Memahami Sesuatu Tanpa Pemikiran Logis, Intuisi Adalah?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Sep 2021

Bagikan

Memahami Sesuatu Tanpa Pemikiran Logis, Intuisi Adalah?

Tahukah Anda bahwa intuisi adalah suatu hal yang dimiliki oleh setiap manusia? Apabila Anda pernah berada pada situasi di mana Anda langsung bertindak tanpa harus berpikir panjang, maka itu berarti Anda tengah mengandalkan intuisi Anda. Dengan begitu, dapat dipahami bahwa intuisi adalah suatu hal yang dapat terjadi kapan saja, di mana saja, dalam kondisi apa pun. 

Apa itu intuisi?

Banyak orang yang memaknai bahwa Intuisi adalah suatu perasaan yang mampu mengatakan kepada Anda mengenai baik buruknya segala sesuatu dan mengenai sudah benar atau salahkah tindakan Anda. Namun sebenarnya, apa itu intuisi? 

Intuisi sejatinya bukanlah hal yang logis, bukanlah hasil dari serangkaian pertimbangan yang dapat dibagi ataupun dijelaskan. Sebaliknya, proses dari intuisi itu terjadi secara natural, cepat, dan berdasarkan insting. Intuisi ini dapat timbul dari keseharian Anda, dan bahkan dalam situasi-situasi di mana Anda mengambil keputusan yang penting sekalipun. 

Bagaimana cara intuisi bekerja?

Pada dasarnya, intuisi adalah sebuah firasat. Firasat ini hadir dan dibuat di alam bawah sadar pikiran Anda, yang dalam hal ini dengan cepat menyaring pengalaman  dan juga pengetahuan Anda mengenai suatu hal. Pengalaman dan pengetahuan tersebut kemudian diubah menjadi ide dan gagasan yang dalam hal ini disebut intuisi. 

Mengapa intuisi itu penting?

Banyak orang yang menganggap remeh intuisi, padahal intuisi memiliki peran cukup penting. Hal ini karena intuisi dapat membantu Anda dalam membuat keputusan yang tepat. Tidak hanya itu, intuisi juga seringkali dapat mengetahui apa yang terbaik. Para ahli telah mengatakan bahwa intuisi sudah mengetahui jawaban yang benar sebelum Anda menyadarinya. Terkadang intuisi tahu apa yang seharusnya Anda pilih dari pada harus membuang waktu yang lama dalam menganalisis sesuatu. Oleh karena itu, Anda tidak boleh menganggap remeh gagasan yang muncul dari intuisi Anda. 

Cara mengasah intuisi dengan benar

Setiap orang memiliki intuisi nya masing-masing, akan tetapi seiring berjalannya waktu intuisi dapat menjadi lebih tajam. Lantas, bagaimana cara mengasah intuisi agar menjadi lebih tajam? Temukan jawabannya di bawah ini. 

  1. Menulis jurnal khusus

Cara mengasah intuisi adalah dengan menulis setiap kali Anda merasakan intuisi muncul. Intuisi bisa muncul melalui sensasi, mimpi, atau pikiran-pikiran yang instan. Dengan menulis setiap kali Anda merasakan intuisi yang muncul, maka Anda bisa menyadari kapan akan hadirnya intuisi. Anda juga dapat mengetahui akurasi dari gagasan yang berasal dari intuisi Anda. Apabila Anda merasa sulit memulai menulis jurnal, mulailah dengan menulis hal-hal yang Anda pelajari setiap harinya. 

  1. Memperhatikan alam sekitar

Memperhatikan alam sekitar juga dapat membantu Anda mengasah intuisi. Hal ini karena alam sekitar akan membuat perasaan menjadi lebih tenang dan fokus. Pada dasarnya, efek yang Anda alami pada saat di alam sama halnya ketika Anda melakukan meditasi. Ketika Anda merasa fokus dan tenang, cobalah untuk menanyakan pada diri sendiri mengenai solusi dari sebuah masalah. Setelah itu, fokuslah pada pertanyaan tersebut dan lupakan sejenak. Selain itu, cobalah untuk menikmati suasana alam sekitar dan ambil benda-benda sekitar. Mulailah bertanya apa ide yang keluar setelah Anda mengambil benda-benda tersebut. 

  1. Berdiskusi dengan orang lain

Cara lain dalam mengasah intuisi adalah berdiskusi dengan orang lain. Cobalah mencari teman yang dapat diajak berdiskusi mengenai gagasan-gagasan instan. Cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan membaca buku ataupun menonton film, dan berdiskusi. Tidak hanya itu, Anda juga bisa berbagi jurnal yang telah Anda tulis dengan teman Anda. Anda juga bisa berbagi inspirasi atau gagasan mengenai intuisi yang Anda miliki. 

Demikianlah penjelasan mengenai seluk beluk intuisi dan cara mengasahnya. Meskipun intuisi terbilang cepat, dan penting, sebaiknya Anda tidak gegabah dan menggantungkan semua keputusan penting dan urgent Anda berdasarkan intuisi ini, karena bisa saja otak Anda salah dalam menganalisis keadaan, dan kemudian pilihan berdasarkan intuisi Anda tersebut ternyata tidak menjadi solusi atau bahkan hanya memperpanjang masalah.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mengenali Insecure: Perasaan Tak Nyaman yang Mengganggu


Sumber:

Can I Develop My Intuition?.  

2016. Intuition – It’s More Than a Feeling

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi