Bantuan

Inilah 5 Jenis Kutil yang Berbahaya dan Harus Segera Diatasi

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Jun 2022

Bagikan

Inilah 5 Jenis Kutil yang Berbahaya dan Harus Segera Diatasi

Penting untuk Anda mengetahui kutil yang berbahaya agar segera dapat ditangani. Sering kali ditemukan muncul pada kulit, kutil ternyata memiliki jenis yang berbeda. Kutil kerap kali tumbuh di sekitar are leher, mulut, dan kaki yang mana dapat terjadi karena HPV atau infeksi human papilloma virus. Kutil bukanlah hal berbahaya bagi tubuh, akan tetapi jika kutil muncul di sekitar vagina, maka bisa mengakibatkan kanker serviks atau kanker leher rahim.

Baca juga: Alternatif Cara Menghilangkan Kutil yang Bisa Dilakukan



Jenis Kutil yang Berbahaya

Ada 5 jenis kutil yang berbahaya dimana tentunya harus segera diatasi agar tidak bertambah parah. Berikut ini 5 kutil berbahaya tersebut:

1. Kutil Periungual

Jenis kutil yang berbahaya yakni kutil peringual, yang mana biasa tumbuh di sekitar kuku tangan dan kaki. Seseorang yang mengalami kutil peringual sering kali merasa kesakitan sebab kutil ini akan mengganggu tumbuhnya kuku.

2. Kutil Filiformis

Untuk kutil yang berbahaya ini biasanya tumbuh di bagian sekitar mulut serta hidung. Namun, terkadang kutil filiformis ini juga tumbuh di bagian leher atau bawah dagu. Kutil filiformis mempunyai bentuk yang menyerupai benjolan lunak dengan warna serupa dengan kulit. Kutil ini sering kali terlihat seperti daging tumbuh serta tidak menyebabkan rasa sakit pada penderitanya.

3. Kutil Biasa

Bukan termasuk kutil yang berbahaya, namun Anda juga tidak bisa menganggap remeh kutil biasa ini. Kutil jenis ini bisa juga disebut sebagai veruca vulgaris, yang mana memiliki konsistensi yang keras dan sedikit menonjol pada permukaan kulit. Permukaan kutil biasa ini kasar dan terlihat seperti kembang kol. Jenis kutil satu ini dapat muncul dimana saja, akan tetapi sering kali muncul dan tumbuh di jari, lutut, dan juga sikut. Bisa juga dikatakan bahwa jenis kutil biasa ini muncul di bagian tubuh yang terbuka atau terluka.

4. Kutil Telapak Kaki

Jenis kutil selanjutnya yakni kutil telapak kaki yang mana biasanya muncul pada bagian belakang telapak kaki (tumit). Sehingga, tidak seperti kutil lainnya yang mana tumbuh ke luar permukaan kulit penderitanya. Dimana jenis kulit telapak kaki tumbuh ke dalam kulit, ditandai dengan munculnya lubang kecil. Lubang kecil tersebut dikelilingi kulit yang mengeras. Penderita kulit jenis telapak kaki ini akan merasakan sakit ketika berjalan atau bahkan saat berdiri. 

5. Kutil Pipih

Salah satu kutil yang berbahaya yakni pipih ini umum terjadi di bagian wajah, lengan, atau paha. Sering kali kutil ini tidak disadari keberadaannya karena memiliki ukuran yang kecil. Kutil pipih ini tidak terlihat menonjol di kulit penderitanya serta hanya mempunyai area yang sedikit kasar dengan warna yang beda jika dibandingkan dengan kulit asli. Jenis kutil satu ini dapat terlihat berwarna merah muda, kecoklatan, atau juga sedikit kuning.

 

Mengatasi Kutil 

Sebenarnya sebagian besar kutil hanya dapat sembuh sendiri tanpa adanya perawatan apa-apa. Namun, dengan catatan bahwa virus yang menjadi penyebab kutil dapat dikalahkan oleh sistem daya tahan tubuh. Akan tetapi, jika dinilai dari penampilan tentu kutil sangatlah mengganggu.

Sehingga, wajar saja jika penderita kutil ingin segera menghilangkan kondisi ini. Jika Anda mengalami kutil yang disertai dengan gejala tidak biasa, maka segera periksakan diri Anda ke dokter. Dibawah ini adalah penanganan yang biasa dokter lakukan untuk mengatasi kutil yang berbahaya:

1. Zat kimia

Dokter bisa memberikan bahan kimia guna menangani kutil yang berbahaya. Bahan kimia ini nantinya akan dioleskan guna menghentikan suplai darah ke benjolan kutil, pada permukaan kulit tersebut. Kemudian, satu minggu sesudah digunakannya zat kimia ini, jaringan kutil akan mati. Sesudahnya Anda hanya perlu melakukan kontrol ke dokter guna menghilangkan jaringan kutil yang Anda alami tersebut.

2. Laser

Tahukah Anda bahwa laser juga mampu menghilangkan kutil yakni dengan cara menyingkirkan pembuluh darah yang ada didalamnya. Nantinya laser ini akan menyebabkan kutil mati lalu lepas dengan sendirinya, tanpa bantuan apapun. 

Beberapa cara lain yang mungkin dilakukan dokter yakni seperti operasi, terapi imun, resep asam salisilat, serta terapi nitrogen cair. Walau terlihat sepele, namun Anda tidak bisa mengacuhkan kutil begitu saja, apalagi jika ada gejala yang terjadi bersamaan.

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Baca juga: Lapisan Kulit Manusia: Memahami Struktur dan Fungsi Dari Kulit

Tag :
Bagikan artikel ini