Bantuan
Free Tele x

Tidak Hanya Menyikat Gigi, Ini Cara Menjaga Kesehatan Gigi

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Dec 2021

Bagikan

10 Cara Menjaga Gigi Agar Tetap Sehat

Tahukah Anda, bahwa menjaga kesehatan gigi tidak hanya dengan menyikat gigi? Ada banyak cara yang harus dilakukan untuk dapat menjaga kesehatan gigi.

Menjaga gigi tetap sehat akan membantu Anda menghindari berbagai masalah yang mungkin terjadi pada gigi. Lantas, apa saja cara menjaga kesehatan gigi tersebut? Temukan jawabannya di  bawah ini.

  1. Menyikat Gigi Dengan Benar

Tentu saja, hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi yaitu menyikat gigi dengan benar. Ketika Anda menyikat gigi, maka lakukanlah dengan perlahan dengan pola yang melingkar agar dapat menghilangkan plak di gigi.

Hindari menyikat gigi dengan terburu-buru karena hanya membuat gusi terluka dan berdarah. Setidaknya Anda harus menyikat gigi 2 kali dalam sehari terutama setelah makan. 

  1. Memilih Sikat Gigi yang Sesuai

Sikat gigi yang sesuai merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam menjaga kesehatan gigi. Pastikan Anda memilih sikat gigi yang memiliki sikat lembut dan mengganti sikat gigi jika terdapat sikat yang sudah bengkok. Hal ini karena, sikat yang sudah bengkok ataupun tumpuk dapat merusak gigi. 

  1. Menggunakan Obat Kumur

Selain menyikat gigi, obat kumur juga dapat Anda gunakan untuk menjaga kesehatan gigi. Penggunaan obat kumur tidaklah wajib, namun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mulut.

Obat kumur dapat memberikan mineral pada gigi, membantu mengurangi keasaman di mulut, dan membersihkan gusi dan gigi yang sulit disikat. Apabila Anda tidak memiliki obat kumur, Anda bisa menggunakan larutan air garam. 

  1. Menggunakan Benang Gigi

Cara menjaga kesehatan gigi yang selanjutnya yaitu flossing atau membersihkan gigi menggunakan benang gigi. Mungkin banyak diantara Anda yang belum mengenal ataupun belum menggunakan benang gigi ini.

Benang gigi dapat membantu membersihkan sela-sela gigi yang sulit dijangkau dengan sikat dan juga dapat mengurangi plak serta peradangan pada gigi. Sebaiknya, Anda membersihkan gigi dengan benang sebanyak satu kali setiap harinya.

  1. Menggunakan Pasta Gigi yang Mengandung Fluoride

Ternyata tidak sembarangan pasta gigi dapat menjaga kesehatan gigi Anda. Sebaiknya, ketika Anda memiliki pasta gigi, pastikan memiliki kandungan  fluoride. Pasta gigi yang mengandung fluoride sangat dianjurkan karena dapat melindungi gigi dari kerusakan dengan membasmi bakteri.

Baca Juga: Mudah dan Ampuh, Begini Cara Memutihkan Gigi dan Menghilangkan Karang Gigi

  1. Mengonsumsi Sayur dan Buah

Mengonsumsi sayur dan buah merupakan salah satu cara menjaga kesehatan gigi. Hal ini karena, sayuran segar dan renyah mampu menstimulasi gigi dan gusi dan menjaga kesehatan gigi. Hal inilah yang membuat konsumsi sayur dan buah menjadi penting, terutama pada anak-anak yang sedang mengalami masa pertumbuhan. 

  1. Minum Air Putih

Cara menjaga kesehatan gigi yang selanjutnya yaitu rajin minum air putih. Mengonsumsi air putih yang cukup tidak hanya mampu menghindari dari dehidrasi, tetapi berguna juga untuk menjaga kesehatan gigi. Hal ini karena, air putih dapat membersihkan sisa makan pada mulut dan gigi. Jadi, sebaiknya Anda minum air setelah makan. 

  1. Mengurangi Konsumsi Makanan Asam dan Bergula

Mungkin sejak kecil Anda sudah sering mendengar, bahwa makanan manis dapat merusak gigi. Hal ini ternyata benar, gula dapat menjadi asam di gigi sehingga mampu mengikis permukaan gigi yang akhirnya menyebabkan lubang pada gigi. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengurangi makan manis dan asam. 

  1. Menghindari Rokok

Apabila Anda merupakan perokok, segeralah untuk berhenti. Pasalnya rokok tidak hanya menyebabkan kanker paru-paru, tetapi juga dapat menyebabkan berbagai masalah pada gigi dan mulut. Kandungan nikotin dan juga tar dalam rokok akan memberikan warna kuning pada gigi, serta dapat merusak gusi dan tulang yang menyokong gigi. 

  1. Memeriksakan Gigi Secara Rutin

Cara menjaga kesehatan gigi yang terakhir yaitu memeriksakan gigi secara rutin. Dengan memeriksakan gigi secara rutin, maka Anda dapat mengetahui seberapa jauh kondisi kesehatan gigi. Apabila terdapat masalah, maka dapat ditangani sedini mungkin. Oleh karena itu, setidaknya Anda perlu melakukan pemeriksaan gigi dua kali dalam setahun.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi. Agar gigi Anda selalu sehat, maka rutinlah melakukan cara yang telah dijelaskan di atas.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Rasa Sakitnya Tak Tertahankan, Berikut Ini Beberapa Obat Sakit Gigi Alami yang Mudah Didapatkan

 

Sumber:

Cherney, Kristeen. 11 Ways to Keep Your Teeth Healthy. (2019)

Tag :
Bagikan artikel ini