Bantuan

Tidak Hanya untuk Orang Dewasa, Ternyata Manfaat Saffron untuk Anak Sangat Beragam

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 08 Apr 2022

Bagikan

saffron

Hingga kini, masih banyak yang belum mengetahui manfaat saffron untuk anak. Dalam hal ini saffron hanya terkenal di kalangan orang dewasa saja, terutama berkaitan dengan kecantikan ataupun khasiat bagi kesehatan lainnya.

Nah, ternyata saffron juga memiliki beragam khasiat yang baik untuk anak-anak. Manfaat saffron untuk anak ini sangatlah beragam, mulai dari mencegah berbagai macam penyakit, menjaga kesehatan organ tubuh, dan masih banyak lagi. 

Manfaat saffron untuk anak

Tahukah Anda bahwa saffron merupakan salah satu rempah termahal di dunia? Hal ini tentu bukan tanpa alasan, mengingat manfaatnya yang sangat banyak, tidak hanya untuk menyedapkan, dan memberi warna menggoda pada makanan, saffron juga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan anak. Adapun manfaat saffron untuk anak di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Mengatasi sakit perut

Ketika anak mengalami sakit perut, saffron dapat menjadi salah satu alternatif terbaik yang dapat digunakan untuk mengatasinya. Hal ini karena saffron memiliki sifat astringen yang dapat mendetoksifikasi hingga pada akhirnya meredakan sakit perut si kecil.

  1. Meningkatkan penglihatan

Salah satu unsur saffron, yakni safranal, terbukti dapat memperlambat proses degenerasi retina. Selain itu, saffron juga memiliki banyak senyawa penting untuk meningkatkan penglihatan, seperti crocin dan crotein yang dapat meningkatkan aliran darah ke retina serta menyembuhkan konjungtivitis. 

  1. Menguatkan tulang

Menjaga tulang tetap kuat selama masa kanak-kanak adalah suatu hal yang penting. Dalam hal ini, orang tua bisa menggunakan saffron untuk membantu menguatkan tulang anak di masa pertumbuhannya. Saffron dalam hal ini dapat meningkatkan penyerapan kalsium sehingga tulang anak menjadi lebih kuat.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh yang kuat merupakan suatu hal yang sangat diperlukan anak agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Nah, agar daya tahan tubuh si kecil ini meningkat, Anda bisa memberikan saffron yang memiliki kandungan antioksidan tinggi. Kandungan ini dapat mengatasi peradangan pada tubuh hingga mencegah kerusakan sel.

  1. Menjaga kesehatan hati

Tahukah Anda bahwa saffron ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan hati seseorang. Dalam hal ini, saffron memiliki kandungan karotenoid yang dapat menghambat produksi spesies oksigen reaktif. Selain itu, kandungan saffranal pada saffron juga dipercaya dapat melindungi organ hati si kecil dari berbagai racun lingkungan.

  1. Mengatasi susah tidur

Anak sering mengalami kesulitan untuk tidur? Jangan khawatir karena saffron dalam hal ini dapat membantu menyelesaikan permasalahan tersebut. Menurut sebuah penelitian, kandungan crocetin serta karotenoid dalam saffron dapat meningkatkan waktu tidur non-REM hingga sebanyak 50 persen.

  1. Menjaga sistem pencernaan

Manfaat saffron untuk anak yang tidak bisa dilewatkan selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan. Dalam hal ini, saffron dapat bertindak sebagai pembersih pencernaan dari berbagai jajanan atau makanan kurang higienis yang dikonsumsi anak secara tidak sengaja. Kemampuan saffron ini datang dari sifat astringennya yang juga dapat meredakan gangguan asam lambung dan perut kembung.

  1. Meningkatkan suasana hati

Jika Anda menghadapi perubahan suasana hati anak yang tidak karuan maka konsumsi saffron mungkin bisa menjadi solusi untuk dicoba. Dalam hal ini, saffron mampu memberikan efek untuk meningkatkan suasana hati anak, layaknya obat-obatan untuk mengatasi depresi. 

  1. Menjaga kesehatan mata

Sebagai salah satu organ penting dalam tubuh, kesehatan mata anak harus dijaga sejak dini. Nah, dengan konsumsi saffron yang mengandung  crocin, aliran darah pada retina dapat meningkat sehingga pada akhirnya retina anak akan terhindar dari kerusakan.

  1.  Menjaga kebersihan mulut

Berkumur dengan air saffron atau memijat gusi anak dengan saffron ternyata mendatangkan manfaat bagi kebersihan dan kesehatan mulut anak. Pada akhirnya, tentu anak akan terlindungi dari berbagai gangguan yang mungkin terjadi di mulut, termasuk peradangan.

Demikianlah sepuluh manfaat saffron untuk anak yang tidak bisa Anda lewatkan. Anda bisa memberikan saffron ini sebagai bumbu pada masakan yang akan dikonsumsi anak, ataupun mencampurkannya dengan susu untuk diminum. Dengan cara ini, meraih manfaat saffron untuk anak sudah bukan hal yang mustahil lagi untuk dilakukan. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Sedang Naik Daun, Apa Manfaat Tanaman Porang?

Referensi

Shah, Dhvani. 2019. Is Saffron Good For Your Kids?. https://www.kidsstoppress.com/details/saffron-for-kids/16619

Materson, Andrew. 2018. Saffron may help tense kids. https://cosmosmagazine.com/biology/saffron-may-help-tense-kids/

Ayurvedum. Saffron For Infants: 7 Miraculous Health Benefits. https://www.ayurvedum.com/saffron-for-infants/

Wahi, Ria. 2019. Saffron:Top Ten Benefits of Saffron for Children. https://ezyschooling.com/parenting/expert/saffron-top-ten-benefits-of-saffron-for-children

Bagikan artikel ini