Bantuan
Free Tele x

Mari Ketahui Beragam Manfaat Masker Kopi untuk Kesehatan Kulit

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 01 Dec 2021

Bagikan

Memudarkan Selulit! Ini 7 Manfaat Masker Kopi untuk Kecantikan

Sudahkah Anda tahu apa saja manfaat masker kopi untuk kesehatan kulit? Ternyata, kopi tidak hanya bisa diseduh melainkan juga ampasnya bisa digunakan sebagai masker. Tidak hanya itu, masker kopi bahkan menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan kulit mulai dari menenangkan kulit hingga mencegah kanker kulit. 

Baca Juga: Minum Obat Setelah Minum Kopi, Amankah?

Manfaat Masker Kopi

Lalu apa saja manfaat masker kopi untuk kesehatan kulit? Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui beragam manfaat masker kopi untuk kesehatan kulit. 

  1. Menenangkan Kulit

Manfaat masker kopi yang pertama, yaitu dapat menenangkan kulit. Manfaat yang satu ini datang berkat kandungan antioksidan di dalam kopi yang akan menenangkan kulit. Manfaat yang satu ini juga dapat mengatasi iritasi yang terjadi pada kulit karena paparan sinar matahari maupun penggunaan produk perawatan wajah tertentu. 

  1. Memperlambat Penuaan

Masker kopi juga bermanfaat dalam memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan. Hal ini berkat kandungan antioksidan di dalam kopi yang dapat menangkal berbagai paparan radikal bebas. Radikal bebas inilah yang menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan. Untuk mendapatkan manfaat ini juga bisa dari meminum kopi. Dalam sebuah penelitian disebutkan bawah mengonsumsi kopi dapat mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan seperti bintik hitam. 

  1. Memudarkan Selulit

Ternyata, masker kopi juga bermanfaat dapat memudarkan selulit yang Anda alami. Selulit itu sendiri dikenal juga dengan sebutan stretch mark atau bekas luka maupun bekas meregang dan kembali menyusutnya kulit. Manfaat yang satu ini berasal dari kandungan kafein di dalam kopi yang dapat melebarkan pembuluh darah. Selain itu, kopi juga kaya dengan kandungan antioksidan yang akan memperbaiki tekstur kulit menjadi lebih sehat. Dalam penelitian lain juga disebutkan bahwa krim yang mengandung kefein dapat mengurangi selulit hingga 17%. 

  1. Mengangkat Sel Kulit Mati

Manfaat masker kopi untuk kesehatan kulit yang selanjutnya, yaitu dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Masker kopi juga dapat mengeluarkan kotoran yang menyebabkan pori-pori menjadi tersumbat dan menstimulasi aliran darah di bawah kulit. Tentu saja hal ini akan membuat kulit akan terlihat semakin segar dan menghilangkan minyak yang berlebih. Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini Anda harus rutin melakukan perawatan wajah menggunakan masker kopi. 

  1. Menghilangkan Mata Panda

Memiliki mata panda tentunya dapat mengurangi kepercayaan diri Anda. Namun Anda tidak perlu khawatir karena masker kopi dapat menghilangkan mata panda. Hal ini karena kopi dipercaya dapat menyempitkan kembali pembuluh darah di sekitar mata sehingga bengkak dapat teratasi. Dalam hal ini, mata panda terjadi karena adanya pembengkakan pada pembuluh darah dan penggumpalan darah. Namun manfaat yang satu ini tidak dapat menghilangkan mata panda seutuhnya. 

  1. Mencegah Kanker Kulit

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa masker kopi ternyata bermanfaat dalam menurunkan risiko kanker kulit. Selain itu, dalam penelitian lain disebutkan bahwa kopi dapat mengurangi efek yang ditimbulkan dari paparan sinar matahari sehingga risiko kanker kulit pun akan menurun. Walaupun masker kopi dapat melindungi kulit dari sinar matahari, tetapi Anda tetap perlu menggunakan tabir surya sebagai langkah terbaik melindungi kulit. 

  1. Mengatasi Jerawat

Manfaat masker kopi bagi kesehatan kulit yang terakhir, yaitu dapat mengatasi jerawat. Pasalnya, penggunaan kopi sebagai masker dapat melawan berbagai bakteri yang menyebabkan jerawat. Tidak hanya itu, di dalam masker kopi juga terdapat kandungan antiinflamasi dan antibakteri sehingga baik untuk mengatasi jerawat. Selain itu kandungan antioksidan  di dalam kopi juga dipercaya dapat mengurangi jerawat yang muncul. Akan tetapi, manfaat yang satu ini masih perlu penelitian lebih lanjut. 

Demikianlah informasi mengenai manfaat masker kopi bagi kesehatan kulit yang perlu Anda ketahui. Perlu Anda ketahui untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari masker kopi, sebaiknya Anda menggunakan ampas kopi asli bukan kopi sachetan.  

Penggunaan masker kopi mungkin akan menimbulkan iritasi ataupun reaksi alergi pada beberapa orang. Oleh karena itu, Anda bisa berkonsultasi dengan  dokter terlebih dahulu apakah Anda bisa menggunakan masker kopi. Jika masker kopi yang Anda gunakan menyebabkan alergi dan iritasi maka sebaiknya segera hentikan dan periksakan ke dokter. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Benarkah Kopi Dapat Menurunkan Berat Badan? Yuk Cek Faktanya!

 

Sumber:

American Chemical Society. 2005. Coffee is number one source of antioxidants. 

Cherney, Kristeen. 2018. Does Coffee Have Any Benefits for Your Skin?. 

 

Johson, Jon. 2018. Eight ways to use coffee on the skin, scalp, and hair.

Bagikan artikel ini