Mudah dan Tergolong Ampuh, Ini Dia Cara Tidur Cepat 30 Detik yang Bisa Dicoba

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Sep 2021

Bagikan

Mudah dan Tergolong Ampuh, Ini Dia Cara Tidur Cepat 30 Detik yang Bisa Dicoba

Bagi Anda yang sering merasa kesulitan untuk tidur, tahukah Anda bahwa ada cara tidur cepat 30 detik yang bisa Anda coba? Tidur merupakan hal esensial yang dibutuhkan oleh tubuh manusia agar dapat berfungsi dengan normal. Meskipun begitu, masih banyak yang mempertanyakan bagaimana cara agar dapat tertidur dengan cepat? Jawabannya adalah tentu saja ada. Namun, sebelum kita membahas mengenai cara tidur cepat 30 detik, ada baiknya Anda mengetahui manfaat tidur bagi tubuh manusia terlebih dahulu.

Manfaat tidur

Tidak hanya membantu tubuh beristirahat agar dapat lebih siap lagi dalam menghadapi hari esok, tidur juga ternyata mampu mendatangkan manfaat yang banyak bagi kesehatan fisik dan juga mental. Lantas apa saja manfaat dari tidur tersebut dan mengapa manusia butuh untuk tidur? Berikut ini adalah beberapa alasan yang dapat menjawab pertanyaan tersebut. 

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Pada saat tidur, organ jantung juga akan dapat beristirahat dengan baik, agar keesokan harinya siap dalam bekerja secara maksimal. Apabila Anda melewatkan waktu tidur, tubuh dalam hal ini akan melepaskan hormon kortisol, yakni hormon stres yang akan membuat jantung bekerja dengan lebih keras. 

  1. Meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat

Jika Anda memiliki masalah dalam mengingat, maka kemungkinan besar Anda kurang tidur. Untuk itu cobalah untuk beristirahat dengan cukup, paling tidak 6 sampai 8 jam sehari, demi menjaga kesehatan otak dan membantu meningkatkan kemampuan dalam mengingat.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Selama masa pandemi COVID 19 ini, menjaga daya tahan tubuh merupakan hal utama yang tidak bisa disepelekan. Dalam hal ini, Anda bisa mencoba untuk beristirahat secukupnya agar tubuh dapat memproduksi senyawa sitokin yang dapat menimbulkan efek perlindungan terhadap daya tahan tubuh Anda.

  1. Membantu meningkatkan mood

Sering merasakan suasana hati yang tidak nyaman? Cobalah untuk tidur dengan cukup. Dengan tidur, Anda bisa menyimpan lebih banyak energi untuk keesokan harinya. Dengan banyaknya energi positif ini, Anda akan mudah terhindar dari emosi-emosi negatif dan hal kecil lainnya.

  1. Membantu mengendalikan nafsu makan

Apabila Anda sedang berada dalam program diet, cobalah untuk tidur tepat waktu. Dengan cara ini, Anda tidak perlu begadang dan harus berhadapan dengan keinginan untuk nyemil di malam hari. Keinginan ini timbul tentu bukan tanpa alasan. Setiap saat yang Anda habiskan untuk begadang, maka akan semakin kuat rasa mudah lapar yang Anda rasakan.

Cara tidur cepat 30 detik

Mengingat manfaatnya yang begitu banyak, tentu membiasakan tidur tepat waktu menjadi hal yang harus dipenuhi. Akan tetapi bagaimana dengan penderita insomnia atau yang tidak terbiasa tidur cepat? Jangan khawatir, karena berikut ini adalah beberapa cara tidur cepat 30 detik yang bisa diterapkan. 

  1. Menerapkan metode militer

Pada metode cepat tidur yang pertama ini, Anda diminta untuk mengikuti beberapa langkah sebagai berikut:

  • Memijat dengan lembut otot-otot tubuh

  • Berbaring dalam posisi terlentang dengan kedua tangan di samping tubuh

  • Menarik dan kemudian membuang napas secara perlahan

  • Mengosongkan pikiran selama 10 detik lamanya

  • Mengulangi proses ini hingga Anda terlelap

  1. Metode PMR

Bagi Anda yang belum pernah mendengarnya, PMR atau Progressive muscle relaxation adalah sebuah teknik relaksasi otot yang cocok bagi Anda penderita insomnia. Berikut adalah langkah yang dapat Anda lakukan.

  • Pertama, angkat alis kemudian tahan pada posisi tersebut selama 5 detik, kemudian turunkan lagi pada posisi semula.

  • Kedua, tersenyumlah dengan lebar hingga otot pipi terasa mengencang, tahan selama 5 detik, kemudian kembalikan pada posisi semula.

  • Julingkan kedua bola mata dalam kondisi mata tertutup selama 5 detik, kemudian buka mata.

  • Tengadahkan kepala selama 5 menit, kemudian turunkan kembali pada posisi semula.

  1. Metode 4-7-8

Cara tidur cepat 30 detik selanjutnya yang bisa Anda coba adalah metode 4-7-8, di mana Anda akan diminta untuk melakukan langkah-langkah berikut.

  • Mula-mula, baringkan tubuh di tempat tidur.

  • Selanjutnya, letakkan ujung lidah Anda pada langit-langit mulut, tahan hingga beberapa saat dalam kondisi bibir sedikit terbuka. 

  • Tarik napas melalui hidung selama 4 detik, tahan hingga 7 detik, kemudian hembuskan melalui mulut hingga terdengar suara mendesing selama 8 detik.

  • Ulangi terus hal ini sampai tubuh merasa lebih rileks dan mulai mengantuk.

Itulah dia penjelasan mengenai manfaat tidur dan cara tidur cepat 30 detik yang bisa dipraktikkan bagi Anda yang memiliki masalah sulit tidur. Selain beberapa metode tersebut, Anda juga bisa mencoba mendengarkan musik, mencoba berbaring menyamping, hingga bermeditasi terlebih dahulu sebelum tidur untuk menimbulkan rasa kantuk.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Cukupi Waktu Istirahat Anda, Ini Manfaat Tidur Yang Bisa Didapatkan


Sumber:

Weatherspoon, Deborah. 2020. How to Fall Asleep in 10, 60, or 120 Seconds. 

Dormalab. 2020. 9 Tips to fall asleep in 30 seconds.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi