Bantuan

Cara Menghilangkan Karang Gigi Dengan Baking Soda, Amankah?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 16 Dec 2021

Bagikan

Menghilangkan Karang Gigi Dengan Baking Soda, Amankah?

Amankah cara menghilangkan karang gigi dengan baking soda? Karang gigi adalah kondisi dimana terjadi penumpukan keras yang berwarna kuning kecoklatan. Tumpukan ini melekat pada gigi, dan cara membersihkannya pun tidak semudah saat membersihkan plak gigi.

Tidak menutup kemungkinan dibutuhkan perawatan ke dokter gigi untuk mengatasi atau menghilangkan karang gigi tersebut. Namun, Anda jangan khawatir karena ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan sendiri, untuk menghilangkan karang gigi. 

Pada awalnya karang gigi terbentuk dari plak, yang mana muncul karena tumpukan dari sisa makanan. Kemudian, bercampur dan berkumpul dengan bakteri dan air liur. Biasanya, plak ini terletak di bagian lapisan luar gigi dan juga tepi gigi, yang mana apabila tidak dibersihkan dengan baik, maka akan mengeras lalu menjadi karang gigi. 

Cara Menghilangkan Karang Gigi

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa Anda dapat menghilangkan karang gigi menggunakan beberapa bahan tertentu. Salah satunya yang terkenal adalah menggunakan baking soda. Caranya juga sangatlah mudah, Anda hanya perlu mencampur satu sendok makan baking soda dengan garam, serta sedikit air.

Jika sudah, maka Anda dapat menggunakan campuran bahan tersebut sebagai pasta gigi. Lalu, amankah cara menghilangkan karang gigi dengan baking soda ini? Tentu saja segala sesuatu yang berlebih tidak baik. Penggunaan baking soda bisa juga harus diwaspadai, karena sifatnya yakni korosif.

Selain itu, baking soda juga tidak mengandung flouride, yang mana berguna untuk mencegah gigi berlubang. Sehingga, sudah sebaiknya penggunaan baking soda sebagai pasta gigi tidak berlebihan. Simak cara menghilangkan karang gigi dengan beberapa bahan alami di bawah ini:

  1. Kulit Jeruk

Tahukah Anda selain cara menghilangkan karang gigi dengan baking soda, ada juga bahan lain yakni dengan kulit jeruk. Bahkan alami satu ini bahkan diyakini sangat efektif untuk mengatasi atau membersihkan karang gigi. Penggunaannya sangat mudah yakni gosokkan bagian dalam kulit jeruk ke permukaan gigi dan juga gusi Anda.

Jika Anda merasa kesulitan dengan cara ini, karena area gigi dimana terdapat karang gigi sulit dijangkau, maka dapat mencoba cara kedua. Dimana Anda hanya perlu membuat pasta gigi dari kulit jeruk, yakni dengan menumbuk bagian dalam kulit jeruk sampai membentuk pasta. Kemudian, Anda dapat mencampurkannya dengan air yang secukupnya. Setelah itu, Anda dapat menggunakannya seperti pasta gigi biasa.

Baca Juga: Mudah dan Ampuh, Begini Cara Memutihkan Gigi dan Menghilangkan Karang Gigi

  1. Baking Soda dan Garam

Cara menghilangkan karang gigi dengan baking soda dan garam juga sangat mudah untuk dilakukan. Cara ini bisa Anda lakukan ketika karang gigi sudah ada, atau untuk mencegah kembalinya karang gigi. Berikut cara membersihkan karang gigi dengan e dan garam sebagai campurannya:

  1. Persiapkan satu sendok makan baking soda dan garam

  2. Campur baking soda tersebut dengan garam secukupnya

  3. Gunakan seperti pasta gigi biasa

  4. Gosok sampai ke seluruh permukaan gigi dengan baik, terutama pada bagian yang terdapat banyak karang giginya

  5. Jika sudah, kumur sampai gigi bersih

  1. Aloe Vera

Bahan selanjutnya adalah aloe vera atau lidah buaya. Aloe vera sendiri memiliki banyak sekali manfaat yakni seperti untuk pelembab wajah dan badan, masker rambut dan wajah, mengobati luka, dan lain sebagainya. Namun, tahukan Anda bahwa aloe vera dapat digunakan untuk membersihkan karang? Anda hanya perlu mencampur satu sendok teh gel aloe vera, minyak lemon, air secukupnya, dan tidak ketinggalan empat sendok teh gliserin. Anda dapat menggunakan campuran ini untuk scrub gigi di malam hari, sebelum Anda tidur. Cara ini dapat dilakukan setiap hari, sampai karang gigi atau plak hilang seluruhnya. 

Selain beberapa cara dengan bahan alami tersebut, Anda juga dapat menggunakan pasta gigi yang memiliki kandungan vitamin C alami. Dimana pasta gigi dengan vitamin C tak hanya membantu menghilangkan karang gigi, namun dapat membunuh bakteri. Apabila Anda sudah melakukan cara diatas, namun hasil nihil maka alangkah baiknya ke dokter gigi. Untuk segera karang gigi dapat dibersihkan atau biasa disebut scaling.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Tidak Hanya Menyikat Gigi, Ini Cara Menjaga Kesehatan Gigi

 

Referensi:

1. Medical News Today

2. Bloor West Smiles Dental, natural ways remove tartar

3. Sabka Dentist

4. Carefree Dental

Bagikan artikel ini