Bantuan
Free Tele x

Lupakan Cara Menghilangkan Kurap dengan Pasta Gigi dan Gunakan Bahan Alami Ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 01 Apr 2022

Bagikan

cuka apel

Benarkah cara menghilangkan kurap dengan pasta gigi sangat efektif? Kurap merupakan salah satu infeksi kulit yang terjadi karena jamur menyerang bagian sekitar kulit. Jenis jamur yang terkenal dapat menjadi penyebab kurap atau kadas yakni dermatofitosis. Kurap akan menyebabkan kulit menjadi bersisik, ruam merah, serta menjadi terasa sangat gatal. Beberapa bagian tubuh yang bisa menjadi area terjadinya kurap yakni kulit kepala, kulit tubuh, serta kuku. Infeksi kulit satu ini sangat meresahkan serta akan mengganggu penampilan sebab adanya sensasi kering dan gatal yang penderita rasakan. Anda perlu tahu bahwa kurap menjadi infeksi yang dapat menular, oleh sebab itu Anda haruslah berhati-hati. Penularan infeksi kulit ini terjadi melalui kontak langsung penderitanya dengan orang lain, sehingga bukan tidak mungkin jika Anda mengalami kurap maka orang-orang di sekitar menjadi menjauh. 

Cara Menghilangkan Kurap dengan Pasta Gigi

Banyak cara yang dicoba untuk mengatasi infeksi kulit meresahkan satu ini. Cara menghilangkan kurap dengan pasta gigi adalah salah satunya, namun benarkah cara ini aman dan efektif untuk dilakukan? Sebenarnya belum ada studi yang menunjukkan bahwa pasta gigi ampuh menghilangkan kurap. Seperti yang kita tahu bahwa pasta gigi juga memiliki kandungan kimia yang mana belum tentu cocok dengan kondisi kulit. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari cara menghilangkan kurap dengan pasta gigi. Tenang, ada cara lain yang lebih aman untuk digunakan karena alami. Apa sajakah itu? Simak di bawah ini. 

  1. Tea tree oil

Bahan alami satu ini diyakini menjadi sebuah zat antibakteri serta antijamur yang bisa mengobati beragam masalah kulit, salah satunya kurap atau kadas. Bahkan, keefektifan dari tea tree oil ini telah terbukti dapat menghilangkan kadas dengan cepat. Mengaplikasikannya sangat mudah, Anda hanya perlu mengoleskan tea tree oil langsung ke area atau bagian kulit yang mengalami infeksi kurap. Apabila Anda memiliki tipe kulit yang sensitif, maka disarankan untuk mencampurkan tea tree oil dengan minyak kelapa. Penggunaan tea tree oil untuk kurap bisa dilakukan sebanyak 2 sampai 3 kali dalam sehari menggunakan kapas bertekstur lembut. 

  1. Aloe vera

Lupakan cara menghilangkan kurap dengan pasta gigi dan gunakan aloe vera guna mengatasi kurap. Sebuah studi yang ada dalam Journal of Dermatology mengatakan bahwa adanya kandungan antijamur, antibakteri, dan antivirus dalam aloe vera bisa menjadi sebuah alternatif untuk menghilangkan kurap. Selain itu, aloe vera juga dapat mengatasi radang dan rasa gatal yang dirasakan karena infeksi kurap. Menjadi sebuah antiseptik, aloe vera dapat Anda pakai langsung di area kulit yang mengalami infeksi kurap. Gunakanlah aloe vera sebanyak 3 sampai 4 kali dalam satu hari. 

  1. Cuka apel

Memiliki sifat antijamur, cuka apel juga dapat dijadikan obat kurap dengan efektif. Menggunakannya sangat mudah, yang mana Anda hanya perlu mengoleskan cuka apel pada area kulit yang mengalami kurap menggunakan kapas lembut. Cuka apel yang Anda gunakan tidak perlu dilarutkan terlebih dahulu. Anda dapat mengaplikasikan cuka apel sebagai bahan alami mengobat kurap sebanyak tiga kali dalam satu hari. 

  1. Air garam

Bahan alami selanjutnya yakni air garam, yang mana Anda hanya perlu menyiapkan wadah yang berisikan air hangat. Kemudian, masukkan setengah atau seperempat cangkir garam ke dalam air hangat tersebut. Lalu, aduk rata kedua bahan tersebut dan oleskan ke bagian sekitar kulit yang mengalami infeksi kurap menggunakan kapas lembut. Jika Anda tidak memiliki kapas lembut, maka Anda juga dapat menuangkan begitu saja air garam tersebut. Hal ini tidak akan memengaruhi keefektifan air garam guna menghilangkan kurap. Selanjutnya, Anda hanya perlu membiarkan air garam bekerja dalam waktu 5 sampai 10 menit. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, anda dapat mengulanginya selama 3 kali dalam satu hari. 

Selain bahan alami diatas, Anda juga dapat menggunakan bawang putih, minyak sereh, minyak oregano, ekstrak biji grapefruit, akar manis, minyak kelapa, dan kunyit. Apabila bahan alami tersebut tak kunjung dapat memberikan hasil yang baik, maka segera konsultasikan dengan dokter mengenai kurap yang Anda alami. Nantinya dokter akan memberikan rekomendasi obat guna mengatasi dan menghilangkan kurap.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Pertanda Apakah Badan Gatal-Gatal Tanpa Sebab? Ini Jawabannya

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami