Bantuan
Bantuan

Merupakan Tulang Terkuat dan Terbesar Dalam Tubuh Manusia, Apa Saja Fungsi Tulang Paha

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 27 Dec 2021

Bagikan

Tulang Terkuat & Paling Besar, Apa Saja Fungsi Tulang Paha?

Tahukah Anda bahwa fungsi tulang paha sangatlah krusial dalam tubuh manusia? Peran tulang paha dalam anatomi tubuh manusia sangatlah penting dan tidak dapat disepelekan. Tulang paha mempunyai tanggung jawab yang besar untuk manusia bisa menjalani aktivitas.

Apalagi, diketahui bahwa tulang paha merupakan tulang terbesar dan juga terkuat dalam tubuh. Tulang paha menjadi satu-satunya tulang yang ada di dalam kaki bagian atas, maka dari itu tidak heran jika tanpa tulang paha akan ada banyak hal yang tidak bisa Anda lakukan.

Fungsi Tulang Paha Sebagai yang Terkuat dan Terbesar

Tak hanya dikenal sebagai tulang paling besar dan paling kuat, tulang paha juga menjadi tulang paling panjang di dalam tubuh manusia. Di bawah ini adalah beberapa fungsi tulang paha yang sangat penting untuk aktivitas manusia:

  1. Menopang Tubuh

Fungsi tulang paha sangatlah krusial, yakni guna menopang badan dan juga menjaga keseimbangan tubuh. Hal ini tentu wajar saja karena ukurannya yang paling panjang, terbesar, dan paling kuat. Misalnya, ketika Anda membawa beban berat maka tulang paha akan membantu menopang agar keseimbangan tubuh tetap terjaga.

Ini bisa terjadi karena tulang paha mampu menahan berat badan 30 kali liat dari berat badan itu sendiri. Maka dari itu, tulang paha tidak akan mudah patah, kecuali terjadi kecelakaan mobil atau hal lainnya yang fatal. Disebutkan bahwa butuh sekitar 3 sampai 6 bulan untuk tulang paha dapat pulih dari patah tulang. 

  1. Bantu Pergerakan

Memiliki letak yang strategis, menjadikan fungsi tulang paha sangat banyak atau beragam. Misalnya saja untuk membuat artikulasi serta kemampuan guna berjalan, berlari, dan berdiri. Bagian teratas tulang paha tersambung dengan bagian sendi pinggul. Dimana ini bertujuan untuk kaki bisa bergerak ke semua arah. 

  1. Tulang Utama Bagian Kaki

Bukan hanya kokoh dan besar, tulang paha juga memiliki peran guna tumpuan dari segala kaki. Hal ini karena bagian bawah atau distal tulang paha menjadi lokasi melekatnya tulang kaki. Dimana mulai dari lutut sampai ke bagian kaki paling bawah.

  1. Pembuatan Sel Darah Merah

Rongga meduler yang berada di bagian tulang paha merupakan tempat penyimpanan dan juga pembuatan sel darah merah. Di dalam rongga meduler tersebut, ada sumsum tulang yang mana mengandung 2 jenis sel punca, yaitu stromal atau penghasil lemak dan juga penghasil sel darah atau hemopoietik. 

  1. Tempat Melekatnya Lutut 

Fungsi tulang paha selanjutnya adalah tempat melekatnya lutut. Dimana bagian paling bawah tulang paha atau distal merupakan tempat melekatnya tempurung lutut atau disebut juga sebagai patella. Pada bagian bawah tulang paha, ada kondilus lateral yang memiliki fungsi guna membuat lutut dapat bergerak dengan bebas.

 Baca Juga: Sering Dianggap Sepele, Ternyata Inilah Fungsi Tulang Jari Kaki

Kondisi Pemicu Kerusakan pada Fungsi Tulang Paha

Disebut sebagai tulang terkuat dan terbesar, tidak menjadikan tulang paha terbebas dari segala “kerusakan”. Tulang paha juga dapat mengalami cedera yang mana akan mengganggu fungsi tulang paha itu sendiri. Apa sajakah itu? Simak dibawah ini:

  1. Patah Tulang Paha

Kondisi ini merupakan yang paling umum, yang mana dapat merusak fungsi dari tulang paha. Meskipun tulang paha sulit patah, namun bukan berarti hal ini tidak mungkin terjadi. Terdapat bagian tulang paha, yang sangat rentan misalnya tulang paha. Dimana seiring bertambahnya usia maka kepadatan tulang manusia juga akan semakin menurun. Jatuh dari ketinggian dan kecelakaan mobil yang parah juga bisa menyebabkan tulang patah.

  1. Perthes

Perthes ini merupakan penyakit yang mana biasa dialami oleh anak kecil dan akan berdampak pada sendi panggul. Kondisi satu ini akan menyebabkan penurunan aliran darah ke tulang paha Anda. Apabila hal tersebut terjadi, maka kematian sel dan jaringan tulang atau osteonekrosis tidak dapat dihindari lagi. 

Beberapa kondisi yang dapat memicu kerusakan fungsi tulang paha, yakni seperti anteversi femoral yang mana kondisi dimana tulang paha terputar. Selain itu, dislokasi panggul atau kondisi dimana bagian atas tulang paha tertarik dari soket terpasangnya kepala tulang paha, juga bisa menjadi menghambat fungsi dari tulang paling kokok pada anatomi manusia ini.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Pentingnya Mengetahui Cara Menjaga Kesehatan Tulang Sejak Dini

 

Referensi:

1. https://www.verywellhealth.com/femur-anatomy-4587598

2. https://teachmeanatomy.info/lower-limb/bones/femur/

3. https://www.healthline.com/human-body-maps/femur#1

4. https://www.sciencedaily.com/terms/bone_marrow.htm

Bagikan artikel ini