Eksfoliasi Adalah Rutinitas Penting Angkat Sel Kulit Mati, Ini Cara Melakukannya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 27 Dec 2021

Bagikan

Dapat Angkat Sel Kulit Mati, Ini Cara Melakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah proses pengelupasan yang terjadi pada sel-sel kulit mati. Kata eksfoliasi memang menjadi hal yang tidak begitu asing lagi di telinga masyarakat umum, terutama bagi mereka yang secara intens merawat kulit tubuhnya.

Adanya perubahan terhadap cuaca, peningkatan polusi udara, bahkan apabila terlalu sering terpapar oleh sinar matahari yang begitu terik akan membuat kulit menjadi lebih sensitif. Akibatnya kulit akan terasa kusam dan kering. Umumnya eksfoliasi dilakukan pada area wajah, kaki, tangan, badan, dan area-area lainnya yang memang memerlukan proses eksfoliasi tersebut. 

Cara Melakukan Eksfoliasi pada Kulit

Cara melakukan proses eksfoliasi adalah dengan menggunakan berbagai cara, baik itu menggunakan produk skincare mengandung berbagai bahan aktif seperti AHA, BHA, dan PHA untuk dipakaikan di area luar kulit maupun dengan menjaga asupan makanan yang hendak dikonsumsi. Secara jelasnya diuraikan sebagai berikut:

  1. Menggunakan Produk yang Mengandung AHA 

Merupakan kepanjangan dari Alpha Hydroxy Acid, AHA ialah bahan aktif yang biasanya ditemukan pada hewan dan tumbuhan. Produk eksfoliasi yang mengandung bahan ini dipercaya memiliki manfaat untuk mencerahkan sekaligus melembutkan kulit. Selain itu juga bermanfaat sebagai anti-aging karena dapat meningkatkan zat kolagen. 

  1. Menggunakan Produk yang Mengandung BHA 

Cara melakukan perawatan eksfoliasi bisa Anda lakukan dengan menggunakan produk yang mengandung BHA. BHA merupakan kepanjangan dari Beta hydroxy Acid. Berbeda dengan AHA, BHA sendiri lebih dikhususkan untuk seseorang yang memiliki jenis kulit berminyak. Kandungan Bahan aktif pada BHA dipercaya dapat mengatasi minyak berlebih karena memiliki sifat untuk mengeringkan. 

  1. Menggunakan Produk yang Mengandung PHA 

Selain menggunakan produk yang mengandung AHA dan BHA, Anda juga bisa menggunakan produk yang mengandung PHA. PHA merupakan kepanjangan dari Poly Hydroxy Acid yang lebih berfungsi selain untuk mengangkat sel kulit mati, juga untuk memberikan hidrasi pada kulit sehingga aman untuk digunakan pada semua jenis kulit. 

  1. Mengonsumsi Buah-Buahan yang Mengandung Zat Asam 

Selain eksfoliasi dengan menggunakan bahan kimia, eksfoliasi juga dapat dilakukan secara alamiah, yaitu dengan menjaga dan lebih memperhatikan asupan makanan. Anda bisa mengonsumsi buah apel yang mengandung asam malat, buah anggur yang mengandung asam tartarat serta buah jeruk yang mengandung asam sitrat. Ketiga jenis buah ini memiliki zat asam yang dapat membantu proses eksfoliasi pada kulit secara alamiah. 

Baca Juga: Ingin Wajah Bersih dan Cerah? Pelajari 5 Cara Menghilangkan Komedo!

Cara Memilih Metode Eksfoliasi

Proses eksfoliasi pada kulit dapat menggunakan beberapa metode yang disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis kulit yang dimiliki karena sejatinya setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda. Terdiri dari jenis kulit normal, kulit kering, kulit berminyak ataupun jenis keduanya yang dikenal dengan jenis kulit kombinasi. 

  1. Kulit Normal Mengarah ke Kulit Kering 

Untuk Jenis kulit cenderung kering mendekati normal dapat menggunakan Chemical Exfoliating atau eksfoliasi dengan menggunakan bahan kimia. Jenis produk eksfoliasi yang mengandung bahan AHA (Alpha Hydroxy Acid) cukup efektif dalam mengelupaskan sel-sel kulit mati pada jenis kulit kering.

Selain itu bagi pemilik kulit kering agar tidak melupakan penggunaan sunscreen yang mengandung SPF didalamnya. Hal ini untuk mencegah terjadinya kulit kemerahan dan iritasi setelah menggunakan produk-produk yang mengandung eksfoliasi. 

  1. Kulit Berminyak

Selain untuk kulit normal mengarah kering, bagi Anda yang memiliki kulit berminyak pun bisa melakukan metode eksfoliasi. Bagi pemilik kulit berminyak dapat melakukan eksfoliasi dengan menggunakan scrub. Scrub dipercaya dapat membantu percepatan regenerasi kulit baru dan mengangkat sel-sel kulit mati yang telah menumpuk pada kulit tubuh. Anda bisa menggunakan scrub secara teratur ketika mandi, dengan begitu kulit Anda bisa tereksfoliasi dengan baik. 

Eksfoliasi merupakan pengelupasan sel kulit mati yang mana berperan penting dalam mengembalikan pH (Power of Hydrogen) kulit ke dalam kondisi normal. Selain itu, rutinitas ini dapat menjaga kelembaban dan kesehatan pada kulit. Akan tetapi, eksfoliasi tidak dapat dilakukan dalam jangka waktu yang terlalu sering karena akan menyebabkan iritasi atau bahkan dapat merusak kulit. Gunakanlah produk eksfoliasi satu sampai dua kali dalam seminggu atau tergantung jenis dan kebutuhan pada kulit.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah! Ini Cara Eksfoliasi Wajah yang Baik dan Benar

 

Sumber:

1. Chertoff, Jane. Everything You Need to Know About Exfoliating Your Skin Safely. 2018.

2. Cole, Sarah. AHA, BHA & PHA – What Is The Difference & Why Should You Know?

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi