Bantuan
Free Tele x

Metabolisme dan Fungsi Air di Dalam Tubuh

Ditinjau oleh dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 30 Nov 2020

Bagikan

Sangat Penting, Fungsi Air Untuk Metabolisme Adalah?

Fungsi air untuk proses metabolisme adalah sangat penting. Air merupakan salah satu komponen mendasar dan penting dalam menjaga fungsi hidup manusia, namun asupannya seringkali tidak diperhitungkan dan bahkan pada umumnya dilupakan.

Padahal dehidrasi merupakan salah satu penyebab hospitalisasi yang cukup sering dan dikaitkan dengan masalah kronik pada ginjal.

Fungsi Air Untuk Metabolisme Tubuh

Air memainkan peran penting dalam fungsi metabolisme, transpor zat melewati membran sel tubuh, menjaga homeostasis sel, regulasi suhu, dan menjaga sirkulasi darah dalam tubuh.

Air merupakan zat kimia utama yang menyusun tubuh manusia, dengan sekitar 50-70% dari berat tubuh manusia disusun oleh air.

Sekitar 5-10% dari seluruh air yang menyusun tubuh mengalami proses pengubahan aktif dan dikeluarkan melalui berbagai proses, meliputi proses pernapasan, keringat, dan pembuangan melalui urin.

Baca Juga: Macam-Macam Warna Air Kencing dan Kaitannya dengan Kesehatan Tubuh

Jumlah Kebutuhan Air Setiap Orang

Secara umum, kebutuhan air setiap orang bervariasi dan dipengaruhi oleh banyak sekali faktor, meliputi laju metabolisme tubuh, asupan nutrisi, pola makan, iklim, cuaca, suhu lingkungan, dan kelembaban lingkungan.

Aktivitas fisik merupakan salah satu faktor yang paling mempengaruhi tingkat hidrasi tubuh. Ditemukan bahwa orang yang memiliki tingkat aktivitas yang tinggi akan memiliki tingkat kebutuhan sekitar 500 mL lebih banyak setiap harinya.

Peningkatan aktivitas dikaitkan dengan peningkatan suhu tubuh yang diiringi dengan peningkatan luaran cairan tubuh melalui keringat. Sehingga tubuh akan membutuhkan cairan dalam jumlah yang lebih tinggi untuk mengompensasi banyaknya cairan yang dikeluarkan.

Apa yang Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Air?

Gangguan pada keseimbangan dapat terjadi apabila terdapat faktor eksternal yang intensitasnya lebih tinggi dibandingkan kemampuan tubuh dalam menjaga keseimbangan air di dalam tubuh.

Apabila tingkat kehilangan air telah melebihi suatu batas tertentu yang berbeda-beda untuk setiap orangnya, maka tubuh akan masuk ke dalam keadaan dehidrasi.

Tubuh yang berada dalam keadaan dehidrasi membutuhkan waktu berhari-hari untuk mengembalikan status hidrasinya menuju tingkat semula. Oleh karena itu, pasien-pasien yang mengalami dehidrasi harus dirawat selama beberapa hari untuk menjalani rehidrasi.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Seberapa Efektif Air Lemon Untuk Menurunkan Berat Badan?

 

Referensi:

1. Sawka MN, Cheuvront SN, Carter R. Human Water Needs. Nutr Rev. 2005 Jun 1;63(suppl_1):S30–9.

2. Armstrong LE, Johnson EC. Water Intake, Water Balance, and the Elusive Daily Water Requirement. Nutrients. 2018 Dec;10(12):1928.

Bagikan artikel ini