Bantuan
Bantuan

Kulit Kusam Tak Bercahaya, Kenapa?

Ditinjau oleh dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 01 Oct 2020

Bagikan

Kenali Penyebab Kulit Kusam Tak Bercahaya

Warna kulit kusam dapat terjadi karena berbagai faktor, dan seringkali dapat menjadi indikasi kesehatan umum tubuh seseorang. Jika kulit tampak kusam dan lelah, perlu dipikirkan kondisi berikut antara lain:

1. Sirkulasi Darah yang Buruk

Ketika sirkulasi darah ke wajah terganggu, aliran darah mungkin tidak mencapai lapisan terluar kulit menyebabkan kulit menjadi kusam, abu, atau pucat.

2. Penumpukan Sel Kulit Mati

Kulit secara terus-menerus beregenerasi menghadilkan lapisan sel - sel kulit mati pada permukaan teratas wajah.

Ketika sel-sel kulit mati terangkat, sel-sel baru dibawa ke permukaan dengan kelembaban dan lipid yang memberi kilau cahaya sehat kulit wajah. 

Jika pengangkatan kulit mati melambat karena faktor usia atau faktor lainnya, sel kulit mati dapat menumpuk di permukaan wajah.

Hal ini menciptakan penghalang bagi kilau cahaya kulit menyebabkan kulit terlihat kusam. Produksi minyak yang berlebihan juga dapat mengganggu proses pelepasan alami kulit mati.

Baca Juga: 5 Cara Menghindari Masalah Kulit Akibat Pemakaian Masker Wajah

3. Merokok

Merokok menyebabkan terhambatnya aliran darah dan mengurangi jumlah oksigen dan nutrisi dalam darah yang mencapai kulit sehingga menghasilkan kulit yang pucat atau warna kulit keabu-abuan yang tidak sehat dan penuaan kulit yang lebih cepat. 

4. Dehidrasi dan Pola Makan yang Buruk

Pola makan dan asupan cairan yang adekuat sangat berkaitan dengan kulit yang cerah. Kulit adalah organ yang juga membutuhkan nutrisi yang cukup untuk menjaga kesehatan dan penampilannya.

Tidak minum cukup cairan dan konsumsi terlalu banyak kafein maupun alkohol dapat membuat kulit kehilangan kelembaban yang dibutuhkan untuk tetap cerah dan kenyal.

5. Lingkungan

Polusi adalah salah satu sumber utama kerusakan kulit karena radikal bebas di udara dapat menyebabkan kulit menua sebelum waktunya.

Hal ini terutama berlaku pada kulit wajah. Paparan polusi harian dapat menyebabkan gangguan dalam regenerasi kulit. Selain polusi, kotoran dan paparan sinar matahari dapat menghilangkan kelembaban kulit sehingga membuatnya tampak kering dan kasar.

Cuaca kering juga dapat menyebabkan kulit terlihat kering dan bersisik karena hilangnya kelembaban alami.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Apa Saja Tanda Skincare Bekerja di Kulit? Ketahui Jawabannya di Sini!

 

Referensi:

https://www.aad.org/public/diseases/dullskin

Bagikan artikel ini