Bantuan
Free Tele x

Menyebabkan Rasa Tidak Nyaman Pada Kaki, Ini Cara Menghilangkan Mata Ikan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 16 Dec 2021

Bagikan

Membuat Kaki Tidak Nyaman, Ini Cara Menghilangkan Mata Ikan

Sudahkah Anda tahu bagaimana cara menghilangkan mata ikan? Pada dasarnya, munculnya mata ikan di kaki merupakan reaksi alami kulit untuk melindungi diri dari gesekan dan tekanan yang berulang. Mata ikan ini akan berbentuk benjolan yang keras dan kasar, serta menyebabkan rasa sakit yang membuat Anda tidak nyaman.

Oleh karena itu, Anda perlu menghilangkan mata ikan agar kaki kembali nyaman. Akan tetapi, bagaimanakah cara menghilangkan mata ikan tersebut? Tidak perlu khawatir, di bawah ini akan dijelaskan berbagai cara menghilangkan mata ikan yang bisa Anda lakukan. 

Cara Menghilangkan Mata Ikan

Dalam menghilangkan mata ikan ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan, mulai dari cara yang alami, obat-obatan hingga tindakan medis. Berikut ini akan dijelaskan secara detail mengenai cara-cara tersebut. 

  1. Gosok Menggunakan Batu Apung

Cara menghilangkan mata ikan yang bisa Anda lakukan pertama yaitu dengan menggosokkan batu apung pada mata ikan. Batu  apung ini akan membuat kulit yang terkena mata ikan akan menjadi lebih lunak. Pertama-tama rendamlah kaki di dalam air hangat, kemudian gosok dengan batu apung secara perlahan agar kulit mulai terkikis. Setelah itu, oleskan pelembab pada kulit agar menjaganya tetap halus dan lembab. 

  1. Menggunakan Bahan-Bahan alami

Selain batu apung, Anda juga bisa menggunakan beberapa bahan alami seperti nanas, kunyit, bawang putih, dan pepaya. Nanas memiliki kandungan enzim bromelain yang dapat melunakkan mata ikan dan meredakan rasa sakit. Selain itu, pepaya juga memiliki enzim papain yang dapat menghilangkan kulit mati. Cara menggunakannya yaitu dengan menghancurkan bahan-bahan alami tersebut lalu tempelkan pada mata ikan beberapa saat.

Baca Juga: Berbagai Macam Obat Mata Ikan Alami Yang Bisa Anda Gunakan

  1. Suntikan Kortikosteroid

Cara menghilangkan mata ikan yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan suntikan kortikosteroid. Kortikosteroid itu sendiri memiliki sifat anti peradangan yang sangat dibutuhkan dapat menghilangkan mata ikan. Pada umumnya, cara ini akan dilakukan apabila benjolan mata ikan yang Anda alami semakin mengganggu. Cara menghilangkan mata ikan yang satu ini hanya bisa dilakukan oleh dokter. 

  1. Oleskan Retinoid

Selain menggunakan kortikosteroid, untuk menghilangkan mata ikan juga bisa dilakukan dengan  retinoid. Pada umumnya, retinoid yang digunakan untuk menghilangkan mata ikan itu tretinoin topikal. Retinoid jenis ini berbentuk krim ataupun gel yang akan dioleskan ada mata ikan. Obat ini berguna dalam mengobati luka agar cepat sembuh. 

  1. Menggunakan Obat-Obatan

Anda juga bisa mendapatkan obat-obatan untuk menghilangkan mata ikan dengan mudah di apotek. Pada umumnya, obat yang akan diberikan dalam menghilangkan mata ikan berupa plester yang akan ditempelkan pada mata ikan. Namun perlu diperhatikan, plester ini memiliki kandungan asam salisilat yang bersifat panas dan dapat membakar kulit. Oleh karena itu, Anda perlu memerhatikan aturan pakainya dengan benar. 

  1. Operasi

Apabila mata ikan sudah semakin menyakitkan dan mengganggu, maka cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkannya yaitu dengan operasi. Cara ini dilakukan dengan memotong beberapa kulit yang menebal menggunakan pisau bedah untuk membuang mata ikan. Ketika menjalani operasi pengangkatan mata ikan, mungkin Anda akan merasakan sedikit rasa sakit. Akan tetapi, hal ini hanya berlangsung sementara dan akan membaik beberapa saat kemudian. 

  1. Pengobatan Laser

Cara menghilangkan mata ikan yang terakhir yaitu melalui pengobatan laser atau laser pulsed-dye. Cara melakukannya yaitu dengan membakar gumpalan darah pada area yang terinfeksi. Dengan begitu, benjolan akan terlepas karena jaringan yang terinfeksi telah mati. Cara menghilangkan mata ikan yang satu ini hanya membutuhkan waktu beberapa menit, sehingga tidak diperlukan rawat inap. Akan tetapi, untuk memastikan mata ikan benar-benar hilang diperlukan beberapa kali perawatan.

Nah itulah dia beberapa cara menghilangkan mata ikan yang bisa Anda lakukan. Jika Anda sedang tidak mengalami mata ikan, sebaiknya melakukan langkah pencegahan. Beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar terhindar dari mata ikan yaitu, menggunakan sepatu yang pas, menggunakan kaus kaki, menjaga kebersihan kaki, dan hindari menggunakan sepatu hak tinggi terlalu lama.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Tahapan Operasi Mata Ikan dan Cara Mencegahnya

 

Sumber:

1. NHS. 2018. Corns and calluses.

2. Cleveland Clinic. 2019. Corns and Calluses.

3. Mayo Clinic. 2019. Corns and calluses.

Bagikan artikel ini