Bantuan

Beberapa Kondisi Kesehatan Ini Berhubungan Dengan Titik Refleksi Kaki

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 22 Dec 2021

Bagikan

Titik Refleksi Kaki Untuk Mengatasi Gangguan Kesehatan

Titik refleksi kaki diyakini memiliki hubungan langsung dengan kondisi kesehatan seseorang. Pijat pada kaki dipercaya dapat mengatasi atau meredakan beragam penyakit, yakni seperti pilek, PMS, sampai gangguan kecemasan. Tentunya, untuk melakukan pijat pada titik refleksi kaki ini tidak boleh sembarangan. Saat ini banyak tempat yang menawarkan pijat bagian kaki untuk mengatasi masalah kesehatan Anda.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa tak banyak studi yang menunjukkan atau menyetujui adanya metode pijat refleksi satu ini. Walaupun begitu, banyak orang yang percaya bahwa pijat refleksi kaki dapat menghasilkan banyak manfaat. Hal ini tentu saja menjadi wajar karena praktik pijat ini sudah ada sejak dulu. 

Titik Refleksi Kaki Guna Mengatasi Gangguan Kesehatan

Belum ada banyak studi ilmiah yang membahas mengenai pijat refleksi, jika ada maka kualitas studi ilmiah tersebut masih perlu dipertanyakan. Tetapi, banyak orang yang percaya bahwa metode ini dapat memberikan banyak manfaat, yakni seperti meringankan rasa sakit, tubuh menjadi lebih sehat, meningkatkan kesuburan, kekebalan tubuh yang semakin baik, mengurangi kecemasan, redakan nyeri sendi, melancarkan pencernaan, dan lain sebagainya. 

Terdapat beberapa kondisi kesehatan yang diyakini dapat diatasi dengan dilakukannya pijat refleksi. Di bawah ini adalah beberapa kondisi kesehatan dan hubungannya dengan titik refleksi kaki:

  1. Sulit Tidur

Untuk dapat tidur lebih nyenyak, maka Anda dapat memijat titik refleksi kaki pada bagian kedua jempol kaki. Pada bagian benjolan samping kaki, diyakini berkaitan dengan kelenjar pineal. Dimana kelenjar pineal ini berfungsi untuk mengatur produksi hormon melatonin, yang adalah hormon tidur. Sedangkan, dengan Anda memijat bagian jempol lainnya, maka diyakini dapat memicu lepasnya endorfin. Sehingga inilah yang menyebabkan Anda lebih rileks. 

  1. Flu

Jika Anda sering mengalami hidung dan sinus yang mampet, maka Anda dapat mencoba pijat di titik refleksi kaki untuk meredakannya. Caranya mudah yakni dengan menekan area bawah kedua jempol kaki, kemudian gerakkan tekanan ke bagian atas dan bawah dengan perlahan. Gerakan ini diyakini bisa menghilangkan mampet yang Anda alami. Tak hanya itu, gerakan ini juga bisa dipercaya bisa mengatasi sakit kepala.

Baca Juga: 4 Zona Titik Refleksi Kaki Kiri Dan Kanan, Serta Manfaatnya Yang Berbeda 

  1. Gejala PMS

Salah satu gejala PMS yakni perut kram, juga dipercaya dapat diatasi dengan memijat titik refleksi kaki. Dimana caranya adalah dengan menekan jempol kaki serta telapak kaki sekaligus, yang mana sejajar dengan tulang pergelangan kaki Anda. 

  1. Nyeri Tubuh

Anda dapat melakukan beberapa gerakan untuk mengurangi rasa nyeri pada tubuh yakni dengan cara seperti di bawah ini:

  • Duduk di kursi atau sofa.

  • Letakkan bola tenis atau bola golf di bawah kaki Anda.

  • Kemudian, gulingkan bola tersebut di bawah telapak kaki, ke arah depan dan belakang. Sampai Anda menemukan titik yang terasa sensitif.

  • Terakhir, injak bola tersebut pada titik yang terasa sensitif tadi. Kemudian, tahan 3 sampai 5 menit.

  1. Sakit Punggung

Memijat bagian cekungan pada area telapak kaki, dapat menjadi solusi untuk meredakan sakit punggung. Anda dapat memberikan tekanan pada area tersebut sembari menggerakkan tekanan dari bagian arah jempol ke tumit.

Beberapa titik refleksi kaki lainnya, yang sering kali diyakini berkaitan dengan anggota atau organ tubuh lain adalah seperti di bawah ini:

  • Tumit, yang mana berkaitan dengan punggung bawah serta usus.

  • Ujung jempol kaki, yang mana berkaitan dengan kepala.

  • Area telapak kaki, yang mana berkaitan dengan ginjal, hati, dan pankreas.

  • Bantalan kaki, yang mana berkaitan dengan area dada dan jantung. 

Beberapa kondisi seperti riwayat asam urat, sedang hamil, sedang dalam masa penyembuhan cedera kaki, serta aliran darah yang pernah mengalami penyumbatan karena gangguan pembekuan darah, maka sebaiknya menghindari pijat di titik refleksi kaki ini.

Selain itu, jika Anda mempunyai riwayat penyakit kronis, yang mana merusak bagian kaki serta radang sendi, maka sebaiknya pijat refleksi dihindari. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu dengan dokter ahli, jika Anda memiliki riwayat kesehatan tersebut, namun tetap ingin mencoba pijat.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Amankah Melakukan Pijat Di Titik Refleksi Kaki Untuk Asam Urat?

 

Refleksi:

1. WebMD

2. Very Well Health

3. Mayo Clinic

4. Healthline

Bagikan artikel ini