Bantuan
Bantuan

Ternyata Menyimpan Banyak Khasiat Bagi Kesehatan, Mari Mengenal Ketumbar dan Manfaatnya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 08 Sep 2021

Bagikan

Ternyata Menyimpan Banyak Khasiat Bagi Kesehatan, Mari Mengenal Ketumbar dan Manfaatnya

Mengenal ketumbar dan manfaatnya merupakan suatu hal yang penting dan tidak bisa dilewatkan. Nama ketumbar sudah sangat populer sebagai salah satu bumbu yang ada dalam banyak masakan. Dalam hal ini, ketumbar hadir sebagai bumbu pelengkap yang dapat menambah cita rasa dari masakan-masakan tradisional Indonesia, mulai dari opor ayam hingga gulai. 

Namun tahukah Anda bahwa ketumbar memiliki beragam manfaat yang baik bagi kesehatan? Dalam hal ini, untuk mendapatkan kelezatan ketumbar dan manfaatnya, Anda perlu mengonsumsinya dalam bentuk rebusan. Nah sebelum kita membahas mengenai ketumbar dan manfaatnya, mari ketahui terlebih dahulu apa sebenarnya ketumbar itu.

Apa itu ketumbar? 

Bagi mereka yang jarang memasak atau bersentuhan dengan dapur, ketumbar mungkin menjadi istilah asing yang jarang terdengar, tidak seperti bawang putih atau bawang merah yang lebih sering ada di dapur dan di setiap masakan. Namun ketumbar ini sejatinya merupakan salah satu tumbuhan rempah yang juga tidak kalah populer dalam menyedapkan masakan.

Ketumbar yang sering digunakan di dapur itu sendiri merupakan buah kecil berdiameter 1-2 mm, yang telah melalui proses pengeringan. Setelah dikeringkan, buah ini kemudian hadir dibanyak dapur dalam bentuk utuh ataupun telah digerus sebelumnya. 

Apa saja manfaat ketumbar bagi kesehatan?

Ketumbar memiliki berbagai manfaat, salah satu manfaatnya yaitu dengan membuat air rebusan ketumbar. Berikut ini beberapa manfaat air rebusan ketumbar yang bisa Anda dapatkan. 

  1. Melancarkan pencernaan

Manfaat ketumbar yang bisa Anda dapatkan dari meminum air rebusannya yaitu dapat melancarkan pencernaan. Hal ini karena, ketumbar memiliki kandungan antioksidan yang bisa melancarkan pencernaan. Kandungan antioksidan ini akan bekerja dengan cara memproduksi enzim yang bisa melancarkan sistem pencernaan. Jika Anda rajin mengonsumsi air rebusan ketumbar, maka bisa terhindar dari infeksi usus besar. 

Baca Juga: Makanan yang Sehat untuk Sistem Pencernaan Manusia

  1. Menurunkan kadar gula darah

Manfaat ketumbar yang selanjutnya yaitu menurunkan kadar gula darah. Hal ini karena ketumbar memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga bisa menurunkan kadar gula darah. Akan tetapi, bagi penderita diabetes sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan mengonsumsi air rebusan ketumbar. 

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Mengenai Gula Darah Normal

  1. Mencegah penyakit

Di dalam ketumbar terdapat kandungan vitamin C yang baik untuk kesehatan. Kandungan vitamin C yang terdapat di dalam air rebusan ketumbar terdapat kandungan antioksidan yang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan begitu, mengonsumsi air rebusan ketumbar dapat mencegah Anda terinfeksi berbagai penyakit. 

  1. Meredakan nyeri sendi.

Manfaat air rebusan yang selanjutnya yaitu dapat meredakan nyeri sendi. Hal ini karena air rebusan ketumbar memiliki sifat analgesik dan juga asam linoleate yang bisa merilekskan otot serta tulang. Akan tetapi, tetap perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika ingin mendapatkan manfaat ketumbar yang satu ini.

  1. Meredakan infeksi bakteri

Manfaat ketumbar yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi air rebusan ketumbar yaitu mencegah infeksi bakteri. Hal ini karena, air ketumbar memiliki kandungan antibakteri yang dapat meredakan penyakit yang disebabkan bakteri. Tidak hanya itu, konjungtivitis juga bisa diobati dengan rutin mengonsumsi air rebusan ketumbar. 

Apakah konsumsi ketumbar menimbulkan efek samping tertentu?

Meskipun memiliki manfaat yang sangat banyak, nyatanya konsumsi ketumbar yang salah ataupun dalam jumlah berlebihan, dapat menimbulkan beberapa efek samping tertentu yang ditunjukkan dengan gejala seperti:

  • Merasa mual dan muntah-muntah

  • Mengalami sakit kepala dan sakit perut

  • Menimbulkan reaksi alergi dan juga hipersensitivitas

Meskipun gejala ini terbilang cukup berbahaya, sejatinya tidak semua orang akan serta-merta mengalaminya. Dengan begitu, konsumsi ketumbar baik dalam masakan ataupun dalam bentuk rebusan sejatinya tergolong sangat aman, sehingga tidak perlu Anda khawatirkan. 

Demikianlah penjelasan mengenai ketumbar dan manfaatnya, berikut juga efek samping yang mungkin menyertainya. Agar lebih aman lagi dalam mengkonsumsi rempah yang satu ini, sebaiknya Anda menyimpan ketumbar dalam sebuah wadah yang tertutup dan tidak lembab, serta tidak terkena langsung cahaya matahari. Hindari konsumsi ketumbar apabila Anda hendak melakukan operasi, ataupun memiliki tekanan darah yang cukup tinggi. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Sumber:

Frey, Malia. 2020. The Health Benefits of Coriander. 

Panoff, Lauren. 2019. 8 Surprising Health Benefits of Coriander.

Bagikan artikel ini