Bantuan

Dipercaya dapat Mencegah Stroke, Inilah Kadar Kolesterol Normal Puasa

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 11 Apr 2022

Bagikan

kadar kolesterol normal

Memperhatikan kadar kolesterol normal puasa tentu menjadi penting bagi Anda. Jika Anda akan menjalankan ibadah puasa, maka memperhatikan kadar kolesterol yang normal ketika bulan Ramadhan menjadi sebuah keharusan. Hal ini tidak lain karena bila sembarangan mengonsumsi makanan dan minuman ketika berbuka atau sahur, dapat mengakibatkan kadar kolesterol menjadi naik. Sudah sangat penting bagi Anda untuk mengontrol kadar normal kolesterol dalam tubuh, baik saat puasa ataupun tidak. 

Terdapat beberapa penyakit yang dapat muncul ketika Anda mengonsumsi terlalu banyak makanan yang tinggi kolesterol, misalnya seperti gangguan sirkulasi darah. Selain itu, penyakit jantung serta stroke juga dapat muncul jika Anda tidak mengontrol makanan yang masuk ke dalam tubuh ketika menjalankan ibadah puasa (berbuka atau sahur). 

Perbedaan Kolesterol Baik dan Jahat

Sebelum mengetahui kadar kolesterol normal puasa, maka sudah sebaiknya Anda mengetahui apa perbedaan kolesterol baik dan kolesterol jahat. Anda perlu tahu bahwa kolesterol bentuk lipoprotein bergerak melalui aliran darah. Dimana bagian luar lipoprotein terbuat dari protein, sementara itu bagian luarnya dari lemak. Dua jenis lipoprotein yang membawa kolesterol ke seluruh tubuh adalah kolesterol baik dan kolesterol jahat. Berikut ini adalah perbedaan dari kedua jenis kolesterol tersebut:

  1. Kolesterol baik

Kolesterol ini akan membawa kolesterol kembali ke hati, lalu akan memecah zat kemudian menghilangkannya dalam tubuh.

  1. Kolesterol buruk

Saat kolesterol jahat menumpuk, maka pembuluh darah arteri yang membawa darah ke seluruh tubuh dari jantung akan sumbat. Hal tersebut tentu dapat mengakibatkan penyakit seperti stroke dan juga sakit jantung. 

Kolesterol Normal Puasa

Kadar kolesterol normal puasa yang sehat tidak begitu berbeda bagi orang dewasa. Adanya jenis tingkat yang disarankan dapat berubah karena adanya kondisi serta pertimbangan kesehatan lainnya. Dibawah ini adalah batas kadar kolesterol normal puasa:

  • Kadar kolesterol total yang kurang dari 200 mg per dL disarankan untuk orang dewasa. Dimana kadar antara 200 dan juga 239 mg per dL menjadi batas tinggi serta pembacaan lebih dari 240 mg per dL dianggap sudah tinggi.

  • Kadar HDL atau low density lipoprotein haruslah kurang dari 100 mg per dL. Dimana kadar 100 sampai 129 mg per dL bisa diterima bagi mereka yang tidak mempunyai masalah kesehatan. Namun, menjadi perhatian khusus untuk mereka  yang mempunyai faktor risiko penyakit jantung atau penyakit jantung. 130 sampai 159 mg per dL merupakan batas tinggi, sedangkan 160 sampai 189 mg per dL termasuk tinggi. Jika kadar kolesterol normal puasa sudah melewati 190 mg per dL atau lebih tinggi, maka sudah dianggap sangat tinggi. 

  • Tingkat HDL atau high density lipoprotein haruslah dijaga agar lebih tinggi. Jika kurang dari 40 mg per dL, maka dianggap menjadi faktor risiko utama dari penyakit jantung. Sedangkan, 41 mg per dL sampai 59 mg per dL menjadi batas rendah. Untuk pembacaan optimal kadar HDL yakni 60 mg per dL juga atau lebih tinggi. 

  • Kadar trigliserida yang normal adalah kurang dari 150 mg per dL. Termasuk kategori tinggi jika kadarnya sampai 200 mg per dL atau lebih. 

Cek Kolesterol

Memeriksakan kolesterol baik dan juga kolesterol jahat dalam tubuh menjadi hal penting bagi setiap orang. cek kolesterol menjadi sebuah pencegahan terhadap adanya penyakit seperti stroke atau jantung. Kadar kolesterol dalam darah normalnya diukur sekali dalam lima tahun, terutama bagi mereka yang telah berusia 20 tahun ke atas. Tidak ada tanda atau gejala yang mengindikasikan seseorang mempunyai kadar kolesterol yang tidak normal. Oleh karena itu, pemeriksaan kolesterol menjadi sebuah cara untuk tahu apakah kadar kolesterol masih dalam keadaan normal ataupun sebaliknya.

Guna mencegah penyakit kronis mengalami perkembangan yang dapat diakibatkan adanya kenaikan kolesterol dalam tubuh, maka pengecekan menjadi satu-satunya solusi. Terutama di bulan Ramadhan, kadar kolesterol menjadi hal yang penting untuk Anda taruh perhatian khusus. Dimana sering kali saat berbuka, seseorang menjadi kalap dan lahap dalam mengonsumsi makanan atau minuman. Tanpa memikirkan kolesterol yang ada di dalamnya. Jangan pernah anggap remeh, kadar kolesterol dalam tubuh karena sangat memengaruhi kesehatan tubuh Anda. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Menu Makanan Bagi Penderita Asam Urat Dan Kolesterol

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Penyakit Dalam

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Referensi

Cleveland Clinic. Cholesterol.

Healthline. The Recommended Cholesterol Levels by Age.

Medical News Today. What Should My Cholesterol Level Be at My Age?

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Penyakit Dalam

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang