Bantuan

Mengenal Berbagai Jenis Gigi dan Fungsinya untuk Tubuh Manusia

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 17 Mar 2022

Bagikan

jenis gigi dan fungsinya

Sudah Anda tahu apa saja jenis gigi dan fungsinya? Gigi merupakan salah satu bagian tubuh yang cukup rumit. Pasalnya setiap jenis gigi memiliki fungsinya masing-masing mulai dari memotong hingga mengunyah makanan. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai berbagai jenis gigi dan fungsinya. 

Anatomi Gigi

Sebelum Anda mengetahui apa saja jenis gigi dan fungsinya, Anda juga perlu mengetahui anatomi gigi terlebih dahulu. Berikut ini beberapa anatomi gigi yang perlu Anda ketahui. 

  1. Enamel

Enamel merupakan bagian terluar dari gigi yang memiliki tekstur paling keras dan berwarna putih. Di dalam enamel terdapat 95% kalsium yang bertugas untuk melindungi jaringan vital yang ada di dalam gigi. Perlu diketahui bahwa enamel gigi tidak dapat memperbaiki dirinya sendiri ketika terjadi pembusukan. 

  1. Dentin

Pada lapisan bawah enamel terdapat jaringan keras yang memiliki tabung kecil atau disebut juga dengan dentin. Apabila terjadi kerusakan pada enamel yang disebabkan oleh suhu panas atau suhu dingin,  maka akan menyebabkan sensitivitas gigi atau munculnya rasa sakit. 

  1. Cementum

Cementum merupakan lapisan jaringan yang berwarna kuning dan mengikat akar gigi ke tulang rahang dan gusi. Tugas dari cementum ini sama dengan enamel yaitu untuk melindungi jaringan vital dalam gigi. 

  1. Pulpa

Pulpa merupakan lapisan paling dalam gigi yang terdapat pembuluh darah dan saraf. Pulpa ini berfungi dalam memberikan nutrisi dan juga sinyal ke pada gigi. Tidak hanya itu, di pulpa juga terdapat pembuluh getah bening yang akan membawa sel darah putih dalam melawan bakteri.

Jenis Gigi dan Fungsinya

Berbagai anatomi yang telah dijelaskan sebelumnya sama di setiap jenis gigi. Lalu apa saja berbagai jenis gigi dan fungsinya tersebut? Simak penjelasan mengenai jenis gigi dan fungsinya di bawah ini. 

  1. Gigi Seri

Jenis gigi yang pertama yaitu gigi seri yang berjumlah 4 pada bagian atas dan 4 lagi pada bagian bawah. Gigi seri ini memiliki bentuk menyerupai alat ukur kecil dengan  fungsi utama yaitu untuk menggigit makanan. Oleh karena itu, jenis gigi ini menjadi bagian yang paling sering digunakan untuk menggigit makanan pertama kali. Selain itu, gigi seri ini merupakan gigi yang paling pertama muncul. Ketika anak-anak, gigi seri ini masih berupa gigi susu yang akan tanggal setelah anak memasuki usia 6 hingga 8 tahun. 

  1. Gigi Taring

Setelah gigi sering, jenis gigi yang selanjutnya yaitu gigi taring. Pada orang dewasa, gigi taring berjumlah 4 yang mana 2 terletak di atas dan 2 terletak di  bawah. Letak dari gigi taring ini yaitu di sebelah gigi seri. Jenis gigi yang satu ini merupakan  jenis gigi yang sangat mudah dikenali karena memiliki bentuk yang lancip. Gigi taring ini akan tumbuh ketika telah memasuki usia 9 tahun dan pada usia 11 hingga 12 tahun gigi taring atas akan tumbuh. 

  1. Gigi Geraham

Pada orang dewasa, gigi geraham berjumlah 12 gigi yang mana 6 terletak di atas dan 6 terletak di bawah. Namun 4 diantaranya merupakan gigi geraham bungsu yang tumbuh saat memasuki usia 17 hingga 21 tahun. Dari semua jenis gigi, gigi geraham merupakan gigi yang paling besar dan paling kuat, selain itu, gigi geraham juga memiliki permukaan besar yang bertujuan untuk menghancurkan makanan. Nantinya makanan yang telah dikunyah gigi seri akan dihancurkan oleh gigi  geraham agar mudah untuk ditelan.

  1. Gigi Premolar

Jenis gigi yang terakhir yaitu gigi premolar yang terletak sebelum gigi geraham dan setelah gigi taring. Pada orang dewasa, gigi premolar berjumlah 8 di mana 4 berada di atas dan 4 berada di bawah. Selain itu, ukuran gigi premolar juga lebih besar apabila dibandingkan dengan gigi seri dan gigi taring. Fungsi dari gigi premolar yaitu untuk menghancurkan makanan menjadi lebih kecil sehingga menjadi lebih mudah untuk ditelan. 

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai anatomi gigi, jenis gigi, dan fungsinya. Mengingat fungsi gigi ini sangat penting, Anda sebaiknya menjaga kesehatan gigi dengan serius. Pastikan Anda rutin menyikat gigi dan memeriksakannya ke dokter untuk mendeteksi masalah pada gigi. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Mengganggu Penampilan, Berikut Ini Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Membandel

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Mulut & Gigi

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

Mouth Healthy. Tooth. https://www.mouthhealthy.org/en/az-topics/t/tooth 

VC Dental. Tooth Anatomy Education. https://www.vcdental.com.au/tooth-anatomy-education/

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Mulut & Gigi

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang