Bantuan

Jangan Sampai Mengganggu Penampilan, Ini Cara Menghilangkan Gigi Hitam yang Bisa Anda Lakukan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 06 Apr 2022

Bagikan

cara menghilangkan gigi hitam

Sudahkah Anda tahu bagaimana cara menghilangkan gigi hitam? Memiliki gigi yang bersih dan putih merupakan keinginan semua orang. Akan tetapi, memiliki gigi putih ini mungkin sulit didapatkan oleh beberapa orang terutama pada mereka yang memiliki kebiasaan buruk seperti merokok dan jarang menyikat gigi. Tentu kondisi ini dapat menyebabkan gigi akan berubah warna menjadi kuning bahkan hitam. 

Apabila Anda memiliki gigi hitam, tentu saja membuat senyuman menjadi tidak enak dipandang. Pada beberapa orang mungkin gigi hitam ini akan menghilangkan kepercayaan diri. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena gigi hitam ini bisa dihilangkan dengan beberapa cara. 

Penyebab Gigi Hitam

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara menghilangkan gigi hitam, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa hal yang menyebabkan gigi menjadi hitam. Apabila Anda berhasil menghilangkan gigi hitam namun tetap melakukan beberapa penyebabnya, maka gigi hitam bisa saja kembali muncul. Lantas, apa saja penyebab gigi hitam tersebut? Berikut ini beberapa penyebab gigi hitam yang perlu Anda hindari. 

  • Terlalu sering mengonsumsi produk yang berwarna gelap seperti kopi.

  • Terlalu banyak mengonsumsi tembakau, baik dalam bentuk rokok atau mengunyahnya secara langsung.

  • Penggunaan pasta gigi atau larutan kumur yang terbuat dari chlorhexidine dan cetylpyridinum chloride

  • Munculnya karang gigi karena sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan. 

Cara Menghilangkan Gigi Hitam

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan karang gigi, mulai dari yang alami hingga medis. Jika Anda bisa konsisten dalam menjalaninya, maka cara alami mungkin bisa Anda coba. Akan tetapi, bagi Anda yang menginginkan hasil yang instan, sebaiknya pilih metode medis. Adapun cara menghilangkan gigi hitam baik secara alami dan medis yaitu sebagai berikut. 

  1. Menyikat gigi dengan teratur

Cara menghilangkan gigi hitam sekaligus untuk menjaga kesehatan gigi secara keseluruhan yaitu menyikat gigi dengan teratur. Sangat dianjurkan untuk Anda menggosok gigi setidaknya dua kali dalam sehari. Menggosok gigi ini akan membantu menghilangkan sisa-sisa makanan yang menempel di gigi. Untuk lebih maksimal, Anda bisa menggunakan benang gigi untuk mengangkat sisa makanan di sela-sela gigi yang sulit terjangkau oleh sikat gigi. 

  1. Menggunakan garam

Sudah sejak lama garam dikenal sebagai bahan alami yang bermanfaat untuk kesehatan gigi seperti membantu menyembuhkan sakit gigi. Namun ternyata, garam juga dipercaya mampu menghilangkan gigi yang hitam. Pasalnya, garam memiliki beberapa mineral yang mampu membersihkan bintik-bintik yang ada di gigi secara bertahan. Jika Anda ingin menggunakan cara yang satu ini, cukup campurkan pasta gigi dengan beberapa garam lalu gunakan menyikat seperti biasa. 

  1. Mengunyah sayuran hijau

Selain memiliki banyak nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Sayuran hijau juga bisa digunakan untuk menghilangkan gigi yang hitam. Cara menggunakannya yaitu dengan mengunyah sayuran hijau yang mentah seperti seledri dan selada. Dengan mengunyah sayuran tersebut, maka gigi akan menjadi putih. Namun, cara yang satu ini masih memerlukan pembuktian secara medis. 

  1. Membersihkan karang gigi

Seperti yang disebutkan sebelumnya, salah satu penyebab gigi hitam yaitu karena karang gigi yang terbentuk terlalu banyak. Mungkin pada awalnya karang ini terlihat berwarna kuning. Namun setelah sekian lama, maka akan berubah warna menjadi gelap. Oleh karena itu, jika Anda ingin cara instan agar gigi kembali putih yaitu dengan cara membersihkan karang gigi tersebut. 

  1. Melakukan bleaching gigi

Cara menghilangkan gigi hitam yang bisa Anda lakukan terakhir yaitu dengan melakukan bleaching gigi. Bleaching gigi merupakan suatu prosedur di mana mengembalikan warna gigi menjadi putih kembali. Walaupun disebutkan memutihkan kembali, mungkin hasilnya tidak seratus persen gigi menjadi putih.

Nah, itulah dia beberapa penjelasan mengenai cara menghilangkan gigi hitam yang bisa Anda lakukan. Perlu diingat, gigi hitam merupakan akibat dari kebiasaan buruk yang sering Anda lakukan. Jadi, jika ingin memiliki gigi putih dan bersih, maka Anda harus rajin merawat kebersihan mulut dan gigi.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Perawatan Scaling: Mengenal Cara dan Harga Bersihkan Karang Gigi

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Mulut & Gigi

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Johnson, Jon. 2022. Why do teeth turn black?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321777

Cleveland Clinic. Tooth Discoloration. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/10958-tooth-discoloration#management-and-treatment

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Mulut & Gigi

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang