Bantuan

Ketahui Cara Memilih Ragam Jenis Skincare untuk Kulit Kering Berikut Ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 04 Mar 2022

Bagikan

skincare kulit kering

Memilih skincare untuk kulit kering memang bukanlah perkara yang mudah. Pasalnya, jika salah memilih, kondisi kulit yang kering bisa menjadi semakin kering. Jika sudah seperti ini, kulit akan rentan mengalami iritasi dan mengelupas. Untuk itu, sangatlah penting untuk Anda mengetahui bagaimana cara memilih skincare untuk kulit kering, di antara sekian banyak jenis produk skincare yang beredar di pasaran. 

Gambaran Tipe Kulit Kering

Kulit kering pada dasarnya dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari kebiasaan mandi yang terlalu lama, terlalu sering terpapar bahan kimia, hingga akibat perubahan hormon. Adapun ciri khas yang terlihat dari tipe kulit kering di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Kulit terasa tidak rata dan kasar

  • Ketika selesai mandi, kulit terasa mengencang

  • Tampak mengelupas, pecah-pecah, hingga bersisik

  • Pada bagian yang pecah-pecah, terkadang kulit berdarah

  • Warna kulit tampak tidak merata dan berbeda, di mana pada satu sisi bisa tampak kemerahan, tetapi di sisi lain tampak keabuan

  • Ketika digaruk, timbul garis putih pada kulit

  • Sering terasa gatal pada kulit

Tips Memilih Produk Skincare untuk Kulit Kering

Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya, memilih produk skincare untuk tipe kulit kering sebaiknya tidak dilakukan secara asal-asalan. Hal ini karena kulit kering rentan mengalami beberapa komplikasi apabila tidak dirawat dengan baik. 

Beberapa risiko yang mengintai tipe kulit kering tersebut di antaranya adalah infeksi bakteri, kulit yang berdarah, hingga eksim. Demi menghindari risiko tersebut, ada baiknya Anda memahami beberapa tips memilih produk skincare yang tepat untuk kulit kering berikut ini. 

  1. Pilih pembersih wajah dengan kandungan pelembap

Seperti halnya pada rangkaian perawatan tipe kulit lainnya, kulit kering juga perlu membersihkan wajah dengan rutin. Meskipun begitu, berkaitan dengan ini Anda sebagai pemilik kulit kering perlu menghindari tipe pembersih muka yang menyebabkan efek kulit yang tertarik dan mengencang. Sebaliknya, pilihlah sabun pembersih muka dengan kandungan pelembap. 

  1. Hindari penggunaan toner dengan kandungan alkohol

Setelah membersihkan wajah dengan sabun yang memiliki kandungan pelembap, rangkaian skincare untuk kulit kering berikutnya adalah penggunaan toner. Untuk toner, hindari produk yang mengandung alkohol karena kandungan ini hanya akan mengikat air dan pada akhirnya membuat kulit kering semakin kering. Dalam hal ini, Anda perlu sedikit teliti dalam memilih karena banyak sekali produk toner yang masih mengandung alkohol. 

  1. Gunakan serum yang dirancang khusus untuk melembapkan

Saat ini, produk serum yang beredar sudah banyak yang memiliki kandungan utama berupa bahan pelembap, seperti hyaluronic acid. Penggunaan serum ini penting karena sifat serum yang mampu menembus lebih dalam hingga ke dalam kulit. Pastikan Anda menggunakan serum dengan kandungan pelembap ini secara rutin, khususnya di malam hari.

  1. Jangan pernah lupakan pelembap

Bagi kulit kering, produk pelembap seperti merupakan suatu hal yang wajib dan tidak boleh dilewatkan. Dalam hal ini, pilihlah produk pelembap yang bersifat ringan dan tidak memicu komedo. Adapun beberapa kandungan yang perlu Anda cari dalam sebuah pelembap untuk kulit kering di antaranya adalah hyaluronic acid, shea butter, ceramide, lactic acid, hingga minyak mineral (petrolatum). 

  1. Tambahan produk masker untuk kelembapan maksimal

Untuk kulit yang lembap maksimal, skincare untuk kulit kering selanjutnya yang perlu dipertimbangkan adalah produk masker. Di antara berbagai jenis produk masker yang tersedia, Anda bisa memilih jenis sheet mask, sleeping mask, hingga firming mask. Bahkan, akan lebih bagus lagi jika Anda dapat membuat masker alami sendiri. 

Demikianlah penjelasan mengenai cara memilih produk skincare untuk kulit kering yang perlu Anda ketahui. Memilih produk skincare untuk kulit kering memang tidak bisa dikatakan mudah. Meskipun begitu, jika di satu sisi Anda sudah memahami dasarnya, sesungguhnya proses menemukan produk yang tepat untuk kulit kering sangatlah mudah.

Namun, apabila Anda masih ragu dan membutuhkan penjelasan lebih lanjut mengenai permasalahan kulit kering yang dialami, maka ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kulit untuk memperoleh solusi yang paling. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Tidak Hanya Satu, Ini Berbagai Jenis Vitamin C dalam Skincare yang Perlu Diketahui

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

Hubbard, Ashley. 2021. The Ultimate Skin Care Routine for Dry Skin. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/skin-care-routine-for-dry-skin

American Academy of Dermatology Association. DERMATOLOGISTS' TOP TIPS FOR RELIEVING DRY SKIN. https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-basics/dry/dermatologists-tips-relieve-dry-skin

REN. 2021. A Complete Skincare Routine for Dry Skin. https://usa.renskincare.com/blogs/clean-thoughts/a-complete-skincare-routine-for-dry-skin

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang