Bantuan
Free Tele x

Lakukan Cara Mencegah Asam Urat Berikut Ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 03 Aug 2021

Bagikan

Lakukan Cara Mencegah Asam Urat Berikut Ini

Memiliki penyakit asam urat tidaklah menyenangkan, sehingga perlu dilakukan cara mencegah asam urat. Akan tetapi, mungkin diantara Anda masih ada yang belum tahu, bagaimana cara mencegah asam urat. Tidak perlu khawatir, karena  berikut ini akan dijelaskan beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah asam urat. Simak terus penjelasan berikut ini. 

1. Menjaga berat badan ideal

Cara mencegah asam urat yang pertama yaitu dengan menjaga berat badan ideal. Anda perlu menghindari obesitas karena menjadi salah satu resiko penyakit asam urat muncul. Apabila saat ini Anda memiliki berat badan yang berlebih, sebaiknya segera turunkan hingga mencapai berat badan ideal. Penelitian menunjukkan bahwa, mengurangi kalori dan berat badan dapat menurunkan kadar asam urat dan juga mengurangi jumlah serangan asam urat. Selain itu, mengurangi berat badan juga dalam mengurangi tekanan pada sendi sehingga menjaga kesehatan sendi. 

2. Memastikan asupan air tercukupi

Cara mencegah asam urat yang selanjutnya yaitu memastikan asupan air tercukupi. Cairan ini dapat membantu mengencerkan serta mengeluarkan asam urat dari dalam tubuh. Apabila cairan tidak tercukupi, maka  akan menyebabkan dehidrasi yang meningkatkan risiko terjadinya serangan asam urat. Oleh karena itu, Anda perlu mencukupi asupan air minimal sebanyak 8 gelas perhatinya. Anda perlu juga menjauhi soda dan minuman manis yang dapat memicu munculnya gejala asam urat. 

3. Menghindari cedera

Cedera yang terjadi pada sendi akan meningkatkan terjadinya resiko asam urat. Terutama bagi Anda yang memiliki asam urat yang tinggi. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati untuk menghindari terjadinya cedera sebagai bentuk pencegahan asam urat. Untuk dapat meminimalisir terjadinya cedera, Anda dapat menggunakan peralatan pelindung yang pas ketika bekerja. 

4. Menghindari konsumsi obat sembarang

Pada umumnya, salah satu cara untuk meredakan asam urat yaitu dengan mengonsumsi obat-obatan agar bisa meredakan rasa nyeri dan mengontrol gejala asam urat. Obat-obat asam urat dapat dibeli dengan bebas, tetapi sebaiknya Anda tidak sembarangan mengkonsumsinya. Pasalnya, pada beberapa obat justru akan menyebabkan asam urat meningkat. Oleh karena itu, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat apapun. 

5. Membatasi asupan makan tinggi purin

Membatasi asupan makanan yang mengandung purin tinggi merupakan salah satu cara terpenting dalam mencegah asam urat. Beberapa makanan yang memiliki kandungan purin yang tinggi yaitu jeroan, makanan laut, daging merah, makanan dan minuman yang manis. Makanan-makanan tersebut dapat meningkatkan kadar asam urat sehingga dapat menimbulkan  gejala. Oleh karena itu, Anda perlu menerapkan pola makan sehat dan gizi yang seimbang dengan memilih makan rendah purin seperti buah-buahan, nasi merah, nasi coklat, roti gandum, sereal gandum, daging unggas dan susu rendah lemak. 

6. Membekali diri dengan mengetahui mengatasi gejala asam urat

Membekali diri dengan pengetahuan mengenai cara mengatasi gejala asam urat. Mengatasi gejala asam urat yang muncul dapat dilakukan dengan mengonsumsi obat-obatan. Akan tetapi, terdapat beberapa cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi gejala asam urat. Pertama-tama, kompres dingin selama 20 menit untuk mengurangi rasa nyeri. Setelah itu angkat bagian tubuh yang nyeri dan letakkan penyangga pada bagian bawahnya. Hal terakhir yaitu beristirahat dan berusaha rileks.

7. Rutin berolahraga

Cara mencegah asam urat yang terakhir yaitu rutin berolahraga. Rutin berolahraga akan membantu menjaga kesehatan sendi dan juga tubuh secara menyeluruh. Selain itu, berolahraga rutin juga membantu Anda menjaga berat badan ideal dan terhindar dari obesitas yang merupakan salah satu penyebab asam urat. Untuk dapat menurunkan risiko penyakit asam urat, sebaiknya Anda berolahraga secara rutin selama 30 menit dalam 5 hari tiap minggunya. Olahraga yang Anda lakukan cukup pada intensitas ringan hingga sedang seperti, bersepeda ataupun berjalan kaki. 

Demikianlah informasi mengenai cara mencegah asam urat yang dapat Anda lakukan. Selain melakukan langkah pencegahan asam urat, Anda juga perlu rutin untuk memeriksakan kadar asam urat Anda agar dapat selalu terkontrol sehingga Anda terhindar dari penyakit asam urat. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

 

Sumber:

Managing a Gout Flare. 

 

Garfield Medical Center. How to Prevent Gout?. (2017).

Bagikan artikel ini