Bantuan
Free Tele x

Art Therapy: Cara Unik dan Beda Dalam Meningkatkan Kesehatan Mental

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Jul 2021

Bagikan

Art Therapy: Cara Unik dan Beda Dalam Meningkatkan Kesehatan Mental

Tahukah Anda bahwa Art Therapy adalah salah satu metode yang dapat dilakukan guna sebagai pemulihan kesehatan mental. Art Therapy ini dilakukan dengan menuangkan emosi yang ada dalam diri dari penderita gangguan Kesehatan mental dalam bentuk berupa karya seni.  Selain itu, art therapy juga sangat berguna untuk mereka yang ingin meningkatkan kualitas pada kesehatan mentalnya. Banyak cara yang tentunya dapat dilakukan dalam Art Therapy, entah itu mulai dari menggambar sesuatu, mewarnai hingga tahap membuat sesuatu yang berbentuk patung dari tanah liat. 

Cara meningkatkan Kesehatan mental dengan metode Art Therapy

Tujuan dari art therapy itu sendiri adalah untuk memanfaatkan suatu proses kreatif dalam membantu seseorang mengenal diri, sehingga hasilnya orang tersebut akan bisa dengan mudah menghadapi suatu permasalahan pada dirinya. Berikut adalah beberapa cara meningkatkan Kesehatan mental dengan metode art therapy :

  1. Mengeksplorasi terapi seni itu sendiri

Dalam terapi ini, ada baiknya untuk mempelajari arti setiap seni untuk memahami apa saja yang ada dalam proses ini. Meskipun begitu, jika anda mengalami kendala dalam mengeksplorasi terapi seni itu sendiri, ada baiknya bekerja sama dengan terapis yang sudah terlatih dan berlisensi. 

  1. Mencoret-coret dengan menutup mata

Sebelum anda memulai mencoret-coret, ada baiknya rileks selama beberapa menit dengan mendengarkan berbagai musik yang menenangkan. Dengan begitu anda akan lebh santai/rileks dalam mencoret-coret. Jika sudah, maka siapkan kertas selembar kertas kosong berukuran besar lalu tempatkan kertas pada atas meja dan siapkan krayon. Jika semua sudah disiapkan maka pejamkan mata lalu mulailah mencoret-coret, setelah itu buka mata dan lihat hasilnya.

  1. Mendesain Potret Diri

Adapun cara lain untuk meningkatkan Kesehatan mental dengan metode art therapy ini adalah dengan mendesain potret sendiri menggunakan peralatan gambar yang dimiliki, bahan kolase atau apapun yang tentunya akan anda gunakan untuk membuat potret diri. Tentunya semua bahan bisa dipakai dan cara ini guna untuk mengkomunikasikan bagaimana kita melihat diri sendiri. 

  1. Membuat buku gambar untuk menenangkan diri

Dengan cara ini, Anda dapat menuangkan kreativitas yang ada pada pikiran itu sendiri. Jika sudah membuat buku gambar sendiri, maka tidak lupa untuk selalu menambahkan isi halaman pada buku itu guna untuk mengetahui perubahan yang anda buat seiring waktu. Dan keluarkan buku anda ketika dirasa perlu untuk menenangkan diri.

  1. Menganalisis karya sendiri

Dengan menganalisis karya yang sudah dibuat, itu akan mengajari Anda bagaimana cara mengobservasi diri dan juga kemampuan apa yang berguna untuk mengenali lalu mengelola perilaku tersebut. Karya lama Anda mungkin mempunyai makna baru ketika menganalisisnya lebih detail.


Manfaat dari art therapy

 Dalam melakukan terapi seni, tentunya mempunyai manfaat tersendiri. Berikut adalah beberapa manfaat dari melakukan terapi seni:

  1. Menemukan jati diri sendiri

Melakukan aktivitas seni tentunya dapat membantu seseorang untuk mendekatkan diri lalu mengenai dan mengetahui apa yang tidak disadari.

  1. Meluapkan amarah

Terapi seni ini membantu orang-orang dalam meluapkan amarah dan menyalurkannya melalui sebuah gambar. Emosi itu sendiri ada berbagai jenis seperti kemarahan, kesedihan atau bahkan mungkin kebahagiaan yang kadang itu sendiri sulit untuk diungkapkan melalui kata-kata. Ketika emosi tersebut sudah disalurkan maka menghasilkan suatu karya yang dapat membantu dalam fasilitas mereka.

  1. Berpikir Inovatif

Kegiatan seni tentunya memiliki dampak positif pada peningkatan kemampuan berpikir yang inovatif dalam mencapai studi.

  1. Mengurangi stres

Tentunya setiap orang akan mengalami stres ketika menemukan masalah pada hidupnya. Stres itu sendiri dapat diakibatkan oleh berbagai faktor pemicu seperti faktor lingkungan. Menghadapi kecemasan maupun depresi bisa menjadi sesuatu yang melelahkan bagi fisik maupun mental pada diri. 


Itulah beberapa cara dan juga manfaat dari metode terapi seni ini. Untuk melakukan terapi seni ini, anda tidak perlu menjadi artis yang begitu terampil atau mempunyai pengalaman seni untuk terlibat dalam metode terapi ini. Jika anda termasuk golongan orang yang memiliki kesulitan dalam mengungapkan perasaan melalui metode konseling, maka terapi seni akan menjadi jawaban atas pilihan yang sangat bagus untuk Anda implementasikan.


Referensi:

https://www.mentalhealth.gov/basics/what-is-mental-health 

https://medlineplus.gov/mentalhealth.html 

https://www.healthline.com/health/mental-health/nervous-breakdown#treatments 

https://www.medicalnwstoday.com/articles/154543#definition 

https://medlineplus.gov/lab-tests/mental-health-screening/ 

Tag :
Bagikan artikel ini