Bantuan

Ingin Lebaran dengan Tubuh Ideal? Lakukan Cara Menurunkan Berat Badan Saat Puasa Ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 20 Apr 2022

Bagikan

cara menurunkan berat badan saat puasa

Apakah Anda sudah tahu cara menurunkan berat badan saat puasa? Bagi Anda yang ingin lebaran dengan tubuh ideal, penting mengetahui kiat-kiat menurunkan berat badan saat puasa. Pasalnya, walaupun waktu makan dan minum semakin sempit, jika Anda tidak tahu cara menurunkan berat badan saat puasa bukan tidak mungkin berat badan Anda akan semakin meningkat. 

Cara Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Lantas bagaimanakah cara menurunkan berat badan saat puasa? Untuk dapat menurunkan berat badan, sebenarnya Anda harus mengurangi asupan kalori harian. Anda bisa mengetahui berapa kebutuhan kalori harian dengan berkonsultasi bersama ahli gizi. Setelah itu, Anda bisa menerapkan beberapa cara menurunkan berat badan saat puasa berikut ini. 

  1. Pastikan tidak melewatkan sahur

Cara menurunkan berat badan saat puasa yang pertama yaitu tidak melewatkan sahur. Mungkin beberapa dari Anda akan berpikir, akan melewatkan sahur agar berat badan turun lebih cepat. Padahal cara ini adalah hal yang keliru dan tidak efektif. Pasalnya melewatkan sahur akan membuat Anda merasa sangat lapar, sehingga saat waktunya berbuka nafsu makan Anda tidak dapat dikontrol. Pada akhirnya porsi makan saat berbuka menjadi berlebih dan tidak terkendali. 

  1. Hindari makanan atau minuman dengan tambahan gula

Sudah sangat kental di masyarakat anggapan bahwa berbuka puasa harus dengan manis-manis. Sebenarnya cara ini efektif untuk mengembalikan energi yang hilang. Namun, mengonsumsi makanan atau minuman dengan tambahan gula yang terlalu banyak akan membuat gula tersebut disimpan sebagai lemak oleh tubuh. Pada akhirnya Anda akan gagal menurunkan berat badan selama Ramadan. 

  1. Perbanyak minum air putih

Agar program menurunkan berat badan selama Ramadan Anda berhasil, sebaiknya minum banyak air. Hal ini karena, mengonsumsi banyak air akan membuat metabolisme tubuh meningkat hingga 30%. Peningkatan ini akan membuat lemak dan kalori dalam tubuh semakin banyak yang terbakar. Oleh karena itu, Anda perlu minum satu gelas saat berbuka, setelah salat Magrib, setelah makan malam, sebelum salat Tarawih, setelah salat Tarawih, sebelum tidur, bangun tidur dan setelah makan sahur. 

  1. Hindari produk-produk makanan olahan

Mungkin beberapa  dari Anda banyak yang menyukai produk-produk makanan olahan seperti junk food. Namun, jika Anda ingin menurunkan berat badan sebaiknya untuk menghindari berbagai makanan ini. Pasalnya, beberapa makanan olahan memiliki kandungan MSG, lemak, sodium dan gula buatan. Beberapa kandungan ini akan membuat Anda semakin ketagihan dan makan berlebih. 

  1. Hindari makanan berminyak

Salah satu menu berbuka puasa yang menjadi favorit yaitu gorengan. Namun, bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan sebaiknya menghindari makanan ini terlebih dahulu. Hal ini karena, gorengan memiliki kandungan minyak dengan lemak jenuh. Lemak jenuh ini dapat menyebabkan naiknya berat badan. Tidak hanya itu, lemak jenuh ini juga meningkatkan risiko penyakit jantung hingga diabetes. 

  1. Jaga porsi makan

Salah satu kunci penting dalam menurunkan berat badan yaitu menjaga porsi makan. Walaupun Anda tidak makan dan minum dari dini hari hingga petang, namun porsi makan yang berlebihan, maka berat badan tidak akan turun. Pasalnya, makan dengan porsi yang berlebihan menyebabkan meningkatnya kadar gula darah yang akan di ubah menjadi lemak di dalam tubuh. Salah satu cara agar porsi makan terjaga yaitu menggunakan piring kecil dan minum sebelum makan. 

  1. Konsumsi makanan bergizi

Cara menurunkan berat badan saat puasa yang terakhir yaitu mengonsumsi makanan bergizi saat sahur dan berbuka puasa. Saat sahur, usahakan Anda mengonsumsi air yang cukup dan memilih makanan yang mengandung cairan agar tubuh terhindar dari dehidrasi. Saat berbuka puasa, hindari makanan yang berlemak seperti gorengan. Sebaiknya konsumsi buah-buahan seperti semangka atau kurma. Intinya, Anda harus mengonsumsi karbohidrat kompleks, protein dan juga serat. 

Itulah dia beberapa cara menurunkan berat badan saat puasa yang bisa Anda terapkan. Untuk bisa mendapatkan badan yang ideal, Anda perlu melakukannya dengan konsisten dan membutuhkan waktu yang tidak singkat. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Tidak Menjadi Halangan, Lakukan Cara Menambah Berat Badan Saat Puasa Ini

Tag :
Referensi

Cornell Health. Tips for Healthy Ramadan Fasting. https://health.cornell.edu/about/news/ramadan-fasting

Cleveland Clinic Abu Dhabi. Top Tips For Healthy Eating During Ramadan. https://www.clevelandclinicabudhabi.ae/en/health-byte/pages/top-tips-for-ramadan-healthy-eating.aspx 

Health Change Healthy Ramadan Fasting. https://www.healthxchange.sg/food-nutrition/food-tips/healthy-ramadan-fasting-tips

Bagikan artikel ini