Bantuan
Bantuan

Serupa Tapi Tak Sama, Perbedaan Break Out dan Purging Adalah?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Nov 2021

Bagikan

Serupa Tapi Tak Sama, Perbedaan Break Out & Purging Adalah?

Purging adalah permasalahan kulit wajah setelah memakai suatu produk kecantikan. Masih banyak yang mengira purging adalah breakout yang terjadi pada kulit wajah, akibat keliru memakai produk kecantikan yang tidak sesuai dengan kebutuhan kulit wajah Anda. Namun, keduanya merupakan hal yang berbeda. Seperti apa perbedaan breakout dan purging? Simaklah penjelasan berikut.

Purging

Purging adalah permasalahan pada kulit wajah Anda karena suatu produk yang mengandung zat kimia seperti retinoid dan asam alfa-hidroksi yang berfungsi untuk mengganti sel-sel kulit mati.

Permasalahan ini biasanya akan muncul jerawat secara tiba-tiba di area yang pernah muncul jerawat sebelumnya. Namun, jerawat tersebut akan cepat mengering dan pulih dalam waktu 4 minggu. Jika lebih dari 4 minggu segera konsultasikan dengan dokter kulit.

Dikutip dari healthline.com, Mraz Robinson mengatakan bahwa pelanggaran paling umum menyebabkan pembersihan pada kulit wajah adalah keluarga retinoid.

Keluarga retinoid mencakup semuanya, mulai dari retinol (resep umum untuk kulit yang rentan jerawat dan penuaan, yang juga dapat ditemukan dalam produk yang dijual bebas) hingga tretinoin topikal dan obat oral isotretinoin (keduanya harus dengan resep).

Selain itu, purging adalah kondisi kulit wajah yang bereaksi akibat Anda menggunakan skincare atau produk kecantikan yang mengandung AHA dan BHA. Serta menggunakan scrub dan peeling yang berfungsi untuk memperbaiki dan membersihkan lapisan bawah kulit.

Anda akan mengalami purging setelah Anda memakai produk skincare dalam dua minggu. Kemudian, cara kulit Anda melakukan purging adalah saat produk mempercepat pergantian kulit (dimana sel-sel kulit mati yang dibuang dan diganti) maka, seluruh siklus akan dipercepat dan microcomedones akan berubah menjadi komedo hitam, komedo putih, dan jerawat.

Untuk meminimalisir kulit Anda mengalami purging adalah saat Anda akan menggunakan produk kecantikan yang mengandung zat tertentu seperti yang telah dijelaskan di atas, maka Anda dapat menggunakannya dengan jumlah yang sedikit dan tidak digunakan sesering mungkin.

Jika kulit wajah Anda sudah terbiasa dengan produk kecantikan tersebut, Anda dapat menambah jumlah dan rentang waktu pemakaiannya.

Baca Juga: Apa Saja Tanda Skincare Bekerja di Kulit? Ketahui Jawabannya di Sini!

Breakout

Sedangkan breakout merupakan reaksi alergi atau kulit wajah Anda sensitif terhadap suatu produk kecantikan. Dikutip dari healthline.com, Mraz Robinson berkata jika Anda melihat jerawat di area wajah yang tidak pernah ditumbuhi jerawat sebelumnya, itu mungkin reaksi terhadap produk baru yang Anda gunakan.

Breakout tidak hanya disebabkan oleh ketidakcocokan Anda terhadap suatu produk atau tidak menentu dalam memakai produk kecantikan. Saat Anda merasa stress, menyentuh wajah dengan tangan kotor, memencet jerawat yang tumbuh, mengonsumsi makanan yang berminyak, mengonsumsi gula lebih, dan membasuh wajah menggunakan handuk secara kasar dapat menyebabkan kulit wajah Anda berjerawat.

Saat Anda mengalami breakout, jerawat yang tumbuh akan lebih lama mengering, dan akan berlangsung lama. Jika Anda mengalami jerawat dan dalam satu bulan atau lebih tidak kunjung membaik, Anda telah mengalami breakout.

Namun, Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan obat jerawat yang mengandung asam slisilat atau sulfur, dan benzoil peroksida. Serta Anda juga disarankan untuk menghindari stress dan waktu tidur yang cukup agar breakout segera mereda.

Demikian, itu dia penjelasan mengenai perbedaan breakout dan purging. Setelah mengetahuinya semoga Anda tidak keliru lagi dalam membedakan breakout dan purging. Dimana purging adalah kondisi kulit yang meregenerasi sel kulit mati dan dapat pulih dengan cepat.

Sedangkan breakout merupakan kondisi kulit yang berjerawat karena alergi terhadap suatu produk kecantikan dan kesalahan yang dilakukan saat mencuci muka. Perlu diingat kembali bahwa purging adalah pembersihan sel kulit mati dan Anda tidak perlu untuk berhenti menggunakan produk kecantikan yang mengandung zat yang telah dijelaskan diatas, melainkan Anda perlu menggunakannya secara bertahap. 

Jika Anda mengalami purging lebih dari 4 minggu segera untuk periksa kondisi wajah Anda ke dokter kulit atau dokter kecantikan agar dapat penanganan dan pengobatan yang tepat dalam menyembuhkan breakout yang terjadi pada kulit wajah Anda.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Kenali 3 Langkah Skincare yang Paling Penting

 

Sumber:

1. Jessica L. Yarbrough.The Secrets to Deciphering and Stopping Skin Purging. 2019.

2. Michelle. Purging Vs Breakouts: When To Ditch Your Skincare.

Bagikan artikel ini