Bantuan

Simak Solusi Cara Mengatasi Sesak Nafas Secara Alami Berikut Ini!

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Mar 2022

Bagikan

cara mengatasi sesak nafas

Cara mengatasi sesak nafas yang dapat Anda lakukan dengan alami. Sesak nafas merupakan kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan untuk bernafas. Kondisi ini bisa terjadi jika pasokan udara yang masuk ke paru-paru berkurang. Terdapat banyak faktor mengapa sesak nafas bisa terjadi yakni seperti, merokok, alergi, suhu ekstrem, gelisah, atau berat badan yang berlebih. Ada juga beberapa kondisi yang bisa menjadi penyebab sesak nafas yakni anemia, TBC, asma, paru obstruktif abnormal atau PPOK, stroke, gagal jantung, kanker paru, emboli paru, dan lainnya. 

Guna mengatasi masalah sesak nafas dengan alami, adalah untuk saluran udara yang menjadi lebih rileks dari sebelumnya. Meskipun begitu, perlu Anda ingat bahwa penting untuk Anda menghubungi dokter. 

Cara mengatasi sesak nafas secara alami

Untuk mengatasi terjadinya sesak nafas, Anda tidak harus selalu menggunakan obat. Ada beberapa cara alami yang bisa Anda pelajari, sebagai cara mengatasi sesak nafas. Langkah alami ini akan bantu saluran udara Anda menjadi rileks, yang mana akan membuat sesak nafas akan berkurang. Berikut adalah beberapa cara alami yang bisa Anda pelajari lalu lakukan:

  1. Ambil napas secara dalam

 Disini Anda perlu untuk bernafas melalui perut, yang mana akan membantu untuk mengatasi sesak nafas. Seperti ini caranya:

  1. Berbaring lalu letakkan tangan Anda pada perut

  2. Tarik nafas dengan dalam melalui hidung. Kemudian tarik perut lakukan ini sampai paru-paru terisi penuh udara.

  3. Selanjutnya, tahan nafas Anda selama beberapa detik.

  4. Kemudian keluarkan nafas melalui mulut, ini akan mampu mengosongkan udara pada paru-paru anda dengan baik.

  5. Ulangi cara mengatasi sesak nafas ini, selama 5 sampai 10 menit. 

 

  1. Bernafas melalui mulut

Cara mengatasi sesak nafas selanjutnya sangat sederhana, namun tentunya akan bantu memperlambat pernafasan Anda. Langkah ini akan berguna untuk sesak nafas yang mana diakibatkan karena kecemasan. Cara ini juga membantu Anda melepaskan oksigen, yang terjebak pada paru-paru. Di bawah ini merupakan langkah yang perlu dilakukan:

  1. Anda perlu duduk dengan bahu yang tersanda, dan juga dengan posisi tubuh tegak di kursi.

  2. Buat bahu dan otot leher Anda menjadi lebih rileks.

  3. Tarik nafas dengan perlahan melalui hidung, dengan hitungan dua, dan juga Anda tidak boleh membuka mulut. 

  4. Kencangkan bibir, seperti bersiul.

  5. Kemudian, keluarkan nafas Anda dengan perlahan melalui mulut. Ini dilakukan sampai dengan hitungan keempat.

  6. Terakhir, ulangi lagi langkah ini lalu lakukan selama 10 menit.

Cara mengatasi sesak nafas satu ini bisa Anda lakukan kapan saja, ketika Anda mengalaminya.

  1. Mengonsumsi jahe

Dengan mengonsumsi bahan alami ini yakni jahe segar, mampu membantu untuk mengatasi sesak nafas. Anda dapat mencampurkannya dengan air hangat, lalu diminum. Jahe segar efektif mengatasi masalah yang mana diakibatkan adanya infeksi pernapasan. Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa jahe mampu melawan virus, yang mana mengakibatkan infeksi saluran pernafasan. Baik anak-anak dan orang dewasa dapat mengonsumsi jahe segar alami. 

  1. Menghirup uap

Cara mengatasi sesak nafas yang selanjutnya adalah dengan menghirup uap. Langkah ini bisa membantu menjaga saluran hidung menjadi bersih. Sehingga, akan membantu Anda untuk lebih mudah bernafas. Uap yang Anda hirup bisa memecah lendir pada paru-paru, maka dari itu bisa mengurangi sesak nafas yang dialami. Cara ini dapat Anda coba dengan air panas yang dituangkan kedalam mangkuk. Kemudian, tambahkan beberapa tetes minyak esensial kedalamnya. Anda dapat mencoba minyak peppermint atau eucalyptus, lalu posisikan wajah diatas mangkuk tersebut. Lalu, tutup kepala dengan handuk, tarik nafas dalam-dalam, kemudian hiruplah uap dari bahan yang anda buat tersebut. 

Itulah beberapa cara alami untuk atas sesak nafas, yang bisa Anda lakukan. Bila, sudah melakukan cara tersebut namun, kondisi tidak juga membaik atau bahkan menjadi lebih parah. Maka, segera periksakan kondisi Anda ke dokter ahli. Setelah itu, dokter akan melakukan diagnosis dan memberikan saran bagaimana penanganan yang tepat untuk sesak nafas yang Anda alami.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Dapat Terjadi Tiba-Tiba, Apa Sebenarnya Penyebab Sesak Napas?

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

Healthline, treatments for shortness of breath

Medical news today

Web MD

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang