Bantuan
Free Tele x

Tahukah Anda Perbedaan Flu Dan Pilek? Yuk Cari Tahu Disini!

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 10 Dec 2021

Bagikan

Ketahui Perbedaan Flu Dan Pilek, Yuk Cari Tahu Disini!

Sering kali disamakan, ternyata ada perbedaan flu dan pilek. Flu dan pilek sama-sama merupakan penyakit pernapasan, namun disebabkan oleh virus yang berbeda. Baik flu dan pilek, memiliki gejala yang mirip sehingga mungkin akan sulit menemukan perbedaannya, jika berdasarkan gejalanya saja. 

Perbedaan Gejala Flu dan Pilek 

Secara umum, gejala flu lebih buruk dan lebih intens daripada pilek. Orang yang terkena pilek, hidungnya lebih cenderung berair atau tersumbat. Pilek juga biasanya tidak mengakibatkan masalah kesehatan yang serius, misalnya pneumonia, infeksi bakteri, atau sampai rawat inap. Sedangkan, flu bisa memiliki penyakit komplikasi terkait yang sangat serius.

Mengetahui perbedaan flu dan pilek menjadi penting untuk setiap orang, hal ini dikarenakan penanganannya pun akan berbeda. Gejala flu dapat membuat anda merasa tidak enak badan selama beberapa hari, bahkan mungkin anda akan merasakan sangat sakit sampai berminggu-minggu.

Sedangkan gejala flu biasa atau pilek, biasanya dimulai dengan sakit tenggorokan, yang mana biasanya hilang setelah satu atau dua hari. Setelah itu, akan ada gejala seperti hidung tersumbat, batuk, atau demam ringan pada orang dewasa, yang mana biasa jarang terjadi. Demam lebih mungkin terjadi pada anak-anak yang mengalami pilek.

Gejala pilek umumnya akan berlangsung selama kurang lebih satu minggu, selama tiga hari anda mengalami pilek, maka anda dapat menularkannya pada orang lain. Jadi, sangat disarankan untuk anda tidak ke luar rumah, dan beristirahat yang cukup. Apabila gejala pilek tidak kunjung membaik setelah satu minggu, anda mungkin mengalami infeksi bakteri, sehingga memerlukan antibiotik. 

Lalu gejala seperti apa yang muncul saat mengalami flu? Gejala flu biasanya lebih parah dan datang lebih cepat daripada gejala pilek. Gejala flu yang akan muncul biasanya seperti demam, sakit kepala, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, nyeri otot, dan batuk. Gejala flu, sebagian besar akan membaik selama dua sampai lima hari, namun sering kali penderitanya akan merasa lelah selama seminggu atau bahkan lebih.

Satu lagi yang membuat perbedaan flu dan pilek adalah flu dapat menyebabkan komplikasi. Baik bagi anak muda, orang tua, atau orang dengan masalah paru-paru atau jantung. Misalnya pneumonia, biasanya ditandai dengan demam yang datang kembali setelah hilang selama satu atau dua hari. Serta apabila anda merasa sesak napas, maka segera hubungi dokter ahli.

Baik virus flu dan virus pilek, sama-sama masuk melalui selaput lendir hidung, mata, atau mulut. Setiap kali tangan anda menyentuh ketiga area ini, maka dapat menularkan virus kepada diri anda sendiri. Sehingga penting untuk anda menghindari menyentuh area wajah, juga penting untuk menjaga kebersihan tangan agar bebas kuman, dengan sering mencuci tangan dengan sabun air.

Jika, tidak memungkinkan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air, anda dapat menggunakan sanitizer. Agar lebih ringkas dan mudah dipahami, berikut ini cara untuk mengetahui perbedaan flu dan pilek.

Baca Juga: Perbedaan Flu, Alergi, Selesma, dan COVID-19 Yang Penting Anda Ketahui

1. Gejala Flu

  1. Batuk kering.

  2. Sakit tenggorokan.

  3. Menggigil atau kedinginan.

  4. Sakit kepala.

  5. Nyeri otot atau tubuh yang parah.

  6. Hidung berair dan tersumbat.

  7. Demam sedang atau tinggi, meskipun tidak semua orang mengalami demam.

  8. Kelelahan parah yang bisa berlangsung sampai dua minggu.

  9. Mual dan muntah

  10. Diare, yang biasanya terjadi pada anak-anak.

2. Gejala Pilek

  1. Bersin.

  2. Sakit badan atau sakit kepala.

  3. Kelelahan ringan.

  4. Hidung meler atau tersumbat.

  5. Batuk.

Mengetahui perbedaan flu dan pilek berdasarkan gejalanya, dapat membantu anda sebagai panduan untuk mengetahui kondisi apa yang sedang dimiliki. Apabila anda berpikir mengalami gejala flu, segera temui dokter untuk segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Perbedaan flu dan pilek juga bisa berdasarkan penanganannya, untuk flu penanganan bisa dengan beristirahat, minum cairan untuk cegah dehidrasi, dan minum pereda nyeri seperti ibuprofen untuk mengontrol gejala. Sedangkan pilek, dapat ditangani dengan minum vitamin C, asetaminofen, dan antihistamin untuk meredakan hidung tersumbat, nyeri, dan gejala pilek lainnya yang anda alami.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Ketahui Cara Cepat Menyembuhkan Pilek dan Hidung Tersumbat

 

Referensi:

1. https://www.cdc.gov/flu/symptoms/coldflu.htm 

2. https://www.webmd.com/cold-and-flu/flu-cold-symptoms 

3. https://www.healthline.com/health/cold-flu/cold-or-flu#cold-treatment

Bagikan artikel ini