Macam-Macam Warna Air Kencing dan Kaitannya dengan Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Aug 2021

Bagikan

Macam-Macam Warna Air Kencing & Kaitannya Dengan Kesehatan

Macam-macam warna air kencing memang bukanlah suatu hal yang umum untuk dibicarakan. Meskipun begitu, tahukah Anda bahwa warna air kencing dalam hal ini dapat mengindikasikan banyak hal mengenai kesehatan tubuh Anda? Warna dari air kencing atau urine setidaknya dapat dipengaruhi oleh beberapa hal utama seperti makanan, obat-obatan yang sedang dikonsumsi, dan berapa banyak air yang diminum.

Ada beberapa warna yang dapat mengindikasikan bahwa warna air kencing Anda berada pada batasan normal, namun ada juga beberapa kasus di mana warna air kencing dapat mengindikasikan beberapa kondisi tertentu yang cukup serius di tubuh Anda. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini adalah ulasan mengenai macam-macam warna air kencing dan kaitannya dengan kesehatan tubuh.

  1. Transparan

Air kencing yang tidak berwarna atau transparan dapat mengindikasikan overhydrated atau hidrasi yang berlebihan. Hal ini memiliki arti bahwa Anda telah meminum terlalu banyak air daripada jumlah yang direkomendasikan untuk konsumsi harian.

Meskipun kondisi overhydrated tidak lebih berbahaya daripada kondisi dehidrasi, namun perlu diingat bahwa kondisi ini dapat menyebabkan hilangnya elektrolit di dalam tubuh Anda. Oleh karena itu, ketika warna urine Anda terlihat transparan, sebaiknya kurangi jumlah air yang Anda konsumsi.

  1. Kuning Pucat atau Kuning Transparan

Apabila air kencing Anda berwarna kuning pucat atau kuning transparan, maka dapat dikatakan bahwa Anda sedang berada pada kondisi yang normal yang artinya, tubuh Anda sehat dan telah terhidrasi dengan baik. Warna air kencang normal ini pada dasarnya berada pada spektrum warna kuning muda hingga kuning.

Untuk dapat memastikan warna urine normal Anda, sebaiknya perhatikan warna normal ini secara reguler untuk mengetahui perbedaannya. Apabila warna urine Anda terlihat seperti warna kuning namun sedikit lebih gelap, maka kemungkinan Anda mengalami dehidrasi ringan.

  1. Kuning Keemasan atau Kuning Tua

Jika air kencing Anda berwarna kuning keemasan atau kuning tua seperti warna madu, maka kemungkinan besar Anda sedang mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, segera cukupi kebutuhan cairan dan pastikan Anda mengonsumsi air putih sebagaimana yang direkomendasikan, yakni sebanyak 8 gelas setiap harinya.

Baca Juga: Olahraga Untuk Penderita Kencing Manis

  1. Cokelat

Urine yang berwarna cokelat bisa menjadi indikasi yang cukup serius berkaitan dengan dehidrasi. Oleh karena itu, cobalah untuk mencukupi kebutuhan cairan harian Anda dengan baik. Apabila tidak juga kembali ke warna normal dan air kencing Anda tetap menunjukkan warna cokelat, maka segeralah periksakan diri ke dokter, karena hal ini dapat mengindikasikan adanya gangguan pada liver.

  1. Merah Muda atau Kemerahan

Bagi sebagian orang, air kencing yang berwarna merah muda biasanya disebabkan oleh konsumsi beberapa jenis buah seperti blueberry atau buah bit. Namun apabila Anda tidak sedang mengkonsumsi beberapa jenis buah di atas, maka segera periksakan diri ke dokter, karena hal ini dapat menjadi indikasi adanya masalah pada kesehatan Anda, seperti infeksi hingga penyakit ginjal. 

  1. Biru hingga Hijau

Sebagaimana warna merah muda, air kencing yang berwarna biru atau hijau juga bisa terjadi karena konsumsi makanan tertentu, terutama makanan yang mengandung pewarna, hingga konsumsi obat-obatan tertentu. Meskipun begitu, warna air kencing yang satu ini juga tidak bisa disepelekan karena dikhawatirkan dapat menjadi indikasi adanya infeksi bakteri hingga penyakit genetik. Oleh karena itu, segera pastikan permasalahan ini dengan menemui dokter.

  1. Kuning Keruh dan Berbusa

Apabila air kencing Anda berwarna kuning keruh dan berbusa ataupun berbuih, maka kemungkinan besar terjadi masalah pada ginjal, seperti penyakit batu ginjal. Dalam hal ini, untuk memastikan Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. Selain itu, air kencing yang berbusa atau berbuih juga bisa mengindikasikan kelebihan protein dalam tubuh.

Nah demikianlah beberapa macam warna air kencing dan kaitannya dengan kesehatan tubuh. Secara singkat, dapat dikatakan bahwa warna air kencing yang abnormal bisa terjadi karena dehidrasi, makanan yang dikonsumsi, efek samping dari obat-obatan yang sedang dijalani, hingga beberapa penyakit tertentu yang perlu segera dikonsultasikan dengan dokter.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Kencing Manis: Gejala dan Pengobatannya

 

Sumber:

1. Watson, Kathryn. 2020. Is Blue Urine Normal? Urine Colors Explained.

2. Cleveland Clinic. 2020. What The Color of Your Pee Says About You.

3. Urology Associates. 2019. What Does Urine Color Say About Your Health?

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi