Bantuan

Apa Saja Tanda Skincare Bekerja di Kulit? Ketahui Jawabannya di Sini!

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 05 Jul 2021

Bagikan

Apa Saja Tanda Skincare Bekerja di Kulit? Ketahui Jawabannya di Sini!

Banyak orang menggunakan skincare dengan alasan agar kulit menjadi lebihsehat, bersih, dan terbebas dari berbagai macam masalah. Berkaitan dengan halini, masing-masing skincare memiliki peruntukannya masing-masing untuk setiapmasalah, dan oleh karenanya kita menggunakan berbagai jenis skincare.


Karenabanyaknya produk skincare yang digunakan, mungkin Anda akan bertanya-tanya,produk skincare manakah yang benar-benar memberikan efek? Jika benar demikian Anda tidak perlu khawatir lagi, karena berikut ini adalahbeberapa tanda skincare bekerja di kulit yang bisa menjadi patokan untuk Andaketahui.


  • Kulit terasa seimbang

Tanda skincare bekerja yang pertama adalah kulit wajah yang terasaseimbang. Artinya, setelah pemakaian skincare, kulit Anda tidak menjadi terlalukering atau terlalu berminyak, serta terasa nyaman dan sehat. Banyak yangmengeluhkan bahwa terkadang setelah mencuci wajah dengan sabun pembersih, kulitakan terasa kering dan seperti tertarik. Jika Anda mengalami hal yang sama,maka gantilah sabun pembersih dengan produk yang lebih gentle. Setelah itu,jangan lupa pula untuk menggunakan produk pelembap untuk menyeimbangkan hidrasidi kulit. 


  • Jerawat mulai menghilang

Jerawat mulai menghilang mungkin menjadi salah satu tanda skincarebekerja yang paling mudah terlihat sekaligus juga yang paling penting. Hal inikarena jerawat biasanya disebabkan oleh kondisi kulit yang bermasalah. Denganpemakaian skincare, satu per satu permasalahan kulit akan teratasi, pori-poritersumbat penyebab jerawat akan menjadi lebih bersih, sehingga jerawat pun akanberkurang. Namun perlu diingat bahwa tanda yang satu ini mungkin tidak akansegera terlihat, dan membutuhkan kesabaran serta konsistensi dalam menggunakanskincare untuk mencapainya.


  • Kulit menjadi terhidrasi

Hidrasi adalah salah satu hal terpenting yang dibutuhkan oleh kulit.Jika kulit tidak terhidrasi dengan baik, maka berbagai masalah seperti kulitkusam dan berjerawat akan menghantui. Oleh karena itu, salah satu tandaskincare bekerja dengan baik berikutnya adalah kulit Anda menjadi lebihterhidrasi. Lantas bagaimana mengetahui kulit telah terhidrasi dengan baik, danbukan karena kulit berminyak? Kulit yang terhidrasi dengan baik tentu berbedadengan kulit berminyak. Kulit terhidrasi dalam hal ini akan terasa lebihkenyal, halus, lembap, serta bercahaya di bagian atas tulang pipi, dahi, dan dibagian atas bibir. Sedangkan kulit berminyak akan terasa lebih berat, terlalukering setelah mencuci muka dan terlalu berminyak setelah beberapa saat dibagian garis-garis senyum, dagu, dan seluruh bagian wajah. 


  • Kulit terasa lebih lembut dan memiliki warna yang merata

Kulit yang sehat sebagaimana yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya,adalah kulit yang halus dan lembut, dan juga terasa lebih kenyal. Jika sebelummenggunakan skincare, kondisi wajah Anda jauh lebih bermasalah dan Anda barumerasakan ciri-ciri kulit sehat tersebut setelah pemakaian skincare, maka ituberarti bahwa produk skincare yang digunakan telah bekerja dengan baik. Selainitu, tanda skincare bekerja lainnya adalah warna kulit Anda akan tampak lebihcerah merata, tidak terlihat lagi bekas-bekas jerawat dan berbagai permasalahanwarna kulit tidak merata lainnya. Dengan begitu, jika kulit wajah Anda terasalebih lembut dan warnanya lebih merata, maka kemungkinan besar produk skincareyang digunakan telah bekerja dengan baik.


  • Kulit tidak mengalami iritasi dan gatal-gatal

Tanda skincare bekerja dengan baik selanjutnya adalah ketika kulit tidakmengalami reaksi buruk seperti iritasi ataupun gatal-gatal setelah pemakaianskincare. Hal ini karena kulit sebagai organ terbesar dalam tubuh manusia,memiliki peranan penting dalam mendeteksi hal-hal berbahaya dari luar. Ketikabahaya ini terdeteksi, muncullah reaksi-reaksi alergi sebagai peringatan untuksegera menghentikan pemakaian produk skincare tertentu. Oleh karena itu, jikabahaya ini tidak timbul, maka kemungkinan produk skincare yang Anda gunakantengah bekerja dengan baik.


Itulah dia 5 tanda skincare bekerja yang paling utama, mudah terlihat,dan dirasakan. Jika Anda tidak menemui tanda-tanda tersebut setelah penggunaanskincare dalam waktu yang lama, maka inilah saatnya untuk segera menggantiproduk skincare Anda dengan pilihan lain yang lebih efektif. Jangan lupa pulauntuk memastikan bahwa komposisi dari skincare yang Anda gunakan telah sesuaidengan permasalahan kulit yang ingin diatasi.

 

Referensi :

  • Lopez, Canela. 2020. 3 ways to tell if yourskincare routine is working, harmful, or a waste of money.https://www.insider.com/how-to-tell-your-skincare-routine-is-working-2020-8
  • Acne Intelligence.com. 2020. How to Know If YourSkincare Routine is Working. https://acneintelligence.com/blog/how-to-know-if-your-skincare-routine-is-working/
  • Rubin, Elana. 2018. 6 signs you have healthyskin even if you think you don’t.https://www.insider.com/signs-of-healthy-clear-skin-2018-4   
Bagikan artikel ini