Apa Itu Double Cleansing dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Aug 2021

Bagikan

Apa Itu Double Cleansing dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Double cleansing telah dikenal di dunia per make up an. Namun, masih banyak yang menganggap bahwa double cleansing  merupakan cara untuk membersihkan wajah dengan mencucinya sebanyak dua kali. Mencuci wajah Anda hanya dengan menggunakan air dan sabun itu tidak akan cukup untuk mengangkat kotoran yang menempel pada wajah Anda.

Bagi Anda seorang pekerja di luar ruangan, atau seseorang yang sering menggunakan make up sehari-harinya. Anda harus melakukan double cleansing  agar terhindar dari berbagai masalah kulit seperti jerawat, bruntusan, komedo, flek hitam, dan penuaan pada kulit wajah Anda.

Lalu, seperti apa double cleansing  yang sebenarnya? Dan bagaimana cara melakukannya dengan benar? Jangan khawatir simaklah penjelasan berikut ini.


Double cleansing 

Double cleansing merupakan rutinitas yang dapat Anda lakukan sebelum tidur setelah seharian penuh Anda bekerja di luar ruangan dan terpapar sinar matahari langsung, bertemu polusi udara yang berasal dari kendaraan bermotor, serta debu dan kotoran yang menempel pada wajah Anda. Hal ini dikarenakan double cleansing  dapat mengangkat semua kotoran.

Dikutip dari dermstore.com dokter kulit bersertifikat, David Lortscher, MD mengatakan double cleansing adalah metode untuk membersihkan wajah dua kali dengan langkah pertama, membersihkan wajah menggunakan bahan dasar minyak seperti oil cleansing, balm cleansing, dan milk cleansing. Kemudian langkah kedua, mencuci muka dengan yang berbahan dasar air. Hal ini dapat membantu untuk menghilangkan kotoran yang membandel, menyumbat pori-pori, dan penyebab wajah berjerawat yang dapat tertinggal di kulit.

Double cleansing yang Anda lakukan setiap malam, dapat mencerahkan kulit kusam, serta mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di permukaan kulit. Kata Rabbia di kutip dari artikel elle.com, membersihkan wajah dengan penggunaan serum dan produk retinol yang dapat digunakan pada malam hari serta pelembab lebih efisien dan bekerja lebih baik untuk menutrisi kulit wajah Anda.

Dikutip dari artikel elle.com, Kate dan dr. Anjali menjelaskan bahwa double cleansing  sangat penting bagi Anda yang tinggal di perkotaan dan terpapar tingkat polusi yang tinggi setiap harinya. Meskipun belum ada uji ilmiah yang menunjukkan manfaat anti-penuaan dari double cleansing, ada banyak bukti yang telah menunjukkan polusi dan racun lingkungan dapat mempercepat proses penuaan.

Lantas bagaimana cara melakukan double cleansing yang benar? Untuk menemukan jawabannya Anda perlu menyimak terus penjelasan di bawah ini. 


Cara melakukan double cleansing  yang benar

  1. Kebersihan tangan Anda

Sebelum Anda melakukan aktivitas memegang wajah, hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah kebersihan tangan atau alat yang akan Anda gunakan dalam melakukan double cleansing. Hal ini bertujuan agar bakteri atau kuman yang menempel pada tangan atau alat yang akan Anda gunakan tidak berpindah ke wajah.

  1. Langkah pertama memakai pembersih balm atau oil cleanser

Untuk langkah pertama pada double cleansing, Anda dapat menggunakan oil cleansing atau balm cleansing, sesuai dengan kondisi kulit wajah Anda saat ini. Jika Anda memiliki wajah yang normal, berminyak, dan kombinasi Anda dapat menggunakan oil cleansing. Sedangkan jika Anda memiliki kondisi kulit yang sensitif dan kering, Anda dapat  menggunakan balm cleansing. Perlu diingat dalam pengaplikasiannya, Anda perlu memijat dengan perlahan kulit wajah Anda dan mengarahkannya dengan gerakan memutar.

  1. Langkah kedua menggunakan facial wash

Untuk langkah selanjutnya, Anda perlu mencuci wajah Anda menggunakan face wash agar wajah bersih maksimal. Pada langkah terakhir ini, Anda bisa menggunakan produk yang sesuai dengan kondisi kulit Anda saat ini, seperti produk yang mengandung bahan menghidrasi, menghaluskan, dan mengobati jerawat. Perlu diingat, Anda perlu menghindari pemakaian face wash yang mengandung scrub, karena akan menyebabkan iritasi pada kulit Anda.

Demikian, penjelasan mengenai double cleansing  dan cara melakukannya. Setelah mengetahuinya, Anda diharapkan dapat melakukan double cleansing yang benar dan rajin melakukannya setiap harinya. Hal ini karena begitu pentingnya melakukan double cleansing, terutama jika Anda sering menggunakan make up dan bekerja di luar ruangan.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar informasi kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.


Sumber:

Janeca Racho. How to Double Cleanse According to Your Skin Type. 2018. 

Elle Beauty Team. How to Double Cleanser Your Skin- Everything You Need to Know. 2021. 

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi