Tidak Hanya Istilah Herd Immunity, Ternyata Ada Juga Istilah Herd Stupidity Simak Penjelasannya disini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 21 Sep 2021

Bagikan

Tidak Hanya Istilah Herd Immunity, Ternyata Ada Juga Istilah Herd Stupidity Ketahui Penjelasannya disini

Selain istilah herd immunity atau kebal terhadap virus, adapun istilah herd stupidity yang merupakan sikap abai masyarakat ataupun pemerintah terhadap pandemi Covid-19, sehingga menimbulkan lonjakan kasus Covid-19 semakin meningkat di Indonesia. Selain terjadinya lonjakan sejumlah kasus disebabkan karena tidak patuhnya masyarakat terhadap protokol kesehatan, juga terdapat beberapa varian baru Corona. 

Lantas, apa penyebab herd stupidity? Berikut beberapa penyebab sikap herd stupidity dan cara menghindarinya yang perlu Anda ketahui:

Penyebab sikap herd stupidity

  1. Merasa kebal karena sudah divaksin

Salah satu sikap herd stupidity ialah merasa kebal karena sudah divaksin. Namun perlu Anda ketahui vaksin tidak 100% bisa membuat Anda terbebas dari virus Covid-19. Setiap vaksin memiliki persentase efikasi yang berbeda, artinya jika salah satu vaksin memiliki efikasi 60%, maka 40% dari mereka yang telah divaksin masih ada kemungkinan untuk tertular. Maka dari itu protokol kesehatan, tetap harus dilaksanakan.

  1. Merasa lelah dengan pandemi

Herd stupidity  juga muncul ketika sebagian dari Anda sudah merasa lelah dengan pandemi, tidak bisa kemana-mana dan emosi, sehingga banyak sekali masyarakat yang akhirnya tetap keluar rumah dan mengabaikan protokol kesehatan yang disediakan pemerintah. Perilaku seperti ini justru akan membuat angka kasus penularan Covid-19 semakin tinggi dan tidak kunjung reda.

  1. Korupsi dana penanganan Covid-19

Korupsi di tengah pandemi membuat masyarakat abai terhadap beragam peraturan yang diterapkan oleh pemerintah. Rasa tidak percaya masyarakat terhadap pemerintah menimbulkan beragam kebijakan tidak dipatuhi. Tidak hanya itu, salah satu pemicunya juga bisa disebabkan oleh tidak sepadannya bantuan yang diterima masyarakat dengan kebijakan yang telah dibuat dan melumpuhkan ekonomi masyarakat untuk memenuhi kehidupan sehari-hari.

  1. Tidak konsistennya sikap pemerintah

Tidak konsistennya sikap pemerintah dalam menerapkan peraturan bisa menimbulkan herd stupidity. Salah satu contohnya ialah ketika kebijakan larangan mudik diberlakukan, ternyata masih banyak masyarakat yang lolos untuk mudik, karena tidak adanya tindakan tegas dari pemerintah untuk melarang masyarakat pergi mudik, yang kemudian diikuti oleh sebagian orang lainya.

Cara menghindari herd stupidity 

Perilaku herd stupidity  bisa terbentuk karena kesalahan bersama, bukan karena salah satu pihak saja. Berikut beberapa sikap yang bisa Anda lakukan untuk menghindari herd stupidity , di antaranya:

  1. Selalu menjaga kesehatan

Cara menghindari sikap herd stupidity  ialah dengan tetap menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan, sebab Anda tidak akan pernah tau kapan imun tubuh Anda turun. Maka dari itu penting bagi Anda untuk tetap menjaga kesehatan, baik dengan minum air putih, tidur yang cukup, dan juga menghindari makanan yang tidak bersih.

  1. Tetap di rumah

Bagi Anda yang tidak memiliki kesibukan yang penting di luar rumah, sebaiknya tetap di rumah untuk menghindari tempat-tempai ramai yang berisiko untuk Anda. Dengan tetap di rumah, bisa menjaga diri dan keluarga dari risiko penularan Covid-19. Jika Anda merasa bosan, Anda bisa mengerjakan beberapa aktivitas positif lain seperti memasak, olahraga di sekitar rumah, ataupun berkebun.

  1. Mematuhi protokol kesehatan

Walaupun banyak masyarakat lain yang memilih untuk melanggar protokol kesehatan, sebaiknya Anda tidak mengikuti jejak kelompok masyarakat tersebut. Tetap patuhi protokol kesehatan ketika berada di luar rumah dan selalu mencuci tangan di manapun Anda berada, hal ini bisa membantu Anda dan sekitar untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19.

  1. Solidaritas sosial

Pandemi Covid-19 membuat ekonomi sebagian besar masyarakat lumpuh, pendapatan berkurang dari biasanya, sehingga berpengaruh terhadap kesehatan pikiran maupun imunitas tubuh. Untuk mengurangi sikap herd stupidity bisa Anda mulai dengan melakukan solidaritas sosial, seperti membantu mereka yang terdampak dengan memberikan sembako atau bantuan secara finansial, untuk mengurangi beban sesama.

Sikap herd stupidity  menyebabkan angka penularan Covid-19 di Indonesia semakin meningkat. Berbagai faktor sikap abai dari masyarakat bisa disebabkan oleh belum tepatnya kebijakan yang diterapkan pemerintah selama pandemi, sehingga membuat sebagian dari Anda kurang simpati terhadap serangkaian kebijakan yang diberlakukan. Meskipun demikian, beberapa sikap herd stupidity tersebut harus Anda hindari dengan tetap menjaga diri, keluarga dan saling mengingatkan sesama.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Kerap Terdengar, Apa itu Herd Immunity dan Bagaimana Hubungannya dengan Pandemi COVID-19?


Sumber :

Rafferty, Emmet. HERD STUPIDITY . 2020. 

Frieden, tom. Covid Epi Weekly: Immunizing Against Herd stupidity . 2020.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi