Bantuan

Tidak Kalah Penting, Ini Fungsi Kulit Bagi Tubuh Manusia

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 27 Dec 2021

Bagikan

Tidak Kalah Penting, Ini Fungsi Kulit Bagi Tubuh Manusia

Fungsi kulit sangat penting bagi tubuh manusia. Selain melindungi tubuh dari beragam penyakit, kulit juga berfungsi sebagai pelindung organ tubuh bagian dalam seperti tulang, saraf dan otot. Tidak hanya itu masih banyak fungsi kulit lainnya yang perlu Anda ketahui, tahukah Anda apa saja fungsi kulit? Beragam fungsi kulit bisa Anda ketahui di sini.

Kulit merupakan bagian terluar dari tubuh manusia yang memiliki banyak fungsi, sehingga penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan kulit. Menjaga kesehatan kulit sama halnya dengan menjaga kebutuhan protein, air, mineral dan senyawa kimia pada kulit. Simak beragam cara menjaga kesehatan kulit melalui pembahasan di bawah ini.

Fungsi Kulit Bagi Tubuh Manusia

Ada banyak fungsi kulit bagi tubuh manusia yang mungkin jarang diketahui oleh banyak orang. Berikut beberapa fungsi kulit yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

  1. Sebagai Pelindung Tubuh

Fungsi kulit yang paling utama adalah sebagai pelindung tubuh sebab kulit merupakan pembatas organ tubuh dengan lingkungan di luar tubuh sehingga kulit mampu melindungi tubuh dari tekanan mekanis, mikroorganisme, radiasi, variasi suhu, dan bahan kimia. Dengan begitu organ di dalam tubuh bisa terlindungi oleh kulit.

  1. Sebagai Alat Ekskresi

Fungsi kulit sebagai alat ekskresi adalah untuk mengeluarkan satu liter keringat di dalam tubuh. Keringat tersebut dikeluarkan melalui pori-pori yang terdapat pada permukaan kulit. Untuk mengeluarkan keringat dari dalam tubuh tentunya tidak terlepas dari akttvitas yang Anda kerjakan, misalnya berolahraga atau mengerjakan tugas rumah.

  1. Indra Peraba

Kulit merupakan salah satu indra peraba yang memiliki fungsi untuk merasakan rangsangan dari sentuhan. Tanpa kulit, Anda mungkin tidak akan merasakan permukaan halus, kasar, panas, atau dingin. Sebab kulit memiliki saraf sebagai perantara dengan otak sehingga saat Anda menyentuh sesuatu, kulit akan melaporkan rangsangan itu ke otak.

  1. Menghasilkan Vitamin D

Kulit juga memiliki fungsi untuk menghasilkan vitamin D secara alami. Dengan bantuan sinar matahari, vitamin D bisa terbentuk di dalam tubuh. Ini karena sinar ultraviolet B diserap oleh kulit dan tercampur dengan kolesterol pada kulit sehingga kulit mengaktifkan prekursor yang dimodifikasi di hati dan ginjal untuk membentuk vitamin D.

  1.  Sebagai Sistem Kekebalan Tubuh

Fungsi kulit yang perlu Anda ketahui selanjutnya adalah sebagai sistem kekebalan tubuh. Kulit melindungi tubuh dari patogen, yaitu virus dan bakteri pembawa penyakit. Sebab kulit memiliki lapisan epidermis atau lapisan korneum yang unik. Lapisan korneum terdiri dari keratinosit mati yang berfungsi sebagai penghalang fisik pada kulit.

Baca Juga: Eksfoliasi Untuk Angkat Sel Kulit Mati, Begini Cara Melakukannya

Cara Menjaga Kesehatan Kulit

Seiring bertambahnya usia kulit bisa mengalami perubahan yang mengakibatkan kulit kering, menipis, dan mudah terkena masalah kulit. Untuk mengurangi dampak dari kondisi ini, berikut cara menjaga kesehatan kulit yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

  1. Menjaga Kebersihan Kulit

Menjaga kebersihan kulit bisa Anda lakukan dengan mandi dan mencuci muka selepas beraktivitas di luar rumah. Hal ini dilakukan agar kotoran dan bakteri yang menempel pada kulit bisa terangkat. Dengan menjaga kebersihan kulit, kesehatan kulit Anda pun akan tetap terjaga.

  1.  Pola Hidup Sehat

Selain menjaga kesehatan kulit dari luar, Anda juga perlu menjaga kesehatan kulit dari dalam. Misalnya dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi untuk mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh, berolahraga, mengurangi kebiasaan merokok, dan mengelola stres dengan baik.

  1.  Menggunakan Pelembab

Menggunakan pelembab selepas mandi atau mencuci muka sangat dianjurkan bagi Anda. Hal ini dilakukan agar kelembaban kulit tetap terjaga sehingga kulit tidak mudah kering.  Dengan menggunakan pelembab, kulit Anda akan tetap sehat dan terhidrasi dengan baik. Anda bisa memilih pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Semoga informasi seputar fungsi kulit dan menjaga kesehatan kulit di atas bisa membuat Anda lebih aware dalam menjaga kesehatan kulit. Ini karena menjaga kesehatan kulit sangat penting untuk mengoptimalkan fungsi kulit bagi tubuh. Jika Anda mengalami beberapa masalah kulit seperti iritasi, kemerahan, dan gatal sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Jangan sampai kesehatan kulit yang terganggu menghambat fungsi kulit.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Kulit Kusam Tak Bercahaya, Kenapa?

 

Sumber:

1. Health And Safety Executive: Structure and functions of the skin (no date).

2. Cleveland Clinic: Skin. 2021.

Bagikan artikel ini