Mudah Dilakukan, Ketahui Cara Cepat Menyembuhkan Pilek dan Hidung Tersumbat Berikut Ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Sep 2021

Bagikan

Cara Mudah & Cepat Menyembuhkan Pilek dan Hidung Tersumbat

Sudahkah Anda tahu cara cepat menyembuhkan pilek dan hidung tersumbat yang mudah dilakukan? Pilek dan hidung tersumbat sering kali membuat Anda tidak nyaman karena membuat bernapas menjadi sulit.

Tidak hanya itu, tidak jarang juga pilek dan hidung tersumbat bisa menyebabkan sakit kepala dan berkurangnya indera penciuman. Lantas, bagaimana cara cepat menyembuhkan pilek dan hidung tersumbat ? simak terus penjelasan berikut ini.

1. Mematikan AC atau Kipas Angin

Cara cepat menyembuhkan pilek dan hidung tersumbat yang pertama yaitu mematikan AC atau kipas angin. Udara yang hangat akan membantu dengan cepat untuk mengatasi pilek dan hidung tersumbat yang Anda alami.

Selain itu, bernapas di udara yang lembap dapat meredakan radang serta pembengkakan pembuluh darah di dalam hidung. Tidak hanya itu, udara yang lembap juga membantu mengencerkan lendir yang berada di dalam sinus. 

2. Menghirup Uap Hangat

Cara cepat menyembuhkan pilek dan hidung tersumbat yang selanjutnya yaitu menghirup udara hangat. Cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menyiapkan wadah atau baskom yang diisi air panas. 

Setelah itu, condongkan tubuh Anda ke atas wadah tersebut dan hiruplah uap hangatnya selama 10 menit. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan campuran minyak kayu putih pada air tersebut. 

3. Mandi Air Hangat

Selain menghirup udara hangat, Anda juga bisa melakukannya dengan mandi air hangat. Uap hangat yang dihasilkan pada saat mandi menggunakan air hangat akan mengencerkan lendir yang ada di rongga hidung.

Tidak hanya itu, uap dari air hangat juga dipercaya mampu meredakan peradangan di dalam hidung. Akan tetapi, pastikan air yang Anda gunakan saat mandi tidak terlalu panas. 

4. Minum Banyak Air

Cara cepat menyembuhkan pilek dan hidung tersumbat yang selanjutnya yaitu dengan minum banyak air terutama air hangat. Air hangat sangat membantu mengencerkan lendir di rongga hidung. Anda bisa mengonsumsi air hangat dalam bentuk teh jahe, mint, atau teh lemon dan madu. Akan tetapi, hindari minuman kemasan yang memiliki banyak kandungan gula. 

Baca Juga: Seringkali Diabaikan, Berikut Ini Banyak Kebutuhan Air Per Hari Seseorang

5. Minum Obat

Minum obat merupakan salah satu cara yang ampuh dalam mengobati pilek dan hidung tersumbat. Telah banyak obat pilek dan hidung tersumbat yang bisa Anda beli di apotek tanpa resep dokter. Walaupun bisa dibeli tanpa resep dokter, sebaiknya Anda selalu bertanya kepada apoteker mengenai cara konsumsi dan dosis yang bisa dikonsumsi.

6. Mengkonsumsi Jahe

Jahe merupakan rempah yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi pilek dan hidung tersumbat. Jahe dapat melenturkan otot pada saluran pernapasan sehingga bisa melegakan hidung yang tersumbat.

Selain itu, jahe juga bisa mencegah mual yang disebabkan membuang ingus secara terus menerus ketika pilek. Tidak hanya itu, jahe juga bisa membantu dalam proses pemulihan penyakit. 

7. Mengkonsumsi Madu

Selain jahe, Anda juga bisa mengonsumsi madu untuk mengatasi pilek dan hidung tersumbat. Madu memiliki sifat antimikroba yang akan membantu sistem imun lebih efisien dalam melawan peradangan yang disebabkan pilek.

Caranya cukup mudah yaitu dengan mengonsumsi satu sendok madu pada pagi atau malam hari. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan madu pada teh hangat atau air lemon. 

8. Menggunakan Pelembab Udara

Cara cepat menyembuhkan pilek dan hidung tersumbat yang selanjutnya yaitu menggunakan pelembap udara. Saat ini telah banyak dijual alat pelembap udara atau humidifier yang bisa Anda beli. Humidifier efektif dalam melembapkan udara dan melegakan pernapasan. Akan tetapi, Anda perlu rutin membersihkan alat ini agar tidak memicu tumbuhnya kuman. 

9. Banyak Istirahat

Cara cepat menyembuhkan pilek dan hidung tersumbat yang terakhir yaitu dengan memperbanyak istirahat. Pilek sangatlah menular karena virus penyebabnya bisa menyebar pada saat Anda berbicara batuk atau bersin. Oleh karena itu, Anda perlu beristirahat ketika pilek atau hidung tersumbat agar tidak menularkannya pada orang lain.

Nah, itulah beberapa cara cepat menyembuhkan pilek dan hidung tersumbat  yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Akan tetapi, apabila pilek dan hidung tersumbat tidak kunjung reda setelah 3 hingga 7 hari lalu disertai beberapa gejala seperti sesak napas, sakit kepala parah, dan sering muntah, maka segeralah untuk memeriksakannya ke dokter. 

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Anda Tidak Perlu Khawatir, Berikut Ini Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

 

Sumber:

1. Holland, Kimberly. How to Clear a Stuffy Nose (2019) 

2. Home Remedies for Colds. 

3. Cold remedies: What works, what doesn't, what can't hurt (2020)

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi