Kerap Terdengar, Apa itu Herd Immunity dan Bagaimana Hubungannya dengan Pandemi COVID-19?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Aug 2021

Bagikan

Kerap Terdengar, Apa itu Herd Immunity dan Bagaimana Hubungannya dengan Pandemi COVID-19?

Tahukah Anda apa itu herd immunity? Selama masa pandemi COVID 19, istilah herd immunity menjadi salah satu istilah yang kerap terdengar. Dalam hal ini, herd immunity dianggap sebagai salah satu hal yang dapat digunakan dalam melawan COVID 19.

Nah, untuk menjawab pertanyaan apa itu herd immunity? Ada baiknya Anda menyimak penjelasan mengenai pengertiannya berikut ini. Setelah itu, akan dibahas pula hubungan herd immunity dengan pandemi COVID 19 dan serta cara yang dapat dilakukan untuk mencapainya. 


Apa itu Herd Immunity?

Herd immunity jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia mengandung arti kekebalan kelompok. Lantas apa yang dimaksud dengan kekebalan kelompok itu sendiri adalah sebuah kondisi di mana sebagian besar orang dalam sebuah komunitas atau kelompok, telah kebal terhadap suatu penyakit menular tertentu. 

Ketika kondisi ini tercapai, akan tercipta suatu perlindungan secara tidak langsung bagi orang lain yang tidak kebal terhadap penyakit. Mengapa demikian? Ketika sebagian besar anggota komunitas telah kebal terhadap virus, maka akan semakin banyak pula orang yang tidak akan jatuh sakit dan pada akhirnya menyebarkan virus tersebut. Pada akhirnya, angka pasien yang sakit akibat tertular virus akan menjadi lebih sedikit, dan penularan dapat lebih dikendalikan. Lama-kelamaan, apabila protokol kesehatan diterapkan dengan baik, virus ini akan benar-benar hilang dari komunitas tersebut sepenuhnya. 


Hubungan herd immunity dengan pandemi COVID 19

Dari penjelasan sebelumnya, Anda mungkin sudah sedikit terbayang mengenai hubungan herd immunity ini dengan pandemi COVID 19. Sebagaimana yang telah diketahui bersama, pandemi COVID 19 disebabkan virus corona yang dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain dengan mudah. Nah, sama seperti penjelasan di atas, pandemi ini diharapkan akan berakhir ketika semakin banyak dari masyarakat yang telah kebal terhadap virus COVID 19. 

Hingga kini, telah diketahui bahwa penyintas COVID 19 ternyata memiliki respons imun tertentu, yang membuatnya lebih kebal terhadap virus tersebut. Meskipun demikian, hal ini masih terus diteliti, mengingat masih belum diketahui penjelasan mengenai seberapa kuat dan lama respons imun dalam melindungi infeksi virus ini. Terlebih lagi belakangan ini kita sudah sering mendengar mengenai timbulnya varian baru dari virus penyebab COVID 19 yang lebih kuat dan menular. 


Cara Mencapai Herd Immunity

Herd immunity memungkinkan mengakhiri pandemi COVID-19 yang saat ini terjadi. Akan tetapi, bagaimanakah cara mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok tersebut? Dalam mencapai herd immunity bisa dilakukan dalam 2 cara yaitu, melakukan vaksin atau sebagian besar telah terinfeksi. Untuk lebih detailnya, simak penjelasan di bawah ini. 

  1. Sebagian besar populasi telah terinfeksi

Cara dalam mencapai herd immunity yang pertama yaitu harus sebagian besar populasi telah terinfeksi. Orang yang telah terinfeksi virus akan mendapatkan kekebalan alami. Hal ini karena, orang yang telah terinfeksi akan menciptakan antibodi dari virus tertentu yang telah menginfeksi diri. Sehingga, pada saat virus tersebut kembali menyerang, maka antibodi akan melawannya. Akan tetapi, mencapai herd immunity dengan cara ini sangatlah beresiko karena bisa menyebabkan orang yang terinfeksi mengalami gejala yang parah atau kematian.  

  1. Sebagian besar populasi telah di vaksin

Dalam mencapai herd immunity, bisa dilakukan dengan cara pemberian vaksin. Akan tetapi, jumlah orang yang telah divaksin harus dalam jumlah besar. Dalam beberapa kasus, jumlah vaksin sudah harus mencapai 40% dari populasi, namun dalam kasus lainnya harus mencapai 80% hingga 90% dari total populasi. Mencapai herd immunity dengan cara vaksinasi jauh lebih aman dibanding cara sebelumnya. Hal ini karena setiap orang akan mendapatkan perlindungan dari virus dan tidak menyebabkan gejala yang parah. 

Nah, itulah penjelasan mengenai apa itu herd immunity yang kerap terdengar selama masa pandemi COVID 19 ini. Ternyata, herd immunity adalah suatu hal yang penting di saat seperti ini. Oleh karena itu, segera daftarkan diri Anda untuk mendapatkan vaksinasi COVID 19, agar herd immunity segera tercipta dan pandemi ini segera berakhir. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar informasi kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.


Baca Juga: Herd Immunity: Benarkah Bisa Menghentikan Wabah COVID-19?


Sumber:

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Bagaimana Cara Mencapai Kekebalan Kelompok Tersebut?

WHO. 2020. Coronavirus disease (COVID-19): Herd immunity, lockdowns and COVID-19. 

Mayo Clinic. 2021. Herd immunity and COVID-19 (coronavirus): What you need to know.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi