Bantuan
Free Tele x

Perbedaan Flu, Alergi, Selesma, dan COVID-19 Yang Penting Anda Ketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 08 Sep 2021

Bagikan

Perbedaan Flu, Alergi, Selesma, dan COVID-19 Yang Penting Anda Ketahui

Apakah Anda tahu perbedaan flu, alergi, selesma, dan COVID-19? Mungkin banyak diantara Anda yang bingung membedakannya karena memiliki gejala yang hampir sama. Akan tetapi, sebenarnya flu, alergi, selesma dan COVID-19 memiliki perbedaan. Lantas apa perbedaan flu, alergi, selesma dan COVID-19? Simak penjelasan di bawah ini.

Kondisi Yang Mirip dengan COVID-19

Namun sebelum itu, Anda perlu mengetahui berbagai kondisi yang mirip dengan COVID-19 tersebut. Oleh karena itu, Anda perlu terus mengikuti penjelasan di bawah ini. 

  1. Flu

Flu adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang, tenggorokan, hidung, dan paru-paru. Penyakit yang satu ini dapat menular ke orang lain dengan mudah. Penularan flu dapat terjadi mirip seperti COVID-19, yaitu melalui percikan air liur pada saat penderitanya bersin atau batuk. Percikan air liur yang mengandung virus flu, dapat menginfeksi apabila Anda menghirup udara dari percikan air liur atau menyentuh benda yang telah terkena percikan air liur penderita. 

Baca Juga: Jangan Sampai Salah, Ini Dia Persamaan dan Perbedaan Flu Biasa dan Corona yang Perlu Diwaspadai

  1. Selesma

Selesma atau pilek sering kali disamakan dengan flu, namun pada dasarnya keduanya merupakan hal yang berbeda. Pilek merupakan kondisi dimana hidung mengeluarkan cairan ingus atau lendir yang berwarna hijau, kekuningan ataupun bening secara berlebihan. Tekstur dari cairan tersebut bisa kental maupun encer, tergantung dari penyebabnya. Beberapa hal yang dapat menyebabkan tubuh memproduksi lendir yang berlebihan yaitu, debu, alergi virus ataupun udara dingin. 

  1. Alergi

Alergi merupakan suatu reaksi dari sistem kekebalan tubuh yang berlebihan pada saat zat asing masuk ke dalam tubuh. Pada umumnya, sistem kekebalan tubuh hanya akan bereaksi apabila zat asing yang masuk merupakan zat yang dapat mengancam kesehatan. Akan tetapi, alergi malah dipicu oleh zat asing yang tidak berbahaya. Beberapa hal yang dapat memicunya yaitu, makanan, debu, udara dingin, atau obat. 

Perbedaan flu, alergi, selesma dan COVID-19

Lantas, apa perbedaan flu, alergi, selesma dan COVID-19? Anda dapat membedakannya dengan melihat gejala yang muncul. Simak terus pembahasan di bawah ini.

  1. COVID-19

  • Gejala utama pada flu yaitu demam, batuk, sesak napas dan kelelahan. 

  • Gejala yang jarang muncul yaitu panas dingin, sakit kepala, kehilangan indera penciuman dan perasa, nyeri otot, sakit tenggorokan, hidung tersumbat dan meler. 

  1. Flu

  • Gejala utama pada flu yaitu demam atau panas dingin, batuk, sakit kepala, kelelahan ,dan nyeri pada otot

  • Gejala yang jarang muncul yaitu bersin-bersin, sakit tenggorokan, diare, mual ,dan hidung tersumbat. 

  1. Selesma

  • Gejala utama yaitu bersin-bersin, hidung tersumbat, dan sakit tenggorokan 

  • Gejala yang jarang muncul yaitu kelelahan dan sakit badan. l

  1. Alergi

  • Gejala utama yaitu bersin-bersin hidung tersumbat, dan gatal pada mata, mulut ataupun kulit. 

  • Gejala yang jarang muncul yaitu sesak napas dan kelelahan karena kurang tidur. 

Itulah perbedaan flu, alergi, selesma dan COVID-19 yang dilihat dari gejala yang umum dan yang jarang muncul. Terlihat di atas, terdapat beberapa gejala yang mirip, namun tetap bisa dibedakan. Oleh karena itu, Apabila Anda mengalami gejala-gejala yang disebutkan, Anda jangan panik terlebih dahulu karena belum tentu Anda telah terinfeksi COVID-19.

Mencegah Flu, Alergi, Selesma dan COVID-19

Cara terbaik untuk mencegah terjadinya COVID-19 yaitu dengan melakukan vaksin. Akan tetapi, bagi Anda yang belum sempat vaksin bisa mencegah terjadinya COVID-19 ataupun flu dan selesma dengan cara mengurangi risiko terinfeksi virus penyebabnya dengan cara menggunakan masker dan rajin mencuci tangan. Oleh karena itu, selama pandemi COVID-19 Anda dianjurkan untuk taat menerapkan protokol kesehatan demi melindungi diri dari infeksi virus. Sama halnya dengan sebelumnya, Anda juga bisa mencegah alergi dengan menggunakan masker agar partikel serbuk tidak ikut terhirup oleh Anda dan memicu alergi. 

Nah, itulah informasi mengenai perbedaan flu, alergi, selesma dan COVID-19 yang perlu Anda ketahui. Apabila Anda merasakan gejala COVID-19, maka segera mengisolasi diri atau memeriksakannya ke fasilitas kesehatan. Pastikan Anda selalu menjaga jarak dan menerapkan protokol kesehatan agar tidak ikut menyebarkan virus corona ke orang lain. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.


Sumber:

Curley, Bob. Not Sure You Have COVID-19? Here Are the Symptoms for COVID-19, Flu, and Allergies (2021) 

COVID-19, cold, allergies and the flu: What are the differences? (2021)

Tag :
Bagikan artikel ini