Bantuan

Mengenal Manfaat Susu Evaporasi dan Kandungannya yang Tidak Bisa Dilewatkan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 09 Feb 2022

Bagikan

Susu Evaporasi

Hingga kini, masih banyak yang sering menyamakan susu evaporasi dengan kental manis. Padahal, keduanya dalam hal ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Susu evaporasi dalam hal ini dapat menjadi alternatif untuk Anda yang ingin mengonsumsi susu dalam bentuk kental, sedangkan kental manis justru tidak memiliki kandungan susu sama sekali. 

Susu evaporasi ini dapat menjadi alternatif yang baik untuk Anda yang ingin membuat olahan makanan atau minuman dengan tekstur lembut. Hal ini karena kandungan lemak pada susu evaporasi itu sendiri yang lebih rendah dibanding pada krim. 

Overview susu evaporasi

Memiliki tekstur yang kental, susu evaporasi sejatinya merupakan susu yang terbuat dari susu sapi murni tanpa adanya tambahan gula. Susu evaporasi dalam hal ini dibuat dengan cara mengurangi kadar air di dalamnya hingga 60 persen, dengan cara dipanaskan selama beberapa menit, pada suhu sampai 122 derajat Celcius. Pada akhirnya, akan dihasilkan susu dengan tekstur yang kental seperti krimer.

Selama proses pemanasan, warna susu yang semula putih akan berubah menjadi krem kekuningan karena terciptanya karamel. Meskipun dipanaskan dalam suhu yang cukup tinggi, kandungan baik di dalamnya seperti lemak, kalsium, laktosa, dan vitamin serta mineral sejatinya tetap dapat dipertahankan.

Susu evaporasi ini dapat dikatakan cukup awet dan bisa disimpan dalam jangka waktu yang lebih lama bahkan hingga satu tahun, dengan kualitas yang tentunya masih bagus dan tidak mudah basi. Untuk mengonsumsinya, Anda hanya perlu menambahkan air kembali kemudian meminumnya, seperti susu segar pada umumnya. 

Manfaat susu evaporasi bagi kesehatan

Berbeda dengan kental manis atau krimer, susu evaporasi ini memiliki banyak manfaat. Adapun manfaat susu evaporasi tersebut di antaranya adalah sebagai berikut. 

  1. Menjaga kesehatan tulang

Dengan mengonsumsi susu evaporasi, kesehatan tulang Anda dapat terjaga. Hal ini karena susu evaporasi juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Kalsium dalam hal ini akan dapat sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan hingga perawatan tulang. Pada akhirnya, tulang pun akan lebih sehat, kuat, dan terhindar dari berbagai macam penyakit. 

  1. Sumber energi

Karena memiliki kandungan kalori dan protein dalam jumlah yang tidak sedikit, susu evaporasi ini juga mampu menjadi sumber energi terbaik untuk tubuh. Selain menjadi sumber energi, kandungan ini juga dapat menjaga fungsi sel, jaringan-jaringan hingga otot-otot tubuh Anda.  

  1. Menaikkan berat badan

Bagi Anda yang sedang ingin menaikkan berat badan, mungkin susu evaporasi bisa menjadi salah satu pilihan. Pasalnya, susu evaporasi ini memiliki jumlah kalori yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan susu sapi lainnya. Bagi Anda yang ingin menjaga berat badan ideal juga bisa mengonsumsi susu ini, tetapi perlu diimbangi dengan aktivitas fisik seperti olahraga dan makanan sehat

Kandungan susu evaporasi

Sebagai salah satu produk olahan susu, tentu kandungan susu evaporasi tidak jauh berbeda dengan kandungan susu sapi segar. Adapun kandungan dalam 100 ml susu evaporasi di antaranya adalah sebagai berikut.

  • AirL 74 gr

  • Kalori: 134 kkal

  • Karbohidrat: 10 gr

  • Lemak: 7,5 gr

  • Protein: 6,8 gr

Selain beberapa bahan tersebut, di dalam susu evaporasi juga terkandung nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti kalsium, magnesium, kalium, fosfor, natrium, zat besi, hingga zinc. Beberapa produk susu evaporasi juga disebut-sebut memiliki kandungan yang telah diperkaya dengan vitamin C, vitamin B6 dan B12, vitamin A, folat, dan riboflavin. 

Perlu diketahui bahwa kandungan mineral kalsium dalam susu evaporasi disebut-sebut dapat memenuhi kebutuhan harian hingga 50 persen. Adapun kandungan magnesium dapat memenuhi hingga 15 persen konsumsi harian, sedangkan zinc adalah sekitar 18 persen. Cukup tinggi bukan?

Nah, itulah seluk beluk susu evaporasi dan juga kandungannya yang tidak bisa Anda lewatkan. Perlu diingat, bahwa susu evaporasi ini tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang memiliki riwayat alergi susu sapi dan intoleransi laktosa. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan pemeriksaan dokter terlebih dahulu untuk memutuskan mengonsumsi susu evaporasi ini. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Ketahui Cara Membuat Susu Evaporasi dari Susu Murni dan Susu Sapi

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Referensi

Lang, Ariane. 2020. What Is Evaporated Milk? Unsweetened Condensed Milk Explained. https://www.healthline.com/nutrition/evaporated-milk-nutrition

Ipatenco, Sara. Carnation Evaporated Milk Nutritional Facts. https://www.livestrong.com/article/293693-carnation-evaporated-milk-nutritional-facts

Check Your Food. Evaporated Milk. https://www.checkyourfood.com/ingredients/ingredient/370/evaporated-milk

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang