Bantuan

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Essence dan Serum yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 29 Dec 2021

Bagikan

Serupa Tapi Tak Sama, Inilah Perbedaan Essence dan Serum

Sebagai pengguna skincare, sudah tahukah Anda perbedaan essence dan serum? Essence dan serum merupakan beberapa produk dari rangkaian perawatan kulit yang sering disamakan. Dalam hal ini, keduanya kerap kali dipakai secara bersamaan setiap hari. 

Sejatinya, tidak ada yang salah dengan kebiasaan penggunaan essence atau serum setiap hari. Namun, sebagai pengguna kedua rangkaian ini, Anda tentu harus paham betul apa itu essence dan serum, serta apa fungsinya bagi kulit. Untuk lebih jelasnya lagi, simak terus penjelasan mengenai perbedaan essence dan serum berikut ini.

Perbedaan Essence dan Serum

Essence dan serum merupakan dua rangkaian perawatan kulit yang sering kali disamakan. Meskipun sama-sama merupakan rangkaian skincare, namun ternyata essence dan serum sejatinya adalah dua hal yang berbeda. Adapun perbedaan di antara keduanya dapat terlihat dari tiga poin utama berikut ini. 

  1. Tekstur dan Jumlah Kandungan Bahan Aktif 

Dari segi tekstur, baik essence maupun serum sama-sama berupa cairan karena terbuat dari bahan dasar air. Meskipun begitu, perbedaan essence dan serum yang pertama ini dapat dilihat dari kekentalan tekstur dan juga jumlah dari kandungan bahan aktif yang terdapat di dalamnya. 

Essence memiliki tekstur yang lebih cair dibanding serum dan oleh karenanya juga memiliki konsentrasi bahan aktif yang lebih rendah. Di satu sisi, serum memiliki tekstur yang lebih kental karena memiliki konsentrasi kandungan bahan aktif yang lebih banyak. 

  1. Fungsi dan Jenis Kandungan 

Perbedaan essence dan serum berikutnya dapat terlihat dari fungsi dan juga jenis kandungannya. Secara singkat, essence memiliki kandungan yang lebih ringan dan bersifat melembabkan, sedangkan serum bisa memiliki kandungan yang bermacam-macam, tergantung peruntukkan serum itu sendiri akan digunakan untuk mengatasi masalah apa.

Beberapa jenis kandungan yang biasanya hadir dalam bentuk serum adalah kandungan bahan aktif seperti asam glikolat, vitamin C, retinol, dan niacinamide. Adapun kandungan yang banyak ditemukan dalam bentuk essence di antaranya adalah asam hialuronat dan glycerin. Namun tidak menutup kemungkinan juga kedua kandungan tersebut hadir dalam bentuk serum.

  1. Cara Penggunaannya

Kesalahan yang sering timbul sebagai akibat dari ketidaktahuan akan perbedaan essence dan serum adalah cara pakai yang salah. Essence yang hadir dalam bentuk dan tekstur yang lebih ringan, idealnya dipakai lebih dahulu dari pada serum, lebih tepatnya setelah penggunaan toner. Sebaliknya, serum yang memiliki tekstur lebih kental, dapat digunakan setelah pemakaian essence, lebih tepatnya sebelum penggunaan pelembab.

Untuk cara penggunaannya sendiri, essence bisa langsung diteteskan ke telapak tangan lalu dioleskan secara merata ke seluruh permukaan wajah. Apabila telah meresap dengan sempurna, kemudian Anda bisa melanjutkan penggunaan serum.

Penggunaan serum sendiri dilakukan dengan menuangkan setetes serum seukuran kacang polong pada telapak tangan, lalu oleskan secara merata ke permukaan wajah. Setelah meresap dengan baik (kurang-lebih selama satu menit), barulah Anda bisa melanjutkan penggunaan tahapan skincare selanjutnya.

Baca Juga: Apa Saja Tanda Skincare Bekerja di Kulit? Ketahui Jawabannya di Sini!

Manakah yang Lebih Baik?

Selain pertanyaan mengenai perbedaan essence dan serum, pertanyaan berikutnya yang banyak diajukan adalah manakah yang lebih baik digunakan, apakah essence atau serum? Dalam hal ini, ahli dermatologi menyarankan bahwa penggunaan essence dan serum secara bersamaan merupakan hal yang tidak perlu dilakukan. Hal ini karena keduanya memiliki fungsi yang hampir sama, tergantung dengan kandungan yang terdapat di dalamnya. 

Sebaliknya, cobalah untuk lebih bijak dalam menggunakan keduanya, yakni disesuaikan saja dengan permasalahan kulit yang Anda alami. Sebagai contoh, untuk permasalahan kulit kering, cobalah memilih serum dengan kandungan hyaluronic acid yang memiliki tekstur lebih kental. Adapun untuk masalah tanda penuaan, Anda bisa menggunakan serum dengan kandungan retinol atau bakuchiol.

Apabila merasa kurang nyaman dengan pemakaian produk serum yang cenderung berat dan memiliki efek yang terlalu keras di kulit, Anda bisa memiliki produk perawatan kulit berupa essence dengan kandungan yang sesuai dengan permasalahan yang Anda alami.

Demikianlah penjelasan mengenai perbedaan essence dan serum yang perlu Anda ketahui. Baik essence maupun serum, keduanya sama baiknya dan, yang terpenting adalah bagaimana cara Anda menggunakannya dengan benar dan sesuai dengan permasalahan yang tengah dialami.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Kenali 3 Langkah Skincare yang Paling Penting

Referensi
  1. Cho, Charlotte. 2021. Essence vs Serum: What is Essence in Skin Care Anyway?
  2. Wischhover, Cheryl. 2015. KOREAN SKINCARE: THE DIFFERENCE BETWEEN SERUMS, ESSENCES & AMPOULES.
  3. Sinrich, Jenn. 2018. What’s the Difference Between a Facial Serum and Essence, Anyway?
Bagikan artikel ini