Terbuat dari Getah Lebah, Apa Manfaat Propolis?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 08 Sep 2021

Bagikan

Terbuat dari Getah Lebah, Apa Manfaat Propolis?

Banyak dari Anda mungkin bertanya-tanya tentang propolis atau manfaat propolis itu sendiri. Propolis yang terbuat dari getah lebah ini belakangan tengah populer karena disebut-sebut berkhasiat dalam mengatasi berbagai macam masalah pada kesehatan. 

Nah, sebenarnya apa itu propolis? Mengapa propolis ini bisa mendatangkan manfaat yang banyak, dan sebenarnya apa saja dari manfaat propolis tersebut? Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, ada baiknya Anda menyimak penjelasan mengenai propolis berikut ini. 

Apa itu propolis?

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, propolis merupakan sebuah produk yang dihasilkan oleh getah dari seekor lebah, lebih tepatnya jenis lebah madu. Terbuat dari pencampuran getah pohon dengan zat dari dalam tubuh lebah, propolis ini memiliki ciri berwarna hijau, bersifat lengket dan melapisi sarang dari lebah itu sendiri. 

Manfaat propolis sejatinya hadir dari kandungan nutrisinya yang sangat beragam. Meskipun begitu, kandungan dalam getah lebah ini cukup bervariasi dan akan ditentukan oleh jenis pohon ataupun bunga yang diisap oleh lebah tersebut. Meskipun begitu, secara umum dapat dikatakan bahwa beberapa senyawa yang terdapat dalam propolis, termasuk antioksidan dalam bentuk flavonoid dan polifenol yang sangat baik dalam menjaga tubuh dari berbagai penyakit dan kerusakan sel. 

Manfaat propolis bagi kesehatan

  1. Meredakan herpes genital

Manfaat propolis yang pertama yaitu dapat meredakan herpes genital. Hal ini terdapat pada obat salep yang memiliki kandungan propolis sebanyak 3%. Obat salep tersebut dapat meredakan nyeri akibat herpes genital. Dalam sebuah penelitian menjelaskan bahwa mengoleskan obat herbal propolis sebanyak tiga kali dalam sehari dalam meredakan nyeri. Tidak hanya itu, obat salep yang mengandung propolis juga dapat melawan virus herpes yang ada di dalam tubuh serta mencegah munculnya gejala. 

  1. Mengobati luka 

Karena memiliki kandungan antiradang dan antimikroba, propolis dapat digunakan untuk mengobati luka. Dalam hal ini, propolis sangatlah bermanfaat dalam mempercepat penyembuhan luka itu sendiri, dengan cara mempercepat pertumbuhan sel-sel baru menggantikan yang telah rusak sebelumnya. Apabila Anda mengoleskan ekstrak propolis ke luka tersebut secara langsung, maka sel mast (sel yang dapat memperlambat penyembuhan luka) akan dapat dikurangi dengan lebih efektif. 

Baca Juga: Inilah Ciri Luka Infeksi yang Perlu Anda Ketahui!

  1. Mengatasi gangguan astrointestinal

Berdasarkan penelitian, propolis memiliki peranan penting dalam mengobati berbagai gangguan pencernaan, mulai dari bisul hingga kanker gastrointestinal. Hal ini karena propolis memiliki banyak kandungan yang terbukti dapat menghilangkan patogen berbahaya secara efektif, termasuk H. pylori. Meskipun begitu, penelitian mengenai manfaat propolis dalam hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut lagi, karena sebelumnya hanya dilakukan pada hewan uji. 

  1. Membantu menjaga kesehatan kulit

Manfaat propolis yang bisa Anda dapatkan selanjutnya yaitu membantu menjaga kesehatan kulit. Hal ini karena propolis dapat mengurangi kemerahan yang disebabkan peradangan dan juga mengurangi pigmentasi. Selain itu, propolis juga dapat meningkatkan produksi kolagen yang akan melindungi Anda dari paparan sinar UV. Tidak hanya itu, propolis juga dipercaya lebih aman dibandingkan produk-produk skincare lainnya. Cara untuk mendapatkan manfaat ini bisa melalui tablet minum ataupun disemprot secara langsung ke kulit. 

  1. Mencegah gigi berlubang

Manfaat propolis yang terakhir yaitu dapat mencegah gigi berlubang. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan propolis sebagai obat kumur, permen, ataupun pasta gigi. Propolis memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang akan mencegah pertumbuhan bakteri Streptococcus dan Candida yang menyebabkan kerusakan pada gigi. Tidak hanya itu, asam caffeic dalam propolis juga efektif dalam mempengaruhi fungsi membran epitel terhadap paparan mikroba. 

Baca Juga: Bagaimana Cara Mencegah Karies Gigi Dan Apa Perbedaannya Dengan Gigi Berlubang

  1. Membantu pengobatan kanker

Siapa sangka bahwa propolis ternyata sangat bermanfaat dalam membantu pengobatan kanker. Menurut beberapa studi, obat herbal yang satu ini terbukti memiliki efek anti kanker yang dalam hal ini dapat membantu mencegah terjadinya kanker, serta menghambat semakin bertumbuhnya sel kanker tersebut di dalam tubuh. Selain itu, manfaat propolis lainnya dalam hal ini adalah dapat membantu sebagai terapi tambahan dalam mengatasi kanker payudara.  

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat propolis yang bisa Anda dapatkan. Apabila Anda ingin membeli produk propolis, pastikan yang telah terdaftar BPOM, hal ini karena maraknya propolis palsu yang beredar.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.


Sumber:

Johnson, Jon. 2021. What are the benefits of propolis? 

Goldman, Rena. 2018. The Benefits and Uses of Propolis 

Wong, Cathay. 2020. The Health Benefits of Propolis.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi