Bantuan

Sedang Naik Daun, Apa Manfaat Tanaman Porang?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 10 Feb 2022

Bagikan

Tanaman Porang

Akhir-akhir ini tanaman porang sedang ramai diperbincangkan, tetapi apakah Anda tahu manfaat tanaman porang ini? Tanaman porang ramai diperbincangkan karena memiliki nilai jual yang tinggi dan digunakan sebagai salah satu bahan baku dalam industri kesehatan. Lalu apakah tanaman porang dan manfaat tersebut? 

Overview Tanaman Porang

Tanaman porang memiliki nama ilmiah Amorphophallus muelleri dan berasal dari daerah tropis dan subtropis. Pada dasarnya, tanaman porang ini merupakan tanaman yang bisa menghasilkan umbi-umbian. Selain itu, porang memiliki kandungan KGM atau Konjac glucomannan yang secara sekilas terlihat seperti tepung. Kandungan inilah yang membuat tanaman porang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan

Manfaat Tanaman Porang

Lalu apa saja manfaat tanaman porang bagi kesehatan? Untuk mengetahuinya, Anda perlu menyimak terus penjelasan mengenai manfaat tanaman porang di bawah ini. 

  1. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Manfaat porang yang bisa Anda dapatkan pertama, yaitu mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Manfaat tanaman porang yang satu ini berasal dari kandungan glukomanan yang tinggi dan bepotensi sebagai prebiotik. Prebiotik itu sendiri memiliki fungsi dalam merangsang pertumbuhan bakteri baik yang berada di dalam usus. Dengan bakteri baik ini maka pencernaan menjadi lebih lancar dan terhindar dari berbagai macam masalah pencernaan. 

  1. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan glukomanan dalam tanaman porang juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit. Dalam sebuah penelitian yang telah dirilis pada tahun 2013 oleh American Journal of Dermatology and Venereology menyatakan bahwa tanaman porang memiliki potensi dalam menghilangkan jerawat serta merawat kulit secara keseluruh. Akan tetapi, manfaat porang dalam menjaga kesehatan kulit ini masih perlu diteliti lebih lanjut. 

  1. Mengatasi alergi

Manfaat tanaman porang yang bisa Anda dapatkan selanjutnya, yaitu mampu mengatasi alergi. Hal ini berkat kandungan Konjac glucomannan yang dimiliki oleh tanaman porang yang dapat mengatasi alergi. Hal ini dikuatkan oleh sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa kandungan glukomanan dapat menekan reaksi alergi. Akan tetapi, penelitian ini masih dilakukan pada hewan sehingga masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui seberapa efektif glukomanan dalam mengatasi alergi pada manusia. 

  1. Mengobati diabetes

Selain mengatasi alergi, tanaman porang  juga bermanfaat dalam hal mengobati diabetes. Dalam sebuah tinjaun disebutkan bahwa pemberian suplemen glucomannan dapat membantu mengendalikan kadar gula darah para penderita diabetes. Mengapa bisa seperti itu? Hal ini karena glukomanan dapat menekan produksi ghrelin yang berperan dalam munculnya rasa lapar. Pada saat nafsu makan terkendali maka asupan gula dari makanan juga akan terkontrol.  

  1. Menurunkan berat badan

Tanaman porang memiliki kandungan serat yang bermanfaat dalam memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Dengan begitu nafsu makan Anda akan berkurang dan makanan yang masuk ke dalam tubuh lebih terjaga, bahkan dalam sebuah penelitian juga disebutkan bahwa mengonsumsi suplemen glukomanan dapat menurunkan berat badan. Dalam penelitian lain disebutkan bahwa suplemen glukomanan dapat membakar 1200 kalori.  

  1. Menyembuhkan luka

Manfaat tanaman porang bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan selanjutnya, yaitu dapat menyembuhkan luka. Dalam sebuah penelitian telah disebutkan bahwa kandungan glukomanan efektif dalam proses penyembuhan luka. Hal ini dapat terjadi karena kandungan glukomanan  dapat mengoptimalkan kinerja sistem. Sama halnya dengan sebelum-sebelumnya, manfaat tanaman porang ini juga masih sebatas uji coba pada hewan.

  1. Mengontrol kadar kolesterol

Manfaat tanaman porang yang bisa Anda dapatkan terakhir, yaitu mampu mengontrol kadar kolesterol. Di dalam tubuh terdapat kolesterol jahat dan kolesterol baik, kadar kolesterol akan berubah-ubah sesuai dengan makanan yang Anda konsumsi. Oleh karena itu, penting untuk mengontrol kadar kolesterol harus di tetap ideal. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa mengonsumsi porang yang memiliki kandungan glukomanan efektif dalam menjaga kadar kolesterol tetap ideal.  

Nah itulah beberapa informasi mengenai manfaat tanaman porang yang bisa Anda dapatkan. Perlu diingat, mungkin pada beberapa orang tidak cocok dengan tanaman porang ini. Pasalnya, tanaman porang bisa menyebabkan beberapa efek samping seperti kembung, sakit perut atau diare. Apabila Anda merasakan gejala efek samping maka segeralah untuk mengunjungi dokter terdekat. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.


Baca juga: Deretan Manfaat Bunga Matahari Selain Berguna untuk Tanaman Hias

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.  2015. Tanaman Porang Pengenalan, Budidaya, dan Pemanfaatannya. https://pangan.litbang.pertanian.go.id/files/Porang.pdf

Wong, Cathy. 2020. Health Benefits of Glucomannan Root Extract Used to Treat High Cholesterol and Constipation. https://www.verywellfit.com/glucomannan-benefits-uses-89456

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang