Mengandung Banyak Nutrisi, Ini Dia Manfaat Ikan Tuna!

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Aug 2021

Bagikan

Mengandung Banyak Nutrisi, Ini Dia Manfaat Ikan Tuna!

Manfaat ikan tuna untuk kesehatan tentu tidak perlu dipertanyakan lagi. Ikan menjadi salah satu sumber makanan sehat, juga memberikan berbagai manfaat bagi tubuh. Tentu semua ikan memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan, namun ada satu ikan yang sudah terkenal akan nutrisinya yang tinggi.

Tidak lain adalah ikan tuna, manfaat ikan tuna terlihat dari kandungan gizinya. Kandungan nutrisi mulai dari protein sampai omega 3 dapat Anda dapatkan dengan mengonsumsi ikan ini. 

Ikan tuna memiliki tekstur daging yang lembut, salah satu kandungan didalamnya adalah vitamin B12. Dimana kandungan nutrisi ini memiliki peran penting untuk pembentukan sel darah merah. Ikan tuna menjadi salah satu ikan yang bisa banyak Anda jumpai di Indonesia. Dalam satu porsi ikan dengan berat sekitar 85 gram, mengandung beberapa nutrisi seperti dibawah ini :

  1. Kalori, 100

  2. Natrium, sebanyak 290 miligram

  3. Lemak, sebanyak 5 gram

  4. Karbohidrat, 0 gram

  5. Protein, sebanyak 22 gram

  6. Vitamin D, dari total kebutuhan harian terdapat 6 persen

  7. Vitamin B6, dari total kebutuhan harian terdapat 6 persen

  8. Vitamin B12, dari total kebutuhan harian terdapat 15 persen

  9. Zat besi, dari total kebutuhan harian terdapat 4 persen

Baca Juga: Ketahui Seberapa Banyak Kalori Ayam Berdasarkan Bagian-Bagiannya

Manfaat Ikan Tuna

  1. Menurunkan hipertensi, adanya kandungan omega 3 dalam tuna dapat memberikan manfaat ikan tuna untuk menurunkan tekanan darah tinggi, atau hipertensi. Tak hanya itu, kandungan kalium dalam tuna juga berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah. Sehingga, tekanan darah dapat berkurang, hal ini biasa disebut vasodilator.

  2. Bantu menjaga kesehatan reproduksi, tahukah Anda bahwa hanya dengan mengkonsumsi 50 gram tuna, bisa memenuhi 60 persen kebutuhan selenium dalam tubuh. Apa itu selenium? Selenium merupakan jenis antioksidan yang bisa membantu tubuh terlindungi dari kerusakan oksidatif. Diakibatkan paparan radikal bebas, juga penting untuk kesehatan reproduksi.

  3. Kesehatan mata, manfaat ikan tuna selanjutnya adalah untuk mencegah terjadinya penyakit mata. Misalnya degenerasi makula, manfaat ikan tuna satu ini karena adanya kandungan asam lemak omega 3. Tak sampai disitu, dengan mengkonsumsi ikan tuna juga dapat menurunkan risiko terjadinya kerusakan mata, yang disebabkan penyakit diabetes.

  4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, ikan tuna yang memiliki kandungan vitamin C dan beragam mineral. Kedua kandungan nutrisi ini memiliki peran sebagai antioksidan untuk tubuh Anda. Selain itu, kandungan selenium dalam ikan tuna juga berperan untuk melindungi tubuh dari paparan radikal bebas. Radikal bebas ini yang mana berisiko memicu munculnya berbagai penyakit. 

  5. Bantu tumbuh kembang anak, manfaat ikan tuna satu ini sangat penting untuk perkembangan dan pertumbuhan anak. Bisa dikatakan, ini merupakan pondasi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan kemampuan penyembuhan luka. Tak hanya itu, namun juga dapat membantu penyembuhan penyakit yang lebih cepat untuk tubuh. Sehingga dikatakan bahwa ikan tuna menjadi asupan yang dapat menjadi sumber protein bagi anak.

  6. Peremajaan kulit, seperti yang disebutkan tadi bahwa ikan tuna mengandung vitamin B. Vitamin B ini dapat membantu menjaga dan meremajakan kesehatan kulit Anda. Adanya sifat antiinflamasi membuat kulit lebih halus bercahaya, juga membuat kulit lebih awet muda. 

  7. Menurunkan berat badan, manfaat ikan tuna tentunya akan disenangi oleh Anda yang sedang menjalani program diet. Ikan tuna yang kaya akan protein dan rendah kalori, bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Hal ini diketahui dari adanya studi yang menunjukkan, bahwa remaja yang mengkonsumsi ikan tuna selama beberapa minggu kehilangan berat badan. Remaja tersebut kehilangan berat badan sebanyak kurang lebih satu kilogram, dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi ikan tuna.

Setelah melihat banyaknya manfaat yang diberikan, dengan mengkonsumsi ikan tuna tentu Anda sudah seharusnya memasukkan ikan tuna ke dalam list makanan Anda sehari-hari. Disarankan untuk orang dewasa mengkonsumsi ikan tuna sebanyak dua sampai tiga porsi ikan tuna setiap minggunya. Tak harus ikan tuna, Anda juga bisa memilih ikan berlemak lainnya sesuai dengan selera Anda.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Benarkah Kopi Dapat Menurunkan Berat Badan? Yuk Cek Faktanya!

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter nutrisi & gizi sekarang!

Pesan Konsultasi
Referensi
  1. https://aruna.id/2021/01/25/ikan-tuna-ikan-favorit-kaya-gizi-manfaat-bagus-bagi-tubuh-2/ 
  2. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20201120135954-255-572367/7-manfaat-ikan-tuna-cegah-kanker-hingga-remajakan-kulit
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter nutrisi & gizi sekarang!

Pesan Konsultasi