Tidak Hanya Mual, Ini Ciri-Ciri Asam Lambung Tengah Naik

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Dec 2021

Bagikan

Tidak Hanya Mual, Ini Ciri-Ciri Asam Lambung Tengah Naik

Rasa mual merupakan salah satu ciri-ciri asam lambung tengah naik yang harus Anda sadari. Gejala ini paling umum dirasakan oleh para penderita asam lambung. Namun tidak berhenti disitu saja, ternyata banyak sekali ciri-ciri asam lambung selain mual yang terkadang tanpa Anda sadari. Anda bisa mengetahui ciri-ciri asam lambung tengah naik melalui pembahasan di bawah ini.

Apa Itu Asam Lambung?

Asam lambung merupakan zat yang dicerna menggunakan asam klorida yang berasal dari asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh dan diproduksi secara berlebihan. Hal ini lah yang menyebabkan asam lambung menjadi naik. Oleh karena itu perlu sekali untuk memperhatikan asupan makanan yang Anda konsumsi. Selain itu, kelebihan asam juga akan menimbulkan gangguan pada kesehatan tubuh lainnya. 

 Ciri-Ciri Asam Lambung Tengah Naik

Terdapat beberapa ciri-ciri asam lambung tengah naik. Secara umum memang sebagian besar orang selalu mengalami mual pada saat asam lambungnya naik. Namun ciri-ciri asam lambung yang tengah naik tidak hanya gejala mual saja. Berikut ciri-ciri asam lambung yang tengah naik selain mual:

  1. Perut Kembung, Mulas dan Sendawa 

Salah satu ciri-ciri asam lambung tengah naik bisa Anda ketahui melalui beberapa gejala seperti perut kembung, mulas dan bersendawa yang terjadi secara terus menerus. Gejala tersebut timbul karena tubuh memproduksi asam secara berlebih. Sebagian orang menganggap gejala ini sebagai gejala ringan, namun Anda harus tetap waspada, sebab naiknya asam lambung akan membuat tubuh menjadi tidak nyaman.

  1. Nyeri Dada

Ciri-ciri asam lambung yang perlu Anda ketahui selanjutnya adalah nyeri dada. Nyeri dada pada penderita asam lambung biasanya disertai dengan rasa panas dan terbakar pada kerongkongan. Kondisi ini terjadi akibat asam lambung naik ke kerongkongan. Jika dibiarkan nyeri dada bisa menyebar ke bahu, lengan hingga punggung. Perlu Anda ketahui nyeri dada pada penderita asam lambung berbeda dengan penyakit jantung. Nyeri dada karena asam lambung seringkali menyebar ke bagian kiri tubuh.

  1. Air Liur Berlebih

Air liur berlebih merupakan salah satu ciri-ciri seseorang terkena penyakit asam lambung. Hal ini secara otomatis dilakukan oleh tubuh untuk menetralisir asam lambung yang naik ke kerongkongan. Jika Anda mengalami ciri-ciri ini segeralah cari alternatif pengobatan agar tidak mengakibatkan suatu kondisi yang lebih parah. Produksi air liur yang berlebih bisa menjadi tanda awal Anda akan mengalami kesulitan menelan.  

  1. Mulut Terasa Pahit

Asam lambung yang tengah naik menimbulkan zat asam naik ke bagian belakang kerongkongan. Jika kondisi ini terjadi, Anda akan mengalami sensasi rasa asam, pahit, tersedak dan ingin muntah. Terkadang ciri-ciri asam lambung ini terjadi ketika Anda sedang tidur atau berbaring.

Baca Juga: Kenali Macam-Macam Bahaya Asam Lambung Yang Tidak Ditangani

Penyebab Meningkatnya Asam Lambung

Ciri-ciri asam lambung sebenarnya bisa diidentifikasi dari berbagai penyebab naiknya asam lambung. Terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab naiknya asam lambung, di antaranya sebagai berikut:

  1. Pola Makan yang Salah 

Mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi tidak selamanya baik bagi tubuh. Konsumsi yang berlebihan pada makanan tersebut akan mengakibatkan produksi asam lambung meningkat. Karena sistem pencernaan tubuh membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencerna makanan dengan kandungan serat yang tinggi. Selain itu, mengonsumsi makanan pedas juga bisa menjadi pemicu naiknya asam lambung. 

  1. Mengonsumsi Kafein Berlebih

Salah satu stimulan asam lambung adalah kafein. Oleh karena itu, konsumsi kafein yang berlebihan akan memicu naiknya asam lambung. Jika Anda tidak ingin asam lambung Anda kambuh, sebaiknya hindari makanan atau pun minuman yang mengandung kafein dalam jumlah banyak, seperti kopi, soda atau coklat.

  1. Stres

Terlalu berlebihan dalam memikirkan sesuatu tidaklah baik untuk kesehatan mental dan kesehatan fisik. Sebab memikirkan sesuatu secara berlebihan hanya akan membuat Anda menjadi stres. Tanpa disadari, stres bisa memicu tubuh Anda memproduksi asam dalam kadar yang lebih banyak. Kondisi ini akan semakin memperburuk kesehatan tubuh Anda. 

Itulah beberapa ciri-ciri asam lambung naik. Tidak hanya ciri-ciri, Anda juga perlu mengetahui beberapa penyebabnya agar Anda lebih berhati-hati dalam mengonsumsi makanan atau minuman. Sebab pola makan yang salah bisa memperburuk penyakit asam lambung Anda.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mudah dan Efektif, Ini Cara Mengobati Asam Lambung Naik Ke Kerongkongan

 

Sumber:

1. Schulman, Jill Seladi. What to Know About High Stomach Acid.  2020.

2. Doctors health press editorial team. Too Much Acid in Stomach: 8 Causes and Treatments.  2017.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi