Bantuan
Free Tele x

Mudah dan Ampuh, Begini Cara Memutihkan Gigi dan Menghilangkan Karang Gigi

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Sep 2021

Bagikan

Mudah dan Ampuh, Begini Cara Membersihkan Karang Gigi & Memutihkan Gigi

Sudahkah Anda tahu bagaimana cara membersihkan karang gigi dan memutihkan gigi? Menjaga kesehatan gigi merupakan suatu hal yang penting dan tidak cukup hanya dengan menggosok gigi. Anda juga perlu menjauhi kebiasaan buruk agar gigi tidak menguning.

Tidak hanya itu, karang gigi yang tercipta akibat sisa-sisa makanan juga perlu diperhatikan. Karang gigi ini bisa menyebabkan kerusakan pada gigi. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara memutihkan gigi dan menghilangkan karang gigi.

Lantas, bagaimanakah cara memutihkan gigi dan menghilangkan karang gigi? Jangan khawatir, karena di bawah ini akan dijelaskan bagaimana cara memutihkan gigi dan menghilangkan karang gigi.

Cara Memutihkan Gigi

  1. Baking Soda

Cara memutihkan gigi yang pertama yaitu menggunakan baking soda. Baking soda memiliki tekstur agak kasar yang akan mengikis noda pada gigi. Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa pasta gigi yang memiliki kandungan baking soda efektif dalam memutihkan gigi. Selain itu, baking soda juga bersifat basa sehingga dapat menetralkan keasaman dalam rongga mulut. 

  1. Minyak Kelapa

Selain baking soda, Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa untuk memutihkan gigi. Caranya yaitu dengan berkumur menggunakan minyak kelapa atau dikenal dengan teknik oil pulling. Hal ini karena minyak kelapa memiliki kandungan senyawa asam laurat yang bisa membasmi plak serta bakteri yang menyebabkan gigi menguning. 

  1. Berhenti merokok

Cara memutihkan gigi yang selanjutnya yaitu dengan berhenti merokok. Rokok atau lebih tepatnya tembakau adalah salah satu penyebab noda pada gigi sulit dibersihkan. Semakin lama seseorang merokok, maka noda yang disebabkan tembakau akan semakin dalam dan menyebabkan berbagai masalah seperti, radang gusi hingga kanker. 

  1. Pola Makan Sehat

Cara memutihkan gigi yang terakhir yaitu dengan menerapkan pola makan yang sehat. Anda perlu menghindari makanan manis dan memperbanyak makanan segar seperti buah dan sayuran. Sebaiknya Anda memilih makanan yang mengandung serat untuk meningkatkan produksi air liur agar dapat menghilangkan zat yang merusak gigi. 

Baca Juga: Bagaimana Cara Mencegah Karies Gigi Dan Apa Perbedaannya Dengan Gigi Berlubang

Cara Menghilangkan Karang Gigi

  1. Sikat Gigi Minimal 2 Kali Sehari

Cara menghilangkan karang gigi yang paling pertama yaitu sikat gigi minimal 2 kali dalam sehari pada saat habis sarapan dan sebelum tidur. Ketika menyikat gigi, lakukanlah dengan lembut agar tidak melukai gusi. Selain itu, pastikan Anda menyikat setiap bagian gigi agar tidak ada sisa makanan yang masih menempel. 

  1. Bersihkan Gigi dengan Benang Gigi

Menyikat gigi saja tidak cukup untuk membersihkan sisa-sisa makanan, terutama pada bagian yang tidak terjangkau oleh sikat gigi. Oleh karena itu, untuk dapat membersihkan bagian yang sulit dijangkau sikat gigi, gunakanlah benang gigi. Sebaiknya Anda menggunakan benang gigi sebelum menggosok gigi, agar sisa makanan tidak semakin terdorong lebih dalam. 

  1. Gunakan Obat Kumur

Cara menghilangkan karang gigi yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan obat kumur. Obat kumur akan membantu merontokkan plak dan sisa makanan. Tidak hanya itu, obat kumur juga akan membuat nafas Anda menjadi lebih segar dan terhindar dari bau mulut. Akan tetapi, sebaiknya Anda menghindari menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol. 

  1. Membersihkan Lidah

Membersihkan lidah merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan karang gigi. Hal ini karena 50% bakteri yang ada di mulut bersarang pada permukaan lidah. Campuran bakteri dan air liur akan membentuk plak dan hanya bisa dihilangkan dengan membilasnya menggunakan air atau obat kumur. 

  1. Scaling

Cara paling ampuh dalam menghilangkan karang gigi yaitu dengan scaling. Scaling dilakukan untuk menghilangkan plak yang sudah mengeras dan menebal. Membersihkan karang gigi dengan scaling dibutuhkan alat khusus yang dapat merontokkan karang pada sela-sela gigi dan bagian garis gusi. Scaling dianjurkan untuk dilakukan setiap enam bulan sekali.

Nah, itulah beberapa cara memutihkan gigi dan menghilangkan karang gigi. Mulailah untuk menjaga kesehatan gigi Anda mulai dari sekarang. Gigi yang menguning dapat membuat Anda tidak percaya diri ketika berbicara. Tidak hanya itu, karang gigi yang tidak diatasi juga dapat menyebabkan berbagai masalah seperti penyakit pada gigi dan bau mulut.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Sakit Gigi Tanpa Obat yang Bisa Dicoba di Rumah

 

Sumber: 

1. Bell, Becky. 6 Simple Ways to Naturally Whiten Your Teeth at Home (2019) 

2. Parker, Hilary. What is Tartar? 6 Tips to Control Buildup (2020)

3. Eske, Jamie. Removing plaque and tartar from teeth  (2019)

Tag :
Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami