Bantuan
Free Tele x

Gatal Tidak Tertahankan? Waspadai Ciri Scabies Berikut ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 06 Feb 2022

Bagikan

Scabies

Mewaspadai ciri scabies merupakan salah satu cara terbaik yang dapat Anda lakukan agar kulit terhindar dari penyakit yang sangat mengganggu, yakni scabies itu sendiri. Penyakit yang satu ini dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman, yang nantinya akan membuat aktivitas sehari-hari Anda terhambat. 

Lantas apa sebenarnya scabies itu? Jika scabies adalah sebuah penyakit, maka apa yang dapat menjadi penyebabnya serta adakah ciri scabies yang perlu diwaspadai? Untuk dapat menjawab pertanyaan tersebut, mari simak penjelasan lebih lanjut mengenai scabies berikut ini. 

Apa itu scabies?

Penyakit scabies atau yang kerap dikenal pula dengan kudis merupakan jenis penyakit kulit menular yang disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabiei. Tungau ini menyerang bagian bawah kulit manusia, terutama pada seluruh bagian lipatan jari hingga ke area genital seseorang. 

Tungau masuk ke dalam kulit manusia, kemudian bertahan hidup, bertelur, bahkan menetap di dalamnya hingga waktu berminggu-minggu. Hal ini kemudian menyebabkan timbulnya reaksi alergi dengan gejala kulit yang terasa sangat gatal, terutama pada malam hari. 

Pada umumnya, terdapat dua jenis scabies, yakni scabies biasa serta scabies berkrusta. Pada umumnya mereka yang menderita scabies biasa memiliki sekitar 15 hingga 20 tungau pada bagian bawah kulit. Adapun pada penderita scabies berkrusta, jumlah tungau pada kulit ini bisa mencapai ribuan. 

Siapa yang berisiko terkena scabies?

Scabies kebanyakan menyerang orang-orang yang hidup secara bersama atau berkelompok, seperti contoh pada anak-anak yang tinggal di asrama, pada para narapidana di penjara, atau bahkan pada keluarga. 

Selain itu, faktor lainnya yang menyebabkan seorang berisiko terkena penyakit kulit ini di antaranya adalah faktor daya tahan tubuh. Mereka dengan kondisi daya tahan tubuh yang lemah, seperti pasien yang tengah menjalani kemoterapi atau mereka yang tengah mengonsumsi steroid, pada umumnya akan berisiko tinggi terkena scabies ini.

Ciri scabies yang perlu diwaspadai

Agar terhindar dari penyakit yang menyerang kulit ini, ada baiknya Anda memahami dan mewaspadai beberapa ciri scabies. Adapun ciri scabies yang perlu diwaspadai tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Rasa gatal

Rasa gatal yang cukup parah, merupakan salah ciri scabies yang paling utama dan oleh karenanya perlu diwaspadai. Pada umumnya, gejala berupa rasa gatal ini akan semakin menyiksa di malam hari sehingga menyebabkan penderitanya kesulitan untuk tidur karena rasa gatal tersebut kerap muncul dan mengganggu tidur. 

  1. Timbul ruam 

Ciri scabies berikutnya yang perlu diwaspadai adalah timbulnya ruam. Gejala ruam yang disebabkan oleh scabies pada umumnya berupa benjolan keras yang membentuk garis layaknya terowongan. Terlihat seperti bekas gigitan serangga, ruam ini tampak kecil dan berwarna merah atau bahkan terlihat seperti jerawat. Pada sebagian orang, ruam ini juga ditandai dengan bercak bersisik layaknya gejala pada eksim. 

  1. Timbul luka

Timbulnya luka menjadi ciri scabies berikutnya yang perlu Anda waspadai. Luka akibat scabies dalam hal ini muncul karena penderita scabies secara tidak sadar menggaruk area yang gatal saat sedang tidur. Oleh karena itu, tidak heran jika ciri scabies yang satu ini banyak disadari di pagi hari. Apabila luka ini dibiarkan, maka risiko terjadi infeksi berupa sepsis akan semakin tinggi. Sepsis dalam hal ini merupakan infeksi yang masuk ke dalam darah dan cukup berbahaya karena dapat mengancam nyawa.

  1. Kulit berkerak

Ciri scabies selanjutnya yang tidak bisa diabaikan adalah munculnya kerak yang cukup tebal pada permukaan kulit. Gejala yang satu ini biasanya muncul pada tingkat yang sudah cukup parah, di mana jumlah tungau pada kulit telah mencapai ribuan. Oleh karena itu, rasa gatal yang mungkin dirasakan juga akan semakin parah dibanding scabies biasa.

Nah, itulah dia penjelasan mengenai ciri scabies yang perlu Anda waspadai. Karena merupakan jenis penyakit menular dan dapat menyebar dengan cepat, sebaiknya Anda menghindari kontak langsung dengan penderita scabies. Apabila Anda tinggal dengan orang lain, hindari kebiasaan menggunakan barang pribadi seperti handuk dan alat makan secara berbarengan, demi menghambat risiko penularan.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Mencari Tahu Penyebab dan Cara Menangani Scabies

Tag :
Referensi

Jailman, Debra. 2020. Scabies Slideshow: Symptoms, Cause, and Treatments. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/ss/slideshow-scabies-overview

Mayo Clinic. Scabies. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/scabies/symptoms-causes/syc-20377378

American Academy of Dermatology Association. Scabies: Signs and Symptoms. https://www.aad.org/public/diseases/a-z/scabies-symptoms

Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami