Tidak Hanya Untuk Masakan, Ini Manfaat Serai Bagi Tubuh Manusia

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 30 Dec 2021

Bagikan

Tak Hanya Untuk Masakan, Ini Manfaat Serai Bagi Kesehatan

Tahukah Anda bahwa sejatinya manfaat serai tidak hanya mampu melezatkan makanan, namun juga bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Manfaat ini sudah banyak dibuktikan melalui banyak penelitian yang menekankan bahwa serai memiliki sifat antibakteri, antijamur, hingga antidiare.

Lantas apa saja manfaat serai bagi tubuh manusia? Sebelum membahas jawaban dari pertanyaan tersebut, ada baiknya Anda ketahui terlebih dahulu ragam kandungan nutrisi serai yang dibutuhkan tubuh.

Kandungan Nutrisi Serai

Beragam manfaat dari tanaman jenis perdu ini sejatinya datang dari kandungan nutrisinya yang melimpah. Dalam hal ini, serai memiliki kandungan berbagai jenis vitamin, seperti vitamin A, C, dan niacin. Meskipun begitu, kandungan vitamin di dalam serai ini memang tergolong sedikit dan sebenarnya belum cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian.

Adapun nutrisi lainnya yang terkandung di dalam 1 sdm serai di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Kalori 5 kal

  • Karbohidrat 7 gr

  • Kalium 34 mg

  • Kalsium 3 mg

  • Mangan 2,9 mg

  • Mangan 0,2 mg

  • Zat besi 0,4 mg

Baca Juga: Lidah Buaya, Tanaman Hias Penuh Khasiat

Manfaat Serai Bagi Tubuh

Serai merupakan salah satu sumber nutrisi penting bagi tubuh. Dalam hal ini, ia memiliki sifat antidepresan, antiseptik, antibakteri, antijamur, antiinflamasi, dan analgesik. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah ragam manfaat serai bagi tubuh manusia.

  1. Mengatasi Diare

Permasalahan pencernaan yang disebabkan oleh dehidrasi ini memang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi obat diare. Namun, terkadang opsi mengonsumsi obat diare ini mampu menyebabkan efek samping tertentu, seperti sembelit. Solusinya, Anda bisa mengonsumsi serai dalam bentuk minuman hangat. untuk mengurangi gejala diare yang Anda alami.

  1. Meredakan Sakit Kepala

Manfaat serai berikutnya ini disebut mampu meredakan gejala migrain atau sakit kepala. Hal ini karena di dalam serai ditemukan kandungan eugenol yang memiliki fungsi seperti aspirin. Eugenol di dalam serai ini dapat mencegah penggumpalan trombosit darah dan juga melepas hormon serotonin yang dapat mengatur fungsi kognitif, suasana hati dan nafsu makan. 

  1. Mencegah Gigi Berlubang

Serai yang disajikan dalam bentuk minuman hangat ternyata memiliki kandungan mikroba baik yang dapat menjaga kesehatan mulut dan gigi. Kandungan ini bersifat antimikroba dan dapat melawan bakteri penyebab gigi berlubang, Streptococcus mutans. Bahkan, kandungan antimikroba yang satu ini disebut-sebut juga dapat mencegah infeksi paru-paru, kulit, dan usus.

  1.  Mengobati Penyakit Kulit

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa serai memiliki kandungan antimikroba yang juga dapat mencegah terjadinya infeksi kulit. Oleh karena itulah, manfaat serai selanjutnya yaitu dapat mencegah penyakit kulit seperti kudis, kurap, bahkan luka sekalipun. Sifat antijamur pada ekstrak serai juga disebut efektif dalam mengatasi jamur patogen pada kulit.

  1. Memberi Efek Tenang

Untuk membuat pikiran lebih rileks, minuman herbal seperti teh chamomile sering menjadi pilihan utama. Namun tahukah Anda, bahwa serai juga mampu memberikan manfaat yang serupa dengan teh chamomile tersebut.

Dengan menyajikan serai dalam bentuk minuman hangat atau bahkan hanya dengan mencium aromanya saja, gejala kecemasan dapat menjadi lebih ringan. Meskipun begitu, manfaat serai yang satu ini memang masih belum benar-benar terbukti efektivitasnya dan oleh karenanya masih perlu diteliti lebih lanjut.

  1. Mencegah Kolesterol

Daun dan juga akar dari serai ternyata memiliki manfaat yang penting bagi tubuh, yakni mampu mencegah kolesterol. Dalam hal ini, keduanya memiliki sifat antihiperkolesterolemia dan sifat antihiperlipidemia yang dapat menghasilkan kolesterol baik. Penelitian menunjukkan bahwa dengan rutin mengonsumsi minuman serai, kolesterol jahat dalam tubuh dapat berkurang dalam jumlah yang cukup signifikan.

  1. Detoksifikasi

Manfaat serai yang terakhir adalah dapat membantu tubuh dalam proses detoksifikasi, dengan cara membersihkan zat-zat beracun dan berbahaya bagi tubuh. Dengan adanya manfaat yang satu ini, serai telah membantu tubuh dalam melancarkan fungsi organ-organ pentingnya, seperti ginjal dan hati. Selain itu, hal ini juga dapat melancarkan buang air kecil. 

Nah itulah dia penjelasan mengenai serai dan manfaatnya yang cukup beragam. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat serai lainnya yang perlu Anda ketahui. Beberapa di antaranya adalah mampu mengatasi insomnia, mengurangi peradangan, hingga mencegah mual, dan sakit perut.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Apa Saja Manfaat Jahe Bagi Kesehatan?

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter nutrisi & gizi sekarang!

Pesan Konsultasi
Referensi
  1. WebMD. Lemongrass - Uses, Side Effects, and More.
  2. Nall, Rachel. 2018. What are the health benefits of lemongrass tea?
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter nutrisi & gizi sekarang!

Pesan Konsultasi