Wajib Anda Ketahui, Ini Obat Asam Urat Tradisional dan Pantangannya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 06 Oct 2021

Bagikan

Wajib Anda Ketahui, Ini Obat Asam Urat Tradisional dan Pantangannya

Bagi Anda yang menderita asam urat, wajib tahu obat asam urat tradisional dan pantangannya. Pasalnya penyakit asam urat dapat menyebabkan nyeri pada sendi dan mengganggu aktivitas Anda. Oleh karena itu, agar penyakit asam urat Anda tidak kambuh, simak obat asam urat tradisional dan pantangannya di bawah ini. 

Obat Asam Urat

  1. Kunyit

Obat asam urat yang pertama yaitu kunyit. Hal ini karena, kunyit memiliki senyawa antiradang yang bisa meredakan peradangan. Dalam sebuah penelitian ditunjukkan, bahwa senyawa dalam kunyit dapat menekan protein yang disebut NF-Kappa-B. Protein ini merupakan zat yang menimbulkan peradangan di dalam tubuh. Akan tetapi, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi kunyit untuk obat asam urat. 

  1. Jahe

Obat asam urat yang selanjutnya yaitu jahe. Hal ini karena jahe dipercaya dapat meredakan nyeri pada penderita asam urat. Jahe memiliki kandungan zat aktif diantaranya yaitu zingeron, gingerdione dan gingerol yang memiliki sifat antiinflamasi. Cara menggunakannya yaitu dengan mencampurkan jahe ke dalam air hangat. Setelah itu, minumlah air jahe tersebut layaknya teh. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan jahe dengan cara mengoleskannya ke area sendi yang sakit. 

  1. Biji Seledri

Biji seledri juga dapat Anda gunakan untuk mengobati asam urat. Dalam sebuah penelitian ditunjukkan bawah ekstrak biji seledri memiliki sifat antiinflamasi dan juga antioksidan yang bermanfaat bagi penderita asam urat. Selain itu, biji seledri juga memiliki senyawa aktif yang bisa mengendalikan produksi asam urat. Akan tetapi, penelitian manfaat dari biji masih terbatas pada hewan dan perlu untuk penelitian lebih lanjut pada manusia. 

  1. Kembang Sepatu

Obat asam urat yang terakhir yaitu kembang sepatu. Berdasarkan penelitian mengenai kembang sepatu, didapatkan bahwa tikus yang menjadi subjek penelitian mengalami penurunan asam urat yang cukup signifikan. Umumnya, ekstrak kembang sepatu dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen tablet atau teh. Akan tetapi, karena penelitian masih terbatas pada hewan, maka diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya terhadap manusia. 

 

Baca Juga: Lakukan Cara Mencegah Asam Urat Berikut Ini

 

Pantangan Asam Urat

Selain mengonsumsi obat asam urat, Anda juga perlu menghindari beberapa makanan pantangan. Berikut ini beberapa makanan yang perlu Anda hindari.

  1. Jeroan

Makanan pertama yang perlu Anda hindari yaitu jeroan. Beberapa makanan jeroan yaitu jantung, ampela, hati, otak, babat, limpa, usus dan paru-paru. Hal ini karena jeroan memiliki kandungan  purin yang tinggi dan perlu dihindari oleh penderita asam urat. Dalam 100 gram hati ayam mengandung 312,2 mg purin dan dalam 100 gram hati sapi memiliki kandungan purin 219,8 mg. 

  1. Makanan laut

Makanan yang perlu dihindari bagi penderita asam urat yang selanjutnya yaitu makanan laut. Beberapa jenis makanan laut yang perlu dihindari yaitu ikan teri, kerang, udang, sarden, dan herring. Makanan-makanan tersebut memiliki kandungan purin yang tinggi. Akan tetapi, tidak semua makanan laut harus dihindari. Bagi penderita asam urat bisa mengonsumi jenis ikan yang mengandung ikan purin rendah seperti salmon. 

  1. Daging merah dan daging putih

Daging merah seperti daging kambing, sapi atau domba juga perlu untuk dihindari oleh penderita asam urat. Selain itu, penderita asam urat juga perlu menghindari daging putih seperti daging kalkun, daging angsa, dan daging kelinci. Makanan-makanan tersebut merupakan makanan yang memiliki kandungan purin yang tinggi atau berada di atas 100 mg purin setiap 100 gram daging mentah. 

  1. Daging olahan

Makanan yang perlu dihindari oleh penderita asam urat yang terakhir yaitu daging olahan seperti salami dan ham. Dalam 100 gram salami terdapat kandungan purin sebanyak 120,4 mg purin dan ham 138,3 mg purin. Tidak hanya itu, daging olahan juga memiliki lemak jenuh yang tinggi, sehingga dapat memicu kelebihan berat badan atau obesitas. 

Nah, itulah beberapa obat asam urat tradisional dan pantangannya. Semoga informasi mengenai obat asam urat tradisional dan pantangannya dapat bermanfaat untuk Anda yang menderita asam urat. Anda juga bisa menyebarkan informasi ini kepada orang terdekat yang menderita asam urat. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Redakan Nyeri Asam Urat Ketika Kambuh dengan Obat Asam Urat Alami

 

Sumber:

 

Boulanger, Amy. Gout-Friendly Eating: Nutrition Guidelines and Diet Restrictions (2019)

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi