbuka dengan yang manis-manis memang terasa nikmat. Namun, jangan sampai hal ini dikonsumsi secara berlebihan, terlebih lagi minuman dengan kandungan gula yang tinggi seperti jus buah dengan tambahan gula dan sirup. Minuman manis yang tinggi gula ini sejatinya memiliki kandungan gizi yang rendah, dan hanya akan menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat dengan drastis. Pada akhirnya, nafsu makan akan menjadi lebih besar, berat badan bertambah, dan risiko mengalami diabetes pun semakin besar.

  1. Minuman bersoda

Minuman yang dihindari saat buka puasa selanjutnya adalah minuman bersoda. Dalam hal ini, konsumsi minuman bersoda dalam kondisi perut kosong seharian karena berpuasa, hanya akan menyebabkan timbulnya gangguan pada pencernaan Anda. Munculnya gangguan pencernaan yang pastinya akan sangat mengganggu ibadah di bulan Ramadhan ini sejatinya dipicu oleh sifat minuman bersoda itu sendiri yang lambat diproses oleh pencernaan. 

  1. Minuman dingin

Ketika berbuka puasa, minuman dingin nan menyegarkan memang terdengar seperti ide luar biasa. Meskipun begitu, tahukah Anda bahwa minuman dingin termasuk dalam daftar minuman yang dihindari saat buka puasa karena tidak baik bagi tubuh kita? Konsumsi minuman dingin saat kondisi perut kosong hanya akan menyebabkan pembuluh darah mengalami kontraksi dan pada akhirnya berujung pada gangguan pencernaan. 

Nah, demikianlah penjelasan mengenai jenis minuman yang dihindari saat buka puasa. Setelah membaca artikel ini, semoga Anda bisa lebih konsisten dalam menghindari makanan dan minuman yang tidak baik bagi kesehatan dan hanya memilih makanan dan minuman yang memiliki gizi seimbang untuk mencukupi kebutuhan cairan dan nutrisi selama berpuasa. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Camilan Buka Puasa yang Sehat Ini Bisa dengan Mudah Dibuat

Referensi

Nelson, Brooke. 2021. What to Know About Drinking Coffee if You Have Digestive Issues. https://www.thehealthy.com/digestive-health/never-drink-coffee-empty-stomach/

Sarbadhikari, Hemani. 2021. Top 5 Eating Mistakes During Iftar. https://w-hospital.in/top-5-eating-mistakes-during-iftar/

Bagikan artikel ini