Bantuan

Membuat Penderitanya Terganggu, Ini Cara Menghilangkan Pilek yang Perlu Anda Ketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 17 Mar 2022

Bagikan

pilek

Tahukah Anda bagaimana cara menghilangkan pilek dengan mudah dan praktis? Pilek pada dasarnya adalah infeksi yang terjadi pada saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus. Gangguan ini sangat umum terjadi, terlebih lagi ketika menghadapi musim hujan. 

Ketika seseorang mengalami pilek, hidung akan terasa tidak nyaman dan tersiksa. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara menghilangkan pilek yang mudah dan praktis untuk dilakukan. Adapun cara-cara tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Minum air putih

Agar pilek yang diderita dapat sembuh dengan cepat, hal yang pertama yang perlu Anda lakukan adalah minum air putih sebanyak-banyaknya. Air putih dalam hal ini dapat menjadi semacam obat alami untuk membantu melegakan hidung yang tersumbat serta melembapkan tenggorokan Anda. 

Apabila Anda bosan karena terlalu banyak minum air putih, Anda bisa mendapatkan asupan cairan dari minuman lainnya seperti teh hangat, air jahe, hingga jus buah. Namun usahakan agar tidak mencampurkan gula ke dalam minuman ini, ataupun alkohol serta kafein. 

  1. Menghirup uap

Cara menghilangkan pilek berikutnya yang bisa Anda lakukan di rumah adalah dengan menghirup uap hangat. Untuk melakukannya, Anda perlu mengisi baskom lebar dengan air hangat, lalu posisikan kepala Anda dengan cara menunduk tepat di atas baskom tersebut. Agar uapnya tidak menguap ke arah lain, tutupi kepala Anda dengan handuk dan jaga jarak wajah ke baskom agar tidak terlalu jauh ataupun terlalu dekat. 

Dengan cara ini, uap hangat akan membantu mengencerkan lendir di hidung, sekaligus membuat saluran hidung yang bengkak lebih lemas. Pada akhirnya, Anda akan mampu bernapas dengan normal kembali, atau paling tidak Anda akan tidak terlalu kesulitan saat bernapas seperti sebelumnya.

  1. Menggunakan bantal tambahan

Hal yang paling sulit didapatkan saat seseorang terkena pilek adalah tidur dengan nyenyak. Hal ini karena kondisi hidung yang mampet dan tenggorokan yang gatal, membuat tidur menjadi tidak nyaman. Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk menyelipkan bantal tambahan di bawah kepala. Dengan melakukan ini, lendir dapat mengalir turun dengan sendirinya. 

Perlu diperhatikan bahwa untuk menerapkan cara yang satu ini, sebaiknya Anda tidak menggunakan bantal yang terlalu tebal atau tinggi, karena akan membuat leher sakit dan badan pegal-pegal. Untuk itu, tetap utamakan kenyamanan dengan cara menghilangkan pilek yang satu ini.

  1. Menggunakan humidifier

Ketika terkena pilek, gejala akan semakin parah ketika Anda berada di ruangan yang ber-AC. Hal ini karena ruangan ber-AC akan membuat hidung dan tenggorokan semakin gatal. Tidak hanya itu saja, yang akan terjadi jika Anda terus berada di ruangan ber-AC adalah mulut semakin kering dan gejala semakin parah.

Untuk itu, cobalah menggunakan humidifier atau alat pelembap udara demi mengatasi pilek yang sedang dialami. Humidifier dalam hal ini akan membantu melegakan pernapasan dan pada akhirnya membuat kondisi pilek semakin membaik. Namun, jangan menggunakan humidifier secara berlebihan karena akan membuat bakteri dan jamur penyebab penyakit berkembang biak dengan mudah.

  1. Perbanyak istirahat

Hingga kini, masih banyak yang menganggap pilek sebagai suatu hal yang sepele. Padahal, pilek yang disebabkan oleh virus ini bersifat sangat mudah menular lewat udara, terutama pada saat berbicara, batuk, maupun bersin. Untuk itu, cobalah untuk memperbanyak istirahat di kamar selagi Anda sedang mengalami pilek. Dengan cara ini, Anda akan dapat meminimalisir risiko penularan pilek ke orang di sekitar Anda.

Manfaatkanlah waktu semaksimal mungkin untuk beristirahat dan memulihkan diri, paling tidak dengan tidur selama 7 sampai 8 jam dalam sehari, kemudian ditambah pula dengan tidur siang. Tidur atau beristirahat ini akan menjadi salah satu obat termanjur dalam mengatasi pilek yang dialami.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menghilangkan pilek yang perlu Anda ketahui. Apabila setelah mencoba berbagai cara di atas namun pilek tak kunjung sembuh dan terus berlangsung juga selama 7-10 hari sejak gejala pertama timbul, maka kunjungilah dokter untuk mendapatkan penanganan yang terbaik. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Hidung Tersumbat Tapi Tidak Pilek, Apa Penyebabnya?

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Mayo Clinic. Cold remedies: What works, what doesn’t, what can’t hurt. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/common-cold/in-depth/cold-remedies/art-20046403

Healthy Women. 2009. Natural Ways to Prevent and Manage the Flu. https://www.healthywomen.org/content/article/natural-ways-prevent-and-manage-flu

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang